SISTEM MONITORING SERVER DENGAN SNMP DAN RRD TOOLS

Penulis

  • Wahyu Dwinanto Universitas Budi Luhur
  • Dolly Virgian Shaka Yudha Sakti Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

monitoring server, SNMP, RRD Tools, GUI, Phyton

Abstrak

Pada era digital yang semakin maju, ketersediaan dan performa server merupakan elemen kritis dalam infrastruktur teknologi informasi. Monitoring server secara efektif menjadi penting untuk memastikan layanan tetap berjalan optimal dan gangguan dapat diidentifikasi serta ditangani dengan cepat. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan sistem monitoring server yang memanfaatkan Simple Network Management Protocol (SNMP) dan Round Robin Database (RRD) Tools dengan antarmuka Graphical User Interfaces (GUI) menggunakan Python. Metode penelitian ini melibatkan beberapa tahapan. Pertama, pengumpulan data dari server menggunakan protokol SNMP yang mampu mendukung berbagai versi (v1, v2c, v3). Kedua, penyimpanan data dalam format RRD yang menyediakan mekanisme penyimpanan data yang ringkas dan berkelanjutan. Ketiga, penyajian data melalui antarmuka grafis (GUI). Sistem dirancang untuk mengumpulkan dan menampilkan informasi penting, seperti penggunaan CPU, RAM, dan Disk, serta status operasional server secara real-time. Data yang terkumpul diolah dan disimpan dalam database RRD untuk divisualisasikan dalam bentuk grafik yang informatif dan mudah dipahami. Hasil implementasi menunjukkan bahwa sistem mampu melakukan monitoring secara real-time dan memberikan notifikasi saat terjadi anomali atau kegagalan pada server. Penggunaan SNMP memungkinkan pengumpulan data yang efisien dan standar, sementara RRD Tools menyediakan mekanisme penyimpanan data yang ringkas dan berkelanjutan. Antarmuka GUI yang dibangun menggunakan Python memberikan kemudahan akses informasi dan analisis kinerja server. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa sistem monitoring server berbasis SNMP dan RRD Tools dengan antarmuka GUI dapat diimplementasikan secara efektif untuk mendukung pengelolaan infrastruktur TI yang lebih baik. Sistem ini tidak hanya membantu dalam pemantauan kinerja server tetapi juga dalam pengambilan keputusan cepat saat terjadi masalah, sehingga meningkatkan ketersediaan dan keandalan layanan TI.

Referensi

H. Harsono, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sistem Informasi Berbasis Komputer: Sistem Operasi, Server, Dan Programmer (Literature Review Executive Support Sistem For Business),” J. Manaj. Pendidik. DAN ILMU Sos., 2022, doi: 10.38035/jmpis.v3i2.1121.

A. Hardito, “Sistem Pengawasan Kinerja Multi Net- Server Melalui Media On-Line,” Orbith, vol. 11, no. 1, 2015.

S. F. Sulaiman and A. H. Priambodo, “Downtime Data Center: Memahami Penyebab, Dampak, dan Solusi Efektif,” Sanskara Manaj. Dan Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 67–78, 2024, doi: 10.58812/smb.v2i02.297.

N. Nendi and F. Maulana, “Monitoring Traffic Berbasis SNMP pada Jaringan Perumahan Permata Puri Harmoni 2,” J. Sains dan Teknol., vol. 5, no. 3, 2024, doi: 10.55338/saintek.v5i3.1346.

S. Gee and J. Vianna, “SNMP-Simple Network Management Protocol,” ThousandEyes. https://www.thousandeyes.com/learning/techtorials/snmp-simple-network-management-protocol (accessed May 03, 2024).

F. Maulana, “Implementasi Simple Network Management Protocol (Snmp) Pada Aplikasi Monitoring Jaringan Berbasis Website(Studi Kasus Universitas Muhammadiyah Bengkulu),” J. Inform., vol. 16, no. 2, pp. 126–135, 2016.

M. Singh, H. Mewada, M. Tahilyani, J. Malviya, R. Sharma, and S. S. Shrivastava, “RRDTool: A Round Robin Database for Network Monitoring,” Journal of Computer Science. 2022. doi: 10.3844/jcssp.2022.770.776.

Y. N. Wengim, “Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Jaringan Dengan Menggunakan SNMP Berbasis Desktop (Smart Campus-USTJ),” J. Tek. Inform., vol. 9, pp. 73–80, 2020.

R. S. Saputra, Hafidudin, and D. N. Ramadan, “Aplikasi Sistem Monitoring Jaringan Berbasis Website Network,” JETT J. Elektro dan Telekomun. Terap. Univ., 2018.

A. Heryanto, A. Hermansyah, and M. Nizar, “Sistem Monitoring Server dan Perangkat Jaringan pada Enterprise Resource Planning FASILKOM UNSRI Menggunakan Protokol ICMP dan SNMP,” J. Sist., vol. 6, no. 2, 2017.

J. Tafonao, E. Fatkhiyah, and R. K. Yuliana Rachmawati, “Perancangan Dan Implementasi Monitoring Server Owncloud,” J. Jarkom, 2019.

D. P. Kuswandono, M. Ryan, W. Hermawansyah, and Suhadi, “Aotomasi Laporan Ulitisasi dan Kontrol Dashboard Perangkat Berbasis Cacti dengan Bash Shell Scripting,” J. Gerbang STMIK Bani Saleh, vol. 13, no. 1, 2023.

D. Intern, “Apa itu UML? Beserta Pengertian dan Contohnya,” Dicoding, 2021. https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-uml/ (accessed Apr. 06, 2024).

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Dwinanto, W., & Sakti, D. V. S. Y. (2024). SISTEM MONITORING SERVER DENGAN SNMP DAN RRD TOOLS . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 38–48. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1314