Penerapan Algoritma K-Nearest Neighbor Untuk Analisis Sentimen Ulasan SiCepat Ekspres Pada Twitter

Penulis

  • Ilham Farros Universitas Budi Luhur
  • Deni Mahdiana Universitas Budi Luhur
  • Ani Dijah Rahajoe Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Kata Kunci:

text mining, k-nearest neighbour, analisis sentimen, SiCepat

Abstrak

Twitter merupakan media sosial yang kini sering digunakan oleh masyarakat sebagai tempat untuk membagikan informasi dan juga mengungkapkan sebuah opini. SiCepat Ekspres merupakan perusahaan ekspedisi jasa pengiriman yang mulai dikenal dan digunakan oleh masyarakat sejak menjamurnya e-commerce. Masalah yang ada dalam melihat tanggapan masyarakat di media sosial Twitter terhadap ulasan jasa pengiriman SiCepat adalah tidak adanya fitur pada Twitter untuk dapat melihat kecondongan pendapat pengguna, sehingga sulit untuk mengevaluasi tanggapan masyarakat terhadap ulasan jasa pengiriman SiCepat. Penelitian ini dilakukan dengan metode Cross-Industry Standard Process for Data Mining (CRISP-DM) dengan tujuan untuk melakukan analisis terhadap sentimen positif dan negatif terhadap tweet masyarakat berbasis Lexicon dan untuk mengetahui seberapa besar nilai akurasi yang dihasilkan dari analisis sentimen menggunakan algoritma K-Nearest Neighbor (K-NN). Penelitian ini menghasilkan 4.769 tweet dari proses preprocessing dengan jumlah sentimen negatif 1.924 tweet dan jumlah sentimen positif 936 tweet setelah dilakukan pemberian label sentimen. Hasil akhir yang didapatkan dari penerapan algoritma K-NN adalah nilai akurasi sebesar 71.85% dengan menggunakan nilai k=8 pada pemodelan split data perbandingan 80:20 untuk data latih dan data uji.

Referensi

A. Kamaliah, “8 Tahun Perjalanan SiCepat Ekspres, Bikin Terobosan dan Bangun UMKM,” 2022. https://inet.detik.com/business/d-5977626/8-tahun-perjalanan-sicepat-ekspres-bikin-terobosan-dan-bangun-umkm (diakses Jun. 02, 2022).

F. Simbolon, “SiCepat Catat Volume Pengiriman Barang Naik 33% di Semester I-2022,” 2022. https://ekbis.sindonews.com/berita/1447587/34/hadapi-peluang-2020-sicepat-ekspres-perkuat-infrastruktur (diakses Jul. 21, 2022).

wearesocial, “Digital 2022: Indonesia,” 2022.

A. Nurzahputra and A. Muslim, Analisis Sentimen pada Opini Mahasiswa Menggunakan Natural Language Processing. 2016.

A. Salam, J. Zeniarja, R. Septiyan, and U. Khasanah, Analisis Sentimen Data Komentar Sosial Media Facebook Dengan K-Nearest Neighbor (Studi Kasus Pada Akun Jasa Ekspedisi Barang J&T Ekspress Indonesia). 2018.

S. D. Anggita and Ikmah, “Komparasi Algoritma Klasifikasi Berbasis Particle Swarm Optimization Pada Analisis Sentimen Ekspedisi Barang,” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), vol. 4, no. 2, pp. 362–369, 2020.

F. Prasetiawan, S. Widiyanesti, and T. Widarmanti, “Analisis Sentimen Mengenai Kualitas Layanan Jasa Ekspedisi Barang Sicepat Di Media Sosial Twitter,” e-Proceeding of Management, vol. 9, no. 2, pp. 147–160, 2022.

M. A. Hasanah, S. Soim, and A. S. Handayani, “Implementasi CRISP-DM Model Menggunakan Metode Decision Tree dengan Algoritma CART untuk Prediksi Curah Hujan Berpotensi Banjir,” 2021. [Online]. Available: http://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAIC

S. Khairunnisa, A. Adiwijaya, and S. al Faraby, “Pengaruh Text Preprocessing terhadap Analisis Sentimen Komentar Masyarakat pada Media Sosial Twitter (Studi Kasus Pandemi COVID-19),” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 5, no. 2, p. 406, Apr. 2021, doi: 10.30865/mib.v5i2.2835.

F. Z. Tala, “A Study of Stemming Effects on Information Retrieval in Bahasa Indonesia,” 2003.

masdevid, “List of Opinion Words (positive/negative) in Bahasa Indonesia for Sentiment Analysis,” 2017. https://github.com/masdevid/ID-OpinionWords (diakses Jun. 11, 2022).

A. P. R. Nababan, A. S. M. Lumenta, L. Y. D. Y. Rindengan, F. J. Pontoh, and Y. v Akay, “Analisis Sentimen Twitter Pasca Pengumuman Hasil Pilpres 2019 Menggunakan Metode Lexicon Analysis,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 15, no. 1, pp. 33–44, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Farros, I., Mahdiana, D., & Rahajoe, A. D. (2022). Penerapan Algoritma K-Nearest Neighbor Untuk Analisis Sentimen Ulasan SiCepat Ekspres Pada Twitter. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1723–1730. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/40

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>