IMPLEMENTASI E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO JAYA AQUARIUM

Penulis

  • Jamilah Hasanah Universitas Budi Luhur
  • Dian Anubhakti Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

E-Commerce, Website, Jaya Aquarium, Business Model Canvas

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi khususnya pada media penjualan yang berkembang sangat pesat memberikan kemudahan pengguna internet atau pemilik usaha, untuk meningkatkan daya saing dan mengikuti perkembangan teknologi banyak toko toko offline yang beralih ke penjualan online atau membuka toko offline dengan tetap membuka layanan jual beli secara online untuk menarik lebih banyak calon pembeli dan mempertahankan mitra perdagangannya. Toko jaya Aquarium merupakan toko offline yang menjual ikan hias, pakan ikan, alat alat aquarium serta aksesoris aquascape dengan berbagai bentuk dan jenis.  karena penjualan pada toko masih bersifat konvensional, terdapat beberapa masalah seperti pencatatan harga produk hanya menggunakan kertas yang ditempel di etalase toko, sehingga sering terjadinya kekeliruan dalam memberikan harga, tidak adanya rekapitulasi penjualan dan promosi toko yang menggunakan media story whatsapp dan mulut ke mulut, permasalahan ini yang membuat penjualan pada Toko Jaya Aquarium menurun dan sepi. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini berfokus pada pembuatan website E-Commerce sebagai media penjualan secara online pada toko jaya Aquarium. Dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC) dan penerapan Search Engine Optimization (SEO) dalam pembuatan situs web E-Commerce berbasis Wordpress, untuk meningkatkan penjualan toko sehingga mampu menyebarkan informasi produk yang tepat dan mudah. Hasilnya penelitian ini dapat menunjukkan bahwa penggunaan situs E-Commerce mampu meningkatkan penjualan, melayani pelanggan dengan baik sehingga toko dapat berkembang dengan citra yang baik dan pendapatan toko yang meningkat.

Referensi

G. Abilawa and D. Anubhakti, “Sistem Penunjang Keputusan dalam Seleksi Pelamar Kerja pada PT. Sinar Agung Mataram dengan Metode Profile Matching,” Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), vol. 1, no. 1, pp. 2055–2063, 2022. Available: http://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/322.

M. F. Kurnianto, K. Kusnadi, and F. N. Azizah, “Usulan Perbaikan Risiko Kecelakaan Kerja Dengan Metode Failure Mode and Effect Analysis (Fmea) Dan Fishbone Diagram,” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, vol. 6, no. 1, p. 18, 2022, doi: 10.31764/jpmb.v6i1.6627.

A. F. Pratama and A. Diana, “Implementasi E-Commerce Dengan Content Management System Wordpress Menggunakan Woocommerce Pada Hopeandsoles.Id,” IDEALIS: InDonEsiA JournaL Information System, vol. 4, no. 1, pp. 20–30, 2021, doi: 10.36080/idealis.v4i1.2769.

C. A. P. Pratama and L. L. Hin, “Implementasi Website E-Commerce Berbasis Content Management System Dalam Meningkatkan Penjualan Tembakau Pada Fuadbako,” vol. 1, no. 1, pp. 1669–1677, 2022.

F. Ristia, A. Diana, and A. Ariesta, “Implementasi E-Commerce Dengan Metode Business Model Canvas (Bmc) Menggunakan Content Management System (Cms) Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Distro Betawi Boys,” IDEALIS: InDonEsiA JournaL Information System, vol. 5, no. 1, pp. 30–39, 2022, doi: 10.36080/idealis.v5i1.2867.

G. Abilawa and D. Anubhakti, “Sistem Penunjang Keputusan dalam Seleksi Pelamar Kerja pada PT. Sinar Agung Mataram dengan Metode Profile Matching,” Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), vol. 1, no. 1, pp. 2055–2063, 2022. Available: http://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/322.

M. F. Kurnianto, K. Kusnadi, and F. N. Azizah, “Usulan Perbaikan Risiko Kecelakaan Kerja Dengan Metode Failure Mode and Effect Analysis (Fmea) Dan Fishbone Diagram,” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, vol. 6, no. 1, p. 18, 2022, doi: 10.31764/jpmb.v6i1.6627.

A. F. Pratama and A. Diana, “Implementasi E-Commerce Dengan Content Management System Wordpress Menggunakan Woocommerce Pada Hopeandsoles.Id,” IDEALIS: InDonEsiA JournaL Information System, vol. 4, no. 1, pp. 20–30, 2021, doi: 10.36080/idealis.v4i1.2769.

C. A. P. Pratama and L. L. Hin, “Implementasi Website E-Commerce Berbasis Content Management System Dalam Meningkatkan Penjualan Tembakau Pada Fuadbako,” vol. 1, no. 1, pp. 1669–1677, 2022.

F. Ristia, A. Diana, and A. Ariesta, “Implementasi E-Commerce Dengan Metode Business Model Canvas (Bmc) Menggunakan Content Management System (Cms) Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Distro Betawi Boys,” IDEALIS: InDonEsiA JournaL Information System, vol. 5, no. 1, pp. 30–39, 2022, doi: 10.36080/idealis.v5i1.2867.

Unduhan

Diterbitkan

04-11-2024

Cara Mengutip

Hasanah, J., & Anubhakti, D. (2024). IMPLEMENTASI E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO JAYA AQUARIUM. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1283–1292. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1342

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>