SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU LES TERBAIK PADA SUB DIVISI PEC LARANGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

Penulis

  • Carissa Shafa Fiantri Universitas Budi Luhur
  • Deni Mahdiana Universitas Budi Luhur
  • Nidya Kusumawardhany Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

SPK, Guru Les, PEC, SAW, AHP

Abstrak

Guru les merupakan tenaga pendidik yang mengajar murid secara individu atau dalam kelompok kecil. PEC merupakan salah satu tempat les terbaik yang sudah berdiri sejak 1988. PEC tidak hanya meningkatkan kemampuan bahasa inggris dan penguasaan pembelajaran lainnya, tetapi juga menciptakan suasana dan pengajaran yang sederhana dan menyenangkan. Pada kenyataannya, memilih pengajar yang terbaik menjadi tantangan tersendiri mengingat adanya perbedaan kualifikasi, pengalaman dan keterampilan di antara para pengajar. Penggunaan Sistem Penunjang Keputusan (SPK) muncul sebagai solusi potensial untuk mengatasi kompleksitas tersebut. Memilih tutor yang tepat sangatlah penting karena tutor mempunyai tanggung jawab yang lebih pribadi dalam mengajar siswa. Saat ini kepala sub divisi hanya melakukan proses pemilihan guru les terbaik berdasarkan subjektifitas saja sehingga tidak berdasarkan perhitungan yang transparent, oleh karena itu kepala sub divisi PEC Larangan membutuhkan suatu sistem penunjang keputusan yang dapat melakukan pemilihan guru les terbaik  dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) digunakan untuk menentukan bobot kriterianya dan metode Simple Additive Weighting (SAW) digunakan untuk menentukan rangking guru les terbaik. Penelitian ini memiliki 3 kriteria yang melibatkan aspek kehadiran, penguasaan materi dan metode pembelajaran. Selain itu, penelitian ini melibatkan 20 kandidat guru les sebagai data alternatifnya. Sistem ini dibuat dengan menggunakan MySQL sebagai database dan PHP Native sebagai tool.

Referensi

Aji, D. S., Diana, A., Ariesta, A., Gata, G., & Achadiani, D. (2023). Decision Support Systems For Teacher Performance Evaluation at SDI Darul Mu’minin With Analytical Hierarchy Process And Simple Additive Weighting Methods (Vol. 5, Issue 1).

Apriastika, P., & Fajarita, L. (n.d.). Sistem Penunjang Keputusan Penentuan Guru Terbaik Pada SD Strada Santa Maria Dengan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process) Dan SAW (Simple Additive Weigthing).

Ferdiansyah, A., & Fajarita, L. (n.d.). Sistem Penunjang Keputusan Penentuan Guru Terbaik Pada Madasrah Tsaniah Negeri 2 Dengan Metode (AHP) Analytical Hierarchy Process Dan (SAW) Simple Additive Weigthing.

Khairunisa, A., & Mahdiana, D. (n.d.). Sistem Penunjang Keputusan Penentuan Guru Terbaik Pada SMA Annurmaniyah Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Dan Simple Additive Weighting (SAW).

Mirdania, A. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Terbaik Dengan Metode Analytical Hierarchy Process Dan Simple Additive Weighting Pada Ibtidaiyah Hikmatush Shofwah.

Prasetyo, A., & Fajarita, L. (n.d.). Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Dan Simple Additive Weighting (SAW) Dalam Sistem Penunjang Keputusan Penentuan Guru Terbaik Pada SMPN 10 Tangerang.

Sari, N., Hasugian, H., & Kom, M. (n.d.). Penerapan Metode Analythic Hirarchy Process (AHP) Dan Simple Additive Weigthing (SAW) Pada SMP YMIK Untuk Penentuan Guru Terbaik Studi Kasus : SMP YMIK Jakarta.

Subekti, E. H., & Diana, A. (n.d.). Sistem Penunjang Keputusan Penilaian Kinerja Guru Dengan Metode Analytical Hirarchy Process (AHP) Dan Metode Simple Addtive Weighting (SAW) Pada SDIT Amal Mulia.

Pratiwi, H. (2020). Metode Analytical Hierarchy Process.

Saaty,T. L., Fundamentals of Decision Making and Priority Theory With The Analytic Hierarchy Process,6th ed., vol. 6. Pittsburgh: RWS Publications, 2000.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Fiantri, C. S., Mahdiana, D., & Kusumawardhany, N. (2024). SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU LES TERBAIK PADA SUB DIVISI PEC LARANGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW). Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 491–501. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1199

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>