ENKRIPSI FILE TRANSAKSI MENGGUNAKAN METODE AES 128 BIT (RIJNDAEL) PADA PT. UNIBLESS INDO MULTI

Penulis

  • Jovanka Thoma Universitas budi luhur
  • Utomo Budiyanto Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

filetransaksi, Enkripsi, Deskripsi, AES-128 Bit (rijndael)

Abstrak

Kerahasiaan sebuah data merupakan modal yang sangat berharga dan harus dijaga agar tidak diketahui oleh kelompok yang tidak memiliki kepentingan dan tidak bertanggung jawab. Terutama Data pribadi, salah satu data pribadi yang harus dijaga kerahasiaannya adalah Data Transaksi yang berkaitan dengan Data barang, Data keluar masuknya barang,dan Data Costumers yang karakternya rahasia. Karena jika File atau data-data hilang dan disalahgunakan oleh kelompok yang tidak bertanggungjawab maka bisa merugikan pihak yang mempunyai data pribadi tersebut. Sehingga harus dilakukan penelitian yang bertujuan untuk membuat sistem yang dapat mengamankan data dengan cara mengenkripsi dan dekripsi Data Transaksi ada juga dalam bentuk file (PDF, DOC, XLS, dan TXT) dengan memakai metode enkripsi & dekripsi AES 128 Bit (Rijndael). Sehingga hasil dari penelitian ini juga bisa menghasilkan File Transaksi yang sudah terenkripsimenjadi bentuk ciphertext. Bagian akurasi kemiripan antara file asli dengan file yang telah didekripsi bisa mencapai 90%, karena bisa juga terdapat beberapa ukuran dan jenis font yang berubah didalamnya.

Referensi

Auliyah,A.I., “Implementasi Kombinasi Algoritma Enkripsi Rivest Shamir Adleman (Rsa) dan Algoritma Kompresi Huffman Pada File Document”. Indonesian Journal of Data and Science, 1(1), 23–28, 2020.

Basri, “Kriptografi Simetris Dan Asimetris Dalam Perspektif Keamanan Data Dan Kompleksitas Komputasi” Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 2 (2), 17– 23, 2021.

Irawan & Winarno. ”Kombinasi Algoritma Kriptogarafi Aes Dan Des Untuk Enkripsi. File Dokumen Proposal” Jurnal Proceeding SENDIU Fakultas Ilmu Komputer, 28–35, 2020.

Prameshwari & Sastra. “Implementasi Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) 128 Untuk Enkripsi dan Dekripsi File Dokumen”. Jurnal Eksplora Informatika, 8(1), 52, 2022.

Putra, Muklas Adik, Dadang Iskandar Mulyana, and Runi Amanda Amalia. "Perancangan Aplikasi Enkripsi & Deskripsi pada Dokumen Dengan Algoritma Triple DES Berbasis Web." Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, vol 2, no. 01, pp. 57-69, 2022.

Silalahi & Sindar. “Penerapan Kriptografi Keamanan Data Administrasi Kependudukan Desa Pagar Jati Menggunakan SHA-1”. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi (JNKTI), 3(2), 182–186, 2020.

Pakpahan, Andy Victor, and Novi Fibriani Prayino. "Implementasi Algoritma Rijndael Untuk Keamanan Login (Studi Kasus: Perangkat Lunak Keuangan Pemberian Tunjangan di Kantor Kopertis Wilayah IV)." Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, vol 12, no. 1, pp. 15-28, 2021.

ANWAR, MUH SHOFUWAN. "Implementasi Algoritme Advanced Encryption Standard (AES) 128-Bit pada Field Programmable Gate Array (FPGA)." PhD diss., Universitas Gadjah Mada, 2021.

Novianti & Hidayat. “Implementasi Kriptografi Advanced Encryption Standard 128 Bit Dalam Pengamanan Data Keuangan Kas (Studi Kasus: Masjid Al-ikhlas Trini Sleman di Yogyakarta)”. Jurnal Komputer Dan Teknologi, 27–34, 2023.

Sitorus, Fandi Ahmad, Nurcahyo Budi Nugroho, and Usti Fatimah Sari Sitorus Pane. "Implementasi Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) 128 Bit Untuk Keamanan Data Transaksi Penjualan Pada PT. MITSUBISHI ELECTRIC INDONESIA." Jurnal Cyber Tech, vol 4, no. 5, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Thoma, J., & Budiyanto, U. (2024). ENKRIPSI FILE TRANSAKSI MENGGUNAKAN METODE AES 128 BIT (RIJNDAEL) PADA PT. UNIBLESS INDO MULTI. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 90–98. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1396