PENERAPAN ALGORITME RSA DAN HUFFMAN ENCODE UNTUK PENGAMANAN FILE PADA SMP NEGERI 16 JAKARTA

Penulis

  • Achmad Sultan Wijaya Universitas Budi Luhur
  • Painem Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

keamanan data, Kriptografi, rivest samir adleman (RSA), huffman encode

Abstrak

Keamanan informasi merupakan hal yang sangat penting, terutama dengan perkembangan teknologi software dan penggunaan internet yang semakin luas. Keamanan informasi berkaitan erat dengan upaya mencegah pencurian data atau informasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, yang dapat mengakses atau mengubah informasi tersebut. Tujuan dari pengamanan informasi adalah melindungi informasi agar tidak dapat diakses oleh orang yang tidak berwenang. Dalam konteks sekolah SMP 16 Negeri Jakarta, keamanan data sering diabaikan, sehingga data yang disimpan dalam file dokumen rentan terhadap pencurian dan kehilangan data. Dalam penelitian ini, dilakukan pengimplementasian kriptografi dengan metode Rivest Shamir Adleman (RSA) dan Huffman Encode untuk mengamankan data dalam file dokumen. Metode Rivest Shamir Adleman adalah algoritme kriptografi asimetris yang menggunakan sepasang kunci publik dan kunci pribadi. Metode ini memiliki keamanan yang tinggi karena kesulitan dalam memfaktorkan bilangan prima. Selain itu, algoritme Huffman digunakan sebagai algoritme pengkodean yang memampukan kompresi data dengan mengkodekan karakter yang sering muncul menggunakan rangkaian bit yang lebih pendek. Dengan mengimplementasikan aplikasi kriptografi menggunakan metode Rivest Shamir Adleman, data-data penting dapat diamankan secara maksimal dengan teknik enkripsi pada file dokumen. Penelitian ini membuktikan bahwa metode Rivest Shamir Adleman dan Huffman Encode efektif dalam menjaga keamanan data dalam file dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode Rivest Shamir Adleman (RSA) dan Huffman Encode, keamanan file di SMP 16 Negeri Jakarta berhasil ditingkatkan dan proses enkripsi memiliki efektivitas yang baik. Waktu rata-rata proses enkripsi adalah 7413,1 milidetik, sedangkan waktu rata-rata proses dekripsi adalah 7162,7 milidetik. Ukuran file rata-rata setelah proses enkripsi adalah 10072400 byte, sedangkan ukuran rata-rata setelah proses dekripsi adalah 551100 byte. Selain itu, metode Huffman Encode menghasilkan waktu rata-rata proses enkripsi sebesar 79 milidetik dan waktu rata-rata proses dekripsi sebesar 310,8 milidetik. Ukuran file rata-rata setelah proses enkripsi adalah 3357700 byte, sedangkan ukuran rata-rata setelah proses dekripsi adalah 551100 byte.

Referensi

Sutejo, “IMPLEMENTASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI RSA (RIVEST SHAMIR ADLEMAN) UNTUK KEAMANAN DATA REKAM MEDIS PASIEN IMPLEMENTATION OF RSA CRYPTOGRAPHY ALGORITHM (RIVEST SHAMIR ADLEMAN) FOR PATIENT MEDICAL RECORD DATA SECURITY,” Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), vol. 4, no. 1, 2021.

R. Lestari, R. Buaton, and I. Gultom, “Penerapan Algoritma OTP dan Algoritma RSA CRT dalam Pengamanan Citra,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD, vol. 4, no. 2, pp. 180–190, 2021, [Online]. Available: https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsk/index

S. Suhandinata, R. A. Rizal, D. O. Wijaya, P. Warren, and S. Srinjiwi, “ANALISIS PERFORMA KRIPTOGRAFI HYBRID ALGORITMA BLOWFISH DAN ALGORITMA RSA,” JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), vol. 6, no. 1, pp. 1–10, Dec. 2019, doi: 10.33330/jurteksi.v6i1.395.

Rosanny N Sihombing, “Implementasi Algoritma Multi Group Huffman Dalam Kompresi File Teks Dokumen,” Buletin Ilmiah Informatika Teknologi, vol. 1, no. 3, pp. 76–82, 2023, [Online]. Available: https://ejurnal.amikstiekomsu.ac.id/index.php/BIIT

W. Wahyudi, D. Hartama, I. O. Kirana, S. Sumarno, and I. Gunawan, “Implementasi Algoritma Kriptografi Rivest Shamir Adlemen untuk Mengamankan Data Ijazah pada SMK Swasta Prama Artha Kab. Simalungun,” Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, vol. 2, no. 1, pp. 57–66, Jan. 2022, doi: 10.54082/jiki.19.

Giri Adi Nuryanto and Hari Murt, IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI PADA APLIKASI MEMO BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA RSA. 2019.

Febri Dwinata Yonathan, Helfi Nasution, and Heri Priyanto, “Aplikasi Pengaman Dokumen Digital Menggunakan Algoritma Kriptografi Hybrid dan Algoritma Kompresi Huffman,” Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika, vol. 7, no. 2, 2021.

M. Harun Alfirdaus et al., “Perancangan Aplikasi Enkripsi Deskripsi Mengunakan Metode Caesar Chiper Berbasis Web,” 2023.

M. Ziaurrahman, Ema Utami, and Ferry Wahyu Wibowo, “APLIKASI SECURE-MESSAGE DENGAN ALGORITMA RC6 (RIVEST CODE 6) BERBASIS ANDROID,” JURNAL INFORMATIKA DAN TEKNOLOGI INFORMASI, vol. 4, no. 2, pp. 63–130, 2019, [Online]. Available: http://e-journal.janabadra.ac.id/

S. Dwi Nurcahya, “Implementasi Aplikasi Kriptografi Metode Kode Geser Berbasis Java,” Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, vol. 5, no. 4, 2022.

H. Setiawan, M. I. Kamila, and Y. Yulandi, “ANALISIS KECEPATAN ENKRIPSI DEKRIPSI DAN ALOKASI MEMORI MENGGUNAKAN ALGORITMA DES, 3DES DAN ELGAMAL,” INTI Nusa Mandiri, vol. 17, no. 2, pp. 70–77, Feb. 2023, doi: 10.33480/inti.v17i2.3900.

I. Listiani et al., “PERANCANGAN KEAMANAN DATA PASIEN DI KLINIK KECANTIKAN RATU BEAUTY STUDIO MENGGUNAKAN METODE KRIPTOGRAFI RSA,” 2022.

Jafarudin Firdaus, Rini Marwati, and Sumanang Muhtar Gozali, “PENYANDIAN PESAN MENGGUNAKAN KOMBINASI ALGORITMA RSA YANG DITINGKATKAN DAN ALGORITMA ELGAMAL,” Departemen Pendidikan Matematika FPMIPA UPI, vol. 6, no. 1, pp. 23–32, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Sultan Wijaya, A., & Painem. (2023). PENERAPAN ALGORITME RSA DAN HUFFMAN ENCODE UNTUK PENGAMANAN FILE PADA SMP NEGERI 16 JAKARTA . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 73–82. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/798

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>