PERANCANGAN MODEL E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MEMPERLUAS PEMASARAN PADA BOSS MEDIA CREATIVE
Kata Kunci:
E-COMMERCE, Content Management System (CMS), Search Engine Optimization (SEO)Abstrak
Boss Media Creative dibawah naungan PT. Garda Inovasi Globaltech merupakan perusahaan yang bergerak di bidang percetakan dan advertising yang terletak di Tangerang. Usaha ini sudah berdiri sejak akhir tahun 2020 lalu, dan saat ini perusahaan masih menggunakan konsep penjualan serta pemasaran produk dan jasanya secara konvensional, pelaku usaha juga kesulitan untuk mendeskripsikan spesifiksi produknya, permasalahan tersebut membuat pemasaran berjalan kurang efektif dan efisien. Dari permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian masalah dan merancang sebuah sistem penjualan secara elektronik (E-Commerce) yang dapat membantu menjual dan memasarkan produknya di dunia maya secara luas. Menggunakan pendekatan Content Management System (CMS) untuk mengimplementasikan model E-Commerce serta menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO) On Page untuk pencarian kata kunci dan menerapkan strategi Marketing 4P (Product, Price, Place, dan Promotion). Hasil akhir dari penelitian ini adalah adanya sistem penjualan secara elektronik (E-Commerce) yang dapat memperluas pemasaran dan penjualan produk menjadi lebih efektif dan efisien guna menunjang aktivitas manajemen perusahaan.
Referensi
F. Fenando, “Implementasi E-Commerce Berbasis Web pada Toko Denia Donuts Menggunakan Metode Prototype,” JUSIFO (Jurnal Sist. Informasi), vol. 6, no. 2, pp. 66–77, 2020, doi: 10.19109/jusifo.v6i2.6532.
R. Risald, “Implementasi Sistem Penjualan Online Berbasis E-Commerce Pada Usaha Ukm Ike Suti Menggunakan Metode Waterfall,” J. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 37–42, 2021, doi: 10.32938/jitu.v1i1.1393.
Tian Ahmad Setiawan, Wiyanto Wiyanto, and Agus Suwarno, “Penerapan Metode Rad Dalam Implementasi E-Commerce Berbasis Web Pada Cv. Tenda Teduh Abadi,” J. Inform. Teknol. dan Sains, vol. 5, no. 3, pp. 373–382, 2023, doi: 10.51401/jinteks.v5i3.3140.
S. Putraito, M.F.R and Anwar, “Website Menggunakan Cms ( Content Management System ) Pada Butik Dweeva,” pp. 18–28, 2022.
A. Abigail, M.F and Budi, “Implementasi E-Commerce Menggunakan Low Code Programming Pada Sam’s Foodie Berbasis Responsive Web,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., vol. 1, no. April, 2023.
S. D. Putri, “Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Purchase Intention pada e-Commerce Traveloka,” Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, 2022. [Online]. Available: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4284
S. Yodyo and O. Melfazen, “Rancang Bangun Web E-Commerce Pada Toko Online Kiba Berbasis Content Management System (Cms),” Sci. Electro, vol. 13, no. 4, 2022, [Online]. Available: http://riset.unisma.ac.id/index.php/jte/article/view/18783
A. M. Rofi, “Pengaruh Model Science, Environment, Technology, Society Berbantuan Fishbone Diagram Terhadap Self Regulated Learning Dan Kemampuan Berpikir Kritis,” Universitas Siliwangi, 2023. [Online]. Available: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11488
Y. M. Maulana, “Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Business Model Canvas untuk Siswa SMAN 4 Surabaya,” J. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 2, no. 5, pp. 629–634, 2022, doi: 10.52436/1.jpmi.771.
Azim Fauzan, “Penerapan Teknik Seo (Search Engine Optimisation) Dengan Metode Onpage Dan Offpage Pada Website Cargoriau. Com,” Riau J. Comput. Sci., vol. 05, no. 1, pp. 32–37, 2019, [Online]. Available: https://e-journal.upp.ac.id/index.php/RJOCS/article/view/1705
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.