Implementasi Algoritma Rivest Code 4 Untuk Pengamanan Dokumen Di Klinik First Health

Penulis

  • Rahken Kapissa Universitas Budi Luhur
  • Safrina Amini Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Kriptografi, Rivest Code 4, Enkripsi, Dekripsi

Abstrak

pada dasarnya, Klinik First Health memiliki data pasien dan dokumen penting yang  disimpan di komputer tanpa  keamanan  khusus. Dokumen adalah salah satu media informasi yang sangat penting dalam suatu perusahaan, badan usaha maupun bentuk organisasi yang lain, baik itu untuk berkomunikasi dengan pihak diluar organisasi (eksternal) maupun berkomunikasi dengan pihak di dalam organisasi (internal). Sesuatu seperti ini memungkinkan  pencurian data karena  orang yang tidak berkepentingan dengan akses ke komputer Anda dapat mengakses data Anda. Dokumen yang penting untuk dijaga kerahasiaannya di Klinik First Health. Karena adanya jenis dokumen yang bersifat rahasia maka penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi dan menjamin keamanan dokumen supaya tidak mudah untuk dibaca oleh orang yang tidak berkepentingan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknik algoritma kriptografi dengan metode rivest code 4, caranya dengan mengenkripsi dokumen sehingga orang luar tidak bisa melihat isi asli dari dokumen tersebut karena berupa kode acak yang sulit untuk dipahami.Jika ingin merubah kode acak tersebut menjadi isi asli dari dokumen perlu dilakukan dekripsi, sehingga isi asli dari dokumen tersebut dapat dilihat seperti semula. Pada tugas akhir ini metode kriptografi yang digunakan adalah metode Rivest Code 4 (RC4). Ini adalah jenis stream cipher dengan kunci untuk mengenkripsi dan mendekripsi. Aplikasi ini dibuat menggunakan Bahasa Pemrograman PHP berbasis Web. Berdasarkan implementasi dan pengujian program, dapat disimpulkan dengan adanya aplikasi ini mampu untuk mengamankan dan menjaga isi file dokumen yang bersifat rahasia sehingga isi dari dokumen dapat terjaga keamanan dan kerahasiaannya.

Referensi

R. Fajar and Subandi, “Aplikasi Kriptografi RC4 Untuk Pengamanan Email Berbasis Web Pada PT.Titan Infra Energy,” Skanika, vol. 4, pp. 45-50, 2021.

M. Rinaldi and R. M. Simanjorang, “Implementasi Kriptografi Untuk Pengamanan Data Pribadi Siswa,” Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, vol. 4, no. 6, pp. 377-383, 2021.

Kirman, “Implementasi Algoritma RC4 Untuk Proteksi File Mp3,” Jurnal Pseudocode, vol. 5, no. 1, pp. 80-86, 2018.

D. R. Saragi, I. Gunawan and Dkk, “Pengamanan Data File Teks (Word) Menggunakan Algoritma RC4,” JSON, 2020.

Sumandri, “Studi Model Algoritma Kriptografi Klasik dan Modern,” Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 2017.

S. Waluyo and D. V. Kanahebi, “Sistem Pengamanan File Menggunakan Algoritma RC4 Berbasis WEBBASE Studi Kasus PT. Tjipta Jaya Bersama,” SEMNAS RISTEK, pp. 803-808, 2021.

R. Rivaldi and Subandi, “Implementasi Pengamanan Data Arsitektur Menggunakan Metode Kriptografi Dengan Algoritma Rivest Code 4(RC4) Pada PT. Naviri Indah Cemerlang,” SKANIKA, vol. 4, no. 2, pp 63-67, 2021.

R. Damanik, “Sistem Enkripsi Dan Dekripsi Serta Penyembunyian File Teks Menggunakan Algoritma RC4 Dan END OF LIFE Pada Citra Digital,” Journal Information System Development (ISD), vol. 3, no. 1, pp. 50-56, 2018.

S. Darmawan and I. , “Pengamanan Dokumen Menggunakan Kriptografi RC4 dan Steganografi EOF dengan Media Video MP4 pada CV. Synergy Selaras,” JTE: Jurnal Teknologi Elektro, vol.8, no. 2, pp. 117-122, 2017.

H. Kusniyati, S. Diansyah and R. Yusuf, “Penerapan Algoritma Rivert Code 4 (RC4) Pada Aplikasi Kriptografi Dokumen,” Jurnal PETIR, vol. 11, no. 1, pp. 38-47, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Kapissa, R., & Amini, S. (2022). Implementasi Algoritma Rivest Code 4 Untuk Pengamanan Dokumen Di Klinik First Health. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 202–212. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/186

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>