Implementasi Algoritma Rivest Code 4 (RC4) Untuk Pengamanan Dokumen Berbasis Web Pada PT. Tri Tunggal Multikreasi

Penulis

  • Gilang Rassia Raudha Universitas Budi Luhur
  • Safrina Amini Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Kriptografi, Enkripsi, Dekripsi

Abstrak

Perkembangan teknologi di era global yang terjadi saat ini membawa dampak kebebasan yang berlebihan. Terutama pada perlindungan informasi dan data. Penggunaan media komunikasi oleh semua orang memiliki dampak negatif terhadap keamanan informasi data. Data saat ini sangat rentan terhadap gangguan dan pencurian oleh pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab. Hal ini menyebabkan perusahaan khawatir tentang keamanan data perusahaannya, mengingat banyaknya dokumen penting yang bersifat rahasia. Untuk mencegah hal tersebut maka diperlukan suatu teknik yang mampu melindungi keamanan dokumen perusahaan. Dengan demikian, dibuatlah aplikasi yang mampu mengamankan dokumen penting yang bersifat rahasia. Dalam perancangannya aplikasi akan dibuat meggunakan teknik dengan cara proses enkripsi. Peneliti akan mengimplementasikan algoritma kriptografi Rivest Code-4 (RC4), Kriptografi RC4 adalah salah satu algoritma yang bisa dipakai untuk mengenkripsi data supaya data otentik hanya bisa diketahui oleh orang yang mempunyai key enkripsi tersebut. Aplikasi ini diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Peneliti berharap dengan dibuatnya aplikasi ini dokumen perusahaan menjadi aman dan terlindungi. Pada aplikasi ini, data yang dienkripsi hanya berupa dokumen perusahaan yang bersifat rahasia dan hanya orang tertentu pada perusahaan tersebut yang dapat mengakses aplikasi ini. Berdasarkan penerapan dan uji coba program, peneliti bisa menyimpulkan dokumen perusahaan yang bersifat penting dan rahasia mampu diamankan dan dilindungi.

Referensi

R. Damanik, "Sistem Enkripsi Dan Dekripsi Serta Penyembunyian File Teks Menggunakan Algoritma RC4 Dan End Of File Pada Citra Digital," Jurnal ISD, vol. 3, no. 1, pp. 50-56, 2018.

A. Kodir and W. Pramusinto, "Implementasi Kriptografi Dengan Menggunakan Metode Rc4 Dan Base64 Untuk Mengamankan Database Sekolah Pada SDN Grogol Utara 10," SKANIKA, vol. 4, no. 1, pp. 7-14, 2021.

H. Kusniyati, S. Diansyah and R. Yusuf, "Penerapan Algoritma Rivert Code 4 (RC4) Pada Aplikasi Kriptografi Dokumen," PETIR, vol. 11, no. 1, pp. 38-47, 2018.

A. Lesmana and R. T. Shinta, "Aplikasi Pengamanan Email Berbasis Android Dengan Algoritma Kriptografi AES-128 dan RC4 Pada PT Tirta Investama," SKANIKA, vol. 1, no. 2, pp. 534-539, 2018.

R. Maulana and R. M. Simanjorang, "Implementasi Kriptografi Untuk Pengamanan Data Pribadi Siswa SMA Swasta Jaya Krama Beringin Dengan Algoritma RC4," Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, vol. 4, no. 6, pp. 377-383, 2021.

A. R. Pambudi and W. , "Implementasi Kriptografi Pada Email Menggunakan Algoritma Rivest Code 4 (RC4) dan Data Encryption Standart (DES) Berbasis Java Desktop Pada PT Vepro Nusa Persada," SKANIKA, vol. 1, no. 3, pp. 1267-1272, 2018.

R. Rivaldi and S. , "Implementasi Pengamanan Data Arsitektur Menggunakan Metode Kriptografi dengan Algoritma Rivest Code 4 (RC4) Pada PT. Naviri Indah Cemerlang," SKANIKA, vol. 4, no. 2, pp. 63-67, 2021.

Sumandri, "Studi Model Algoritma Kriptografi Klasik dan Modern," Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 2017.

S. Waluyo and D. V. Kanahebi, "Sistem Pengamanan File Menggunakan Algoritma RC4," Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi (SEMNAS RISTEK), 2021.

Yusfrizal, "Rancang Bangun Aplikasi Kriptografi Pada Teks Menggunakan Metode Reverse Chiper Dan Rsa Berbasis Android," JTIK, vol. 3, no. 2, pp. 29-37, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Raudha, G. R., & Amini, S. (2022). Implementasi Algoritma Rivest Code 4 (RC4) Untuk Pengamanan Dokumen Berbasis Web Pada PT. Tri Tunggal Multikreasi. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 310–318. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/278

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>