IMPLEMENTASI E-COMMERCE BERBASIS WEBSITE PADA ANFIELDMART
Kata Kunci:
E-Commerce, Anfieldmart, Wordpress, Business Model Canvas, Content Management SystemAbstrak
Anfieldmart merupakan toko yang menawarkan berbagai macam jersey dan aksesoris khusus untuk Liverpool Football Club. Sebagai bagian dari pengelolaan bisnisnya, usaha tersebut membuka toko fisik dan mempromosikan produk menggunakan spanduk etalase. Selain itu, promosi juga dilakukan dengan media sosial seperti Facebook dan Whatsapp. Dari kedua media tersebut terlihat beberapa masalah, diantaranya dukungan iklan saat ini tidak menjangkau khalayak yang lebih luas, pesanan tidak dapat optimal dikarenakan belum ada media E-Commerce, sulit bagi pelanggan untuk menentukan ketersediaan barang. Manajer tidak dapat dengan cepat melihat laporan penjualan karena proses pengelolaan masih dilakukan secara manual. Penelitian ini menawarkan solusi untuk mengatasi permasalahan yang timbul dengan bantuan sistem bisnis elektronik melalui website. Dalam pembuatan website ini, Content Management System (CMS) digunakan dengan support plugin WOOcommerce, Search Engine Optimization (SEO) digunakan untuk mengoptimalkan situs dan Bussiness Model Canvas (BMC) digunakan untuk menganalisis perancanaan bisnis. Sedangkan metode yang digunakan untuk perancanaan sistem adalah Unifield Modeling Language (UML). Tujuan dari penelitian ini adalah membuat media e-commerce Toko Anfieldmart sebagai media belanja online. Website tersebut dapat menampilkan produk terbaru dan fitur-fitur yang mempermudah pembeli, serta dapat menampilkan stok barang secara realtime. Implementasi website e-commerce diharapkan dapat membantu Toko Anfieldmart Online dalam melakukan promosi penjualan secara lebih mudah, serta memberitahukan harga dan stok produk yang tersedia kepada pelanggan dengan mudahMelalui situs e-commerce, proses penjualan lebih maksimal, pelayanan lebih cepat.
Referensi
Nasution, E. Y., Hariani, P., Hasibuan, L. S., & Pradita, W. (2020). Perkembangan Transaksi Bisnis E-Commerce terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jesya, 3(2), 506–519. https://doi.org/10.36778/jesya.v3i2.227
Hermiati, R., Asnawati, A., & Kanedi, I. (2021). Pembuatan E-Commerce Pada Raja Komputer Menggunakan Bahasa Pemrograman Php Dan Database Mysql. Jurnal Media Infotama, 17(1), 54–66. https://doi.org/10.37676/jmi.v17i1.1317
A. Anggito and J. Setiawan, Metodologi Penelitian Kualitatif, Sukabumi: CV Jejak, 2018.
Uswatun Khasanah, Pengantar Mikroteaching, (Yogyakarta : CV Budi Utama, 2020). Hal 25
Fadhallah, Wawancara, (Jakarta Timur : UNJ Press, 2020), Hal 2 wawancara
Dr. Dewi Kurniasih S.K.M., M. K. (2020). Failure in Safety Systems : Metode Analisis Kecelakaan Kerja. Sidoarjo: Zifatama Jawara.
Ayu Wulandary, Fitriani R, Aksal Mursalat, Andi Tenri Darhyati, M. (2020). Business Model Canvas: Implementasi Terhadap Industri Rumahan Produk Virgin Coconut Oil (VCO). Bandung: Media Sains Indonesia.
Kurniawan, Tri A. (2018). Pemodelan Use Case (UML): Evaluasi Terhadap Beberapa Kesalahan Dalam Praktik. J. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput, 5(1), 77
J. Garret, The Elements of User Experience: User-Centered Design for the Web and Beyond, Second Edition. Berkeley:California: New Riders, 2011
Arifin, B., Muzakki, A., & Kurniawan, M. W. (2019). Konsep Digital Marketing Berbasis Seo (Search Engine Optimization) Dalam Strategi Pemasaran. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 4(2), 87–94. https://doi.org/10.24967/ekombis.v4i2.474
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.