Penerapan Web Service Rest Api Dengan Algoritma Adaptive Huffman Coding Pada PT. Rumah Konsepindo Kreasi

Penulis

  • Rizqi Aditiya Teknik informatika, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur
  • Safrina Amini Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

web service, EO, REST API, adaptive huffman coding

Abstrak

Web Service adalah perangkat lunak yang dapat digunakan sebagai tautan untuk memungkinkan para pengguna untuk memecahkan masalah dan mengintegrasikan sistem yang berbeda. Dengan demikian sebuah web service dapat saling bertukar data tanpa bergantung pada sumber database, bahasa yang digunakan, kemampuan inilah yang menjadikan web service semacam jembatan bagi sistem yang berlainan. Dan dengan demikian, web service menyediakan layanan yang ada pada sistem lama agar dapat berkomunikasi dengan sistem yang baru tanpa melakukan perubahan pada keduanya. EO adalah salah satu penyedia jasa professional dalam penyelenggara berbagai acara baik secara formal maupun non formal, yang bertugas untuk membantu client dalam menyelenggarakan acara yang diinginkan. Berdasarkan pemaparan dari pihak PT. Rumah Konsepindo Kreasi perusahaan ini bergerak di bidang jasa yaitu EO atau biasa disebut dengan Event Organizer. Disini akan menjelaskan bagaimana mengimplementasikan web service dengan menggunakan metodenya REST API pada pertukaran data dengan bentuk JSON. Pada penelitian ini penulis dapat membuat halaman web dengan membuat web service dengan metode REST API pada saat pengambilan data. Pada bagian metode Adaptive Huffman Coding yaitu untuk mengurangi data citra yang akan disimpan ke server database. Data citra ini memiliki format PNG atau JPEG diubah menjadi array buffer sebagai penyimpanan sementara. Lalu, array buffer ditransformasikan menjadi bitmap, ketika bitmap yang telah diterima oleh sistem akan mengambil nilai RGBA, dan width serta height yang merepresentasikan citra tersebut. Kontribusi penelitian ini adalah untuk mengatasi terjadinya pemesanan event yang diperlukan pada perusahaan dengan menggunakan web service, REST API sebagai proses pengambilan datanya dan agar terintegrasinya data yang akan langsung tersimpan kedalam database. Hasil penelitian ini adalah yaitu merancang web service pada sistem pemesanan event, yang dapat membantu user dalam melakukan proses pemesanan event yang diperlukan, dan REST API sebagai pertukaran datanya.

Referensi

N. S. F. A. Bahtyar, "Implementasi Web Service Pada Sistem Rekam Medis Terpusat," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, Vol. 3, No. 1, Pp. 651-656, 2019.

S. Sibagariang, "Penerapan Web Service Pada Perpustakaan Berbasis Android," Jurnal Mahajana Informasi, Vol. 1, No. 1, Pp. 28-32, 2016.

A. A. Romi Choirudin, "Implementasi REST API Web Service Dalam Membangun Aplikasi Multiplatform Untuk Usaha Jasa," Jurnal MATRIK, Vol. 18, No. 2, Pp. 284-293, 2019.

Sepandi, "Penerapan Algoritma Adaptive Huffman Coding Pada Aplikasi Kumpulan Komik Berbasis Android," Pelita Informatika : Informasi Dan Informatika, Vol. 9, No. 2, Pp. 136-141, 2020.

A. T. P. Prasetyo Bella Ramadhanu, "Rancang Bangun Web Service API Aplikasi Sentralisasi Produk UMKM Pada UPTD PLUT KUMKM Provinsi Lampung," Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), Vol. 2, No. 1, Pp. 59-64, 2021.

H. F. R. Irfan Kurniawan, "REST API Menggunakan Nodejs Pada Aplikasi Transaksi Jasa Elektronik Berbasis Android," Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi (JITSI), Vol. 1, No. 4, Pp. 127-132, 2020.

H. W. B. I. Baharuddin, "Implementasi Web Service Dengan Metode REST API Untuk Integrasi Data Covid 19 Di Sulawesi Selatan," Jurnal Sintaks Logika (Jsilog), Vol. 2, No. 1, Pp. 236-241, 2022.

R. D. R. Yusrizal, "Rancang Bangun Layanan Web (Web Service) Untuk Aplikasi Rekam Medis Praktik Pribadi Dokter," KITEKTRO : Jurnal Online Teknik Elektro, Vol. 2, No. 1, Pp. 1-8, 2017.

M. A. I. P. Erry Julio, "Implementasi API Payment Gateway Menggunakan Arsitektur Microservice," JURNAL INFORMATIKA, Vol. 8, No. 2, Pp. 123-130, 2021.

M. M. Amin, "Interoperabilitas Perangkat Lunak Menggunakan Restful Web Service," REGISTER : Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, Vol. 4, No. 1, Pp. 14-22, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Aditiya, R., & Amini, S. (2022). Penerapan Web Service Rest Api Dengan Algoritma Adaptive Huffman Coding Pada PT. Rumah Konsepindo Kreasi. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1073–1082. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/230

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>