PENERAPAN ALGORITMA RC6 UNTUK PENGAMANAN FILE LAPORAN KEUANGAN DI THE BELLAGIO MANSION BERBASIS WEB

Penulis

  • Raditya Ananda Putra Universitas Budi Luhur
  • Rizky Pradana Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Kriptografi, RC6, Enkripsi, Dekripsi, File

Abstrak

The Bellagio Mansion beroperasi di sektor real estate yang menyediakan apartemen strata title dan lift pribadi. The Bellagio Mansion memiliki laporan data keuangan yang meliputi pendapatan, laba rugi, jumlah asset, dll. Data tersebut tersimpan dalam komputer perusahaan dan dikhawatirkannya data tersebut tercuri dan diakses oleh pihak yang tidak berwenang. Perusahaan tersebut harus memiliki aplikasi untuk mengamankan file agar tidak terjadi kebocoran data yang berakibat merugikan perusahaan tersebut. Dalam hal ini, The Bellagio Mansion memerlukan aplikasi untuk melindungi data perusahaannya. Aplikasi tersebut berupa enkripsi dan dekripsi dengan memakai metode RC6. Tahapan pengujian pada aplikasi yaitu dengan memasukkan kunci untuk mengenkripsi sebuah file dan menggunakan kunci yang sama untuk mendekripsi file. Hasil pengujian yaitu enkripsi dan dekripsi berhasil dilakukan, juga mengubah ukuran file dan nama file serta file tidak bisa dibuka tanpa proses dekripsi. Pengujian menunjukkan bahwa metode RC6 dapat digunakan untuk menyimpan file penting perusahaan dengan aman.

Referensi

Ritonga, A.R., D. Irmayani, and A.A. Ritonga, Rivest Cipher 6 Algorithm Method to secure messages of Medical Record files at Perlayuan Health Center. Sinkron: jurnal dan penelitian teknik informatika, 2022. 7(2): p. 586-594.

Tena, S., B.J. Mooy, and S.I. Pella, Implementasi Algoritma Rivest Code 6 (Rc6) Dan Steganografi Least Significant Bit (Lsb) Untuk Keamanan Data Citra Digital. Jurnal Media Elektro, 2019: p. 107-113.

Berisha, A. and H. Kastrati. Parallel Implementation of RC6 Algorithm. 2021.

Kristianto, B.D., G. Gat, and G. Syarifudin, PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK ENKRIPSI SMS MENGGUNAKAN ALGORITMA RC6 DAN RIJNDAEL PADA SMARTPHONE. SISFOTENIKA, 2020. 10(1): p. 115-126.

Susmitha, C., et al. Hybrid Cryptography for Secure File Storage. in 2023 7th International Conference on Computing Methodologies and Communication (ICCMC). 2023. IEEE.

Suzanti, I.O., et al., Secure Data Flow Messaging on Web Socket using Rivest Code 6. 2022.

Siswanto, S., et al., Penerapan Algoritme Kriptografi RC6 Untuk Mengamankan File Penjualan Dan Gambar Produk Alisan. Prosiding SISFOTEK, 2023. 7(1): p. 30-35.

Yusuf, H., A. Afriyudi, and H. Syaputra, Digital Signature Pada Citra Digital Menggunakan Algoritma Rc6 Studi Kasus: Dokumen Kartu Keluarga. Journal of Computer and Information Systems Ampera, 2020. 1(1): p. 44-52.

Sofyan, M.H. and H. Fahmi, IMPLEMENTASI ALGORITMA RC6 DALAM PENGAMANAN FILE PADA BP2RD SU SAMSAT SEI RAMPAH. Jurnal Sistem Informasi Kaputama (JSIK), 2022. 6(1): p. 1-6.

Seta, H.B., R. Yulistiani, and T. Theresiawati, PENGAMANAN CITRA DIGITAL REKAM MEDIS MENGGUNAKAN PERPADUAN HASHING ALGORITMA KECCAK DAN RIVEST CODE 6. Jurnal Ilmiah MATRIK, 2020. 22(3): p. 257-269.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Putra, R. A., & Pradana, R. (2024). PENERAPAN ALGORITMA RC6 UNTUK PENGAMANAN FILE LAPORAN KEUANGAN DI THE BELLAGIO MANSION BERBASIS WEB. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 79–87. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1219

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>