Penerapan Algoritme Rivest Code 4 Untuk Pengamanan Dokumen Di CV. Bintang Pratama Mandiri

Penulis

  • Fauzan Ali Nurbi Universitas Budi Luhur
  • Utomo Budiyanto Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Enkripsi, Rivest Code 4, Dokumen, Kriptografi

Abstrak

Dokumen adalah salah satu media informasi yang sangat penting dalam suatu perusahaan, badan usaha maupun bentuk organisasi yang lain, baik itu untuk berkomunikasi dengan pihak di luar organisasi (eksternal) maupun berkomunikasi dengan pihak di dalam organisasi (internal). Pada dasarnya sebuah perusahaan mempunyai dokumen digital yang bersifat penting dan disimpan di komputer tanpa memiliki keamanan secara khusus. Hal seperti ini memungkinkan terjadinya pencurian atau perubahan dokumen karena dokumen tersebut mampu diambil oleh orang yang tidak berkepentingan yang mempunyai akses ke komputer. CV. Bintang Pratama Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa yang memiliki banyak dokumen yang bersifat rahasia. Karena mempunyai banyak dokumen yang bersifat sensitif, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi keamanan dokumen agar dokumen lebih aman. Perancangan aplikasi menggunakan algoritme kriptografi yaitu Rivest Code 4 (RC4). RC4 adalah sebuah algoritme kriptografi yang dapat digunakan untuk mengenkripsi data, sehingga data tersebut menjadi sulit untuk dibaca dan hanya orang yang memiliki kunci yang dapat melihatnya. Pembuatan aplikasi keamanan dokumen menggunakan bahasa pemrograman PHP berbasis Web. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dokumen di dalam perusahaan dapat lebih aman. Data yang di enkripsi pada aplikasi ini hanya berupa file dokumen dan hanya orang tertentu di perusahaan yang dapat mengakses aplikasi ini. Berdasarkan implementasi dan pengujian program, dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini mampu untuk mengamankan dan menjaga isi file dokumen yang bersifat rahasia. Kontribusi penelitian ini adalah untuk mengatasi terjadinya kehilangan dan pencurian file dokumen yang bersifat rahasia di dalam perusahaan CV. Bintang Pratama Mandiri. Hasil dari penelitian adalah file dokumen berhasil di enkripsi sehingga isi dari dokumen dapat terjaga keamanan dan kerahasiannya.

Referensi

R. Maulana and R. M. Simanjorang, “Implementasi Kriptografi Untuk Pengamanan Data Pribadi Siswa SMA Swasta Jaya Krama Beringin Dengan Algoritma RC4,” Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, vol. 4, no. 6, pp. 377-383, 2021.

S. Subhan, S. Amini and P. F. Ariyani, “Implementasi Pengamanan Data Enkripsi SMS Dengan Algoritma RC4 Berbasis Android,” Seminar Nasional Inovasi Dan Aplikasi Teknologi Di Industri, ITN Malang, 2017.

D. R. Saragi, J. M. Gultom, J. A. Tampubolon and I. Gunawan, “Pengamanan Data File Teks (Word) Menggunakan Algoritma RC4,” JSON: Jurnal Sistem Komputer dan Informatika, vol. 1, no. 2, pp. 114-119, 2020.

R. Rivaldi and S. Subandi, “Implementasi Pengamanan Data Arsitektur Menggunakan Metode Kriptografi dengan Algoritma Rivest Code 4 (RC4) Pada PT. Naviri Indah Cemerlang,” SKANIKA, vol. 4, no. 2, pp. 63-67, 2021.

F. S. Febriyani and A. Arfriandi, “Implementasi Algoritma RC4 pada Sistem Pengamanan Dokumen Digital Soal Ujian,” JISKa, vol. 6, no. 3, pp. 171 – 177, 2021.

R. Fajar and S. Subandi , “Aplikasi Kriptografi RC4 Untuk Pengamanan Email Berbasis Web Pada PT.Titan Infra Energy,” Skanika, vol. 4, no. 1, pp. 45-50, 2021.

H. Kusniyati, S. Diansyah and R. Yusuf, “Penerapan Algoritma Rivert Code 4 (RC4) Pada Aplikasi,” Jurnal PETIR, vol. 11, no. 1, pp. 38-47, 2018.

A. Lesmana and R. T. Shinta, “Aplikasi Pengamanan Email Berbasis Android Dengan Algoritma Kriptografi AES-128 dan RC4 Pada PT Tirta Investama,” SKANIKA, vol. 1, no. 2, pp. 534-539, 2018.

A. Setiawan and T. Fatimah, “Implementasi Algoritma Kriptografi RC4 Untuk Keamanan Database Aplikasi Penggajian Karyawan Berbasis Web Pada PT. Trans Intra Asia,” SKANIKA, vol. 4, no. 1, pp. 66-71, 2021.

R. Damanik, “Sistem Enkripsi Dan Dekripsi Serta Penyembunyian File Teks Menggunakan Algoritma RC4 dan END OF FILE Pada Citra Digital,” Jurnal ISD, vol. 3, no. 1, pp. 50-56, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Nurbi, F. A., & Budiyanto, U. (2022). Penerapan Algoritme Rivest Code 4 Untuk Pengamanan Dokumen Di CV. Bintang Pratama Mandiri. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 182–192. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/176

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama