PENGEMBANGAN GAME PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF PADA OPERASI ARITMATIKA BERBASIS MOBILE DENGAN MODEL GAMIFIKASI

Penulis

  • Sawali Wahyu Universitas Esa Unggul
  • Yoggy Montana Hendry UNIVERSITAS ESA UNGGUL
  • Aurel Elviolita Putri UNIVERSITAS ESA UNGGUL
  • Anggraeni Agustin UNIVERSITAS ESA UNGGUL
  • Rifky Ardiansyah UNIVERSITAS ESA UNGGUL

Kata Kunci:

Pembelajaran Matematika, Game, Interaktif, Mobile, Gamifikasi

Abstrak

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang paling penting yang diajarkan di sekolah dasar (SD), tetapi banyak siswa menganggapnya membosankan dan tidak termotivasi. Hal ini dapat menyebabkan siswa kehilangan minat dan keinginan untuk belajar, yang pada gilirannya mengarah pada hasil belajar yang buruk. Game matematika interaktif dapat membantu siswa belajar matematika dengan cara yang menyenangkan dan menarik. Dengan berbagai fitur interaktifnya, game ini juga dapat mempermudah pemahaman siswa tentang konsep matematika. Model gamifikasi menggabungkan elemen permainan ke dalam proses pembelajaran, membantu siswa belajar secara interaktif dan meningkatkan keinginan mereka untuk belajar. Model ini juga menerapkan konsep seperti mekanis, pembayaran, dan pengukuran. Metode Game Development Life Cycle (GDLC) adalah pendekatan berulang untuk pembangunan dan pengembangan game. GDLC terdiri dari enam tahap pengembangan, yaitu permulaan, pra-produksi, produksi, pengujian, tahap beta, dan peluncuran. Hasil pengujian Alpha menggunakan System Usabillity Scale (SUS) dengan nilai score akhir yaitu 80 dengan Bachmarking Excellent. Untuk hasil pengujian Beta menggunakan User Acceptance Testing (UAT) dengan nilai tertinggi yaitu 5 (Sangat Setuju). berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa penelitian ini berhasil mengembangkan aplikasi game pembelajaran matematika interaktif yang sangat mudah digunakan oleh siswa di sekolah dasar.

Referensi

Juhaeni, J., Cahyani, E. I., Utami, F. A. M., & Safaruddin, S. “ Pengembangan Media Game Edukasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III Siswa Madrasah Ibtidaiyah”. Journal of Instructional and Development Researches, 3(2), 58-66, 2023.

Anggraini, H. I., Nurhayati, N., & Kusumaningrum, S. R. “Penerapan Media Pembelajaran Game Matematika Berbasis HOTS Dengan Metode Digital Game Based Learning (DGBL) di Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(11), 1885-1896, 2021.

Nugroho, D. H. “Pengembangan Media Pembelajaran Board Game Matematika Kelas Viii Semeseter 1 Kurikulum 2013 Di Smp Negeri 48 Jakarta”. TEACHER: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 1(2), 150-162, 2021.

Ambarsari, I. F., Hasanah, N., Azizah, N., Agusti, A., & Yana, I. “Implementasi Belajar Matematika Menyenangkan Berbasis Pembelajaran Game Inovatif di MTS Sarji Ar Rasyid”. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(8), 1493-1500., 2022 .

Nugraha, N. “Rancang Bangun Game Pembelajaran Operasi Dasar Matematika Menggunakan Algoritma Fisher Yattes”. Bulletin of Information Technology (BIT), 4(2), 268-27, 2023.

Wahyu, S. “ Penerapan Metode Game Development Life Cycle Pada Pengembangan Aplikasi Game Pembelajaran Budi Pekerti”. SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika, 5(1), 82-91, 2022.

Irwanto, R. F., & Wahyu, S. “Aplikasi Mobile Pengenalan Tata Surya dan Galaksi Bimasakti Menggunakan Multimedia Development Life Cycle”. Jurnal Inovtek Polbeng Seri Informatika, 8(2), 316-330, 2023.

Wahyu, S., & Gotama, J. F. “Pengembangan Game Edukasi Pendidikan Agama Buddha Berbasis Progressive Web Apps dengan Model Gamifikasi dan GDLC”. SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika, 7(1), 85-97, 2024.

Mukarromah, T. T., & Agustina, P. “Gamifikasi berbasis aplikasi dan pembelajaran anak usia dini”. Edukids J. Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidik. Anak Usia Dini, 18(1), 18-27, 2021.

Anunpattana, P., Khalid, M. N. A., Iida, H., & Inchamnan, W. “Capturing Potential Impact of Challenge-Based Gamification on Gamified Quizzing in The Classroom”. Heliyon, 7(12), 2021.

Junaidi, J. “Aplikasi Game Maze Untuk Meningkatkan Semangat Anak Usia Dini Menggunakan Metode Game Development Life Cycle (GDLC)”. Jurnal SANTI-Sistem Informasi dan Teknik Informasi, 4(2), 70-78, 2024.

Ariyana, R. Y., Susanti, E., Ath-Thaariq, M. R., & Apriadi, R. “Penerapan Metode Game Devlopment Life Cycle (GDLC) pada Pengembangan Game Motif Batik Khas Yogyakarta”. INSOLOGI: Jurnal Sains dan Teknologi, 1(6), 796-807, 2022.

Pranoto, S., Sutiono, S., & Nasution, D. “Penerapan UML Dalam Perancangan Sistem Informasi Pelaporan Dan Evaluasi Pembangunan Pada Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Tebing Tinggi”. Surplus: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 384-401, 2024.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Wahyu, S., Hendry, Y. M., Putri, A. E., Agustin, A., & Ardiansyah, R. (2024). PENGEMBANGAN GAME PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF PADA OPERASI ARITMATIKA BERBASIS MOBILE DENGAN MODEL GAMIFIKASI. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 936–945. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1385