IMPLEMENTASI E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM WORDPRESS UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN PADA AFA COLLECTION CIPULIR

Penulis

  • Ogant Biru Samudera Universitas Budi Luhur
  • Bima Cahya Putra Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

e-commerce, content management system, fishbone diagram, business model canvas, unified modeling languange

Abstrak

AFA Collection Cipulir Jakarta adalah toko pakaian wanita yang sebelumnya hanya beroperasi secara fisik, menghadapi beberapa hambatan signifikan dalam mengembangkan bisnisnya. Terbatasnya jangkauan pasar karena hanya dilakukan melalui toko fisik tanpa dukungan platform online, mengakibatkan potensi pasar yang besar tidak dimanfaatkan secara maksimal. Strategi pemasaran yang masih mengandalkan metode konvensional, seperti promosi langsung di dalam toko, mengakibatkan visibilitas produk yang rendah di mata konsumen yang semakin digital. Selain itu, kurangnya sistem informasi yang efektif untuk mengumpulkan dan menganalisis tren transaksi juga menyulitkan toko dalam mengidentifikasi preferensi pelanggan dan mengembangkan produk-produk baru yang sesuai dengan permintaan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah ini melalui implementasi sistem e-commerce menggunakan Content Management System (CMS) WordPress.  Metodologi yang diadopsi meliputi observasi operasional, wawancara mendalam dengan pemilik, serta studi pustaka tentang CMS dan penerapan e-commerce. Analisis masalah dilakukan menggunakan Fishbone Diagram untuk secara sistematis mengidentifikasi akar penyebab masalah operasional dan pemasaran. Selanjutnya, Business Model Canvas (BMC) dan Unified Modeling Language (UML) diaplikasikan untuk mendesain ulang model bisnis dan sistem operasional yang lebih efisien. Search Engine Optimization (SEO) diterapkan untuk mengoptimasi hasil pencarian website di mesin pencari, dengan fokus kata kunci yang secara persaingan cukup layak namun mudah di penetrasi. Strategi Marketing diangkat untuk menarik minat konsumen berkunjung ke website lewat grup komunitas Facebook. Hasil dari implementasi sistem e-commerce menunjukkan peningkatan signifikan dalam jangkauan pasar dan visibilitas produk, yang secara langsung berkontribusi terhadap peningkatan penjualan. Sistem yang terdigitalisasi memfasilitasi analisis data pelanggan yang lebih baik, membantu toko dalam mengembangkan strategi pemasaran yang akurat terhadap kebutuhan pelanggan. Kesimpulannya, e-commerce merupakan langkah strategis yang efektif untuk meningkatkan kinerja penjualan dan memperluas pasar, dengan memanfaatkan teknologi CMS untuk optimasi yang berkelanjutan. Jangkauan pemasaran meluas dengan hadirnya website untuk konsumen bisa melihat dan membeli produk kapanpun dan dimanapun, serta dengan meluasnya jangkauan pemasaran, maka volume penjualan turut meningkat.

Referensi

Hendra Riofita, Arimbi, M.Guntur Rifky, Lala Raudatul Salamah, Rona Asrita, and Siti Nurzanah, “Perubahan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Tantangan Pasar Konsumen Di Era Digital”, Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB), vol. 1, no. 3, pp. 21–26, Dec. 2023.

M. Nasution and Y. Santoso, “Penerapan E-Commerce Dengan Content Management System Wordpress Pada Toko Fikhri Fahrul Collection”, IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System, vol. 3, no. 1, pp. 207-213, Jan. 2020.

M. Farhan and G. Triyono, “E-Commerce Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan Pada Cisadane Thrift”, SENAFTI, vol. 1, no. 1, pp. 1769–1776, 2022.

B. Algifari and A. Ariesta, “Penerapan E-Commerce untuk Meningkatkan Penjualan Sepatu pada Toko Garasi Spokat”, Prosiding SISFOTEK, vol. 4, no.1, pp. 99-105, 2020.

E. Revsie Akbar and H. Irawan, “Analisis Dan Implementasi E-Commerce Menggunakan CMS Wordpress Pada Queenita Classic”, IDEALIS, vol. 4, no. 1, pp. 107-116, 2021.

A. Fuad and S. Juanita, “Penerapan E-Commerce Menggunakan CMS Wordpress Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Online Shop Flanelis”, IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System, vol. 3, no. 1, pp. 511-518, Jan. 2020.

A. Aziz and L. Hin, “Penerapan E-Commerce Pada Website Berbasis Content Management System Pada Ichiro”, IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System, vol. 3, no. 1, pp. 139-144, Jan. 2020.

D. M. Safitri, N. Rahmawati, and A. Faradilla, Perancangan dan Pengukuran Kerja: Buku Ajar Kuliah Ergonomi dan Perancangan Sistem Kerja. Nas Media Pustaka, pp. 139-144, 2021.

Onan Marakali Siregar, Penerapan Bisnis Model Canvas Sentral UMKM. Puspantara, 2020.

A. Gunawan and G. Gata, “Penerapan E-Commerce Berbasis Content Management System Pada Toko Peralatan Komputer Neotech”, SENAFTI, vol. 1, no. 1, pp. 1316–1323, 2022.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Biru Samudera, O., & Cahya Putra, B. (2024). IMPLEMENTASI E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM WORDPRESS UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN PADA AFA COLLECTION CIPULIR. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1254–1263. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1286

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama