PENERAPAN WEB SERVICE UNTUK MANAJEMEN TUGAS DI PT SINEMART INDONESIA

Penulis

  • La Tansa Universitas Budi Luhur
  • Safrina Amini

Kata Kunci:

kanban, REST API, Web Service

Abstrak

PT Sinemart Indonesia merupakan rumah produksi film layar kaca Indonesia yang didirikan oleh Leo Sutanto, Sentot Sahid, Heru Hendrianto, dan Lala Hamid pada 3 Maret 2003. Perusahaan ini berfokus pada produksi sinema dengan genre drama yang dapat dinikmati oleh penonton di seluruh Indonesia. Kunci utama agar film terlihat menarik adalah melalui proses pemberian efek yang kemudian diikuti dengan tahap edit. Namun, PT Sinemart Indonesia sering menghadapi masalah seperti miskomunikasi atau kelalaian antara bagian tim efek dan bagian Editor. Hal ini menyebabkan film tidak dapat diselesaikan secara tepat waktu (Just In Time) sehingga mengakibatkan kurangnya efek pada adegan tertentu, menyebabkan penurunan daya tarik film tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, sebuah aplikasi dibuat menggunakan web service dengan metode REST API untuk melakukan tracking dan pengingat proses pembuatan film. Selain itu, sistem khusus untuk admin juga dibuat agar dapat mengelola data pegawai, judul film, kategori, jenis pekerjaan, pengaturan urgensi, serta melakukan eksport data ke excel dari hasil pekerjaan tim efek. Dalam studi kasus yang dilakukan oleh PT Sinemart Indonesia, proses produksi dimulai dengan permintaan (Request) dari tim editor yang akan diberikan kepada tim efek. Tim efek dapat menolak, menerima, atau meminta perubahan data kembali kepada tim editor. Editor juga dapat meminta pembuatan efek kembali kepada tim efek untuk mendapatkan hasil final dari adegan/scene yang akan ditayangkan. Hasil akhir berupa tampilan website yang dijembatani web service menggunakan framework laravel dengan sistem keamanan login menggunakan laravel passport yang menggunakan metodologi kanban untuk melakukan penugasan dan aplikasi android yang dikhususkan untuk admin guna memasukkan beberapa data.

Referensi

H. Fery Herdiyatmoko, “Desain Sistem Backend Berbasis REST API Menggunakan Framework Laravel 7,” SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika, vol. 5, no. 2, pp. 136–144, 2022, [Online]. Available: http://127.0.0.1:8000/api/siswa,

H. F. Herdiyatmoko, “BACK-END SYSTEM DESIGN BASED ON REST API,” Jurnal Teknik Informasi dan Komputer (Tekinkom), vol. 5, no. 1, p. 123, Jun. 2022, doi: 10.37600/tekinkom.v5i1.401.

Z. Umami and N. K. Ningrum, “PENGUJIAN IMPLEMENTASI REST API PADA WEBSITE SISTEM PENCARIAN INFORMASI PRODUK FASHION DI SHOPEE Penulis Korespondensi,” 2020. [Online]. Available: http://www.jurnal.umk.ac.id/sitech

S. Noorlima Yanti and E. Rihyanti, “Penerapan Rest API untuk Sistem Informasi Film Secara Daring,” vol. 6, no. 1, pp. 195–201, 2021, doi: 10.32493/informatika.v6i1.10033.

R. Rizal and A. Rahmatulloh, “RESTful Web Service untuk Integrasi Sistem Akademik dan Perpustakaan Universitas Perjuangan,” 2019.

O. Dwi Arianto and Y. A. Susetyo, “PENERAPAN RESTFUL WEB SERVICE DENGAN FRAMEWORK LARAVEL UNTUK PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA,” 2022.

H. Wakkang and B. Irianto, “IMPLEMENTASI WEB SERVICE DENGAN METODE REST API UNTUK INTEGRASI DATA COVID 19 DI SULAWESI SELATAN,” vol. 2, no. 1, pp. 12–22, 2022, doi: 10.31850/jsilog.v2i1.

I. A. Kaniya et al., “PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI RESTFUL API PADA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DOSEN UNIVERSITAS UDAYANA,” 2022.

W. Kurniawan, R. Raharto, A. Komunitas Toyota Indonesia, and I. Artikel, “Implementasi Kanban untuk Meminimalisir Kesalahan Penempatan pada Inventory System,” Jurnal Sekretari dan Manajemen, vol. 6, no. 2, 2022, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta

A. Gunawan Purwanto, R. Yohanes Wijaya, and I. Budi Trisno, “JISA (Jurnal Informatika dan Sains) Website System Design Using Agile Kanban Based On QR Code,” 2022.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Tansa, L., & Amini, S. (2023). PENERAPAN WEB SERVICE UNTUK MANAJEMEN TUGAS DI PT SINEMART INDONESIA . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 2164–2173. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/802

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>