IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI MENGGUNAKAN ALGORITME ADVANCED ENCRYPTION STANDART(AES-128) MENGAMANKAN DATA CUSTOMER PT.SARANA TEKNIK INTERNUSA

Penulis

  • Muhammad Ridho Universitas Budi Luhur
  • Dewi

Kata Kunci:

PT. Sarana Teknik Internusa, Kriptografi, Advanced Encryption Standard (AES-128), Plaintext, Chipertext, Enkripsi dan Dekripsi

Abstrak

PT. Sarana Teknik Internusa memiliki masalah untuk meyimpan data penting yang rapih dan aman.PT. Sarana Teknik Internusa adalah perusahaan dalam bidang penjualan filter udara cukup lama berdiri. Untuk menyimpan data penjualan dan lainya harus memiliki suatu aplikasi pengamanan data. Supaya tidak terjadi kehilangan atau kebocoran data pada PT. Sarana Teknik Internusa dibutuhkan suatu aplikasi atau web untuk mengamankan datanya. Kriptografi adalah teknik pengamanan informasi yang melibatkan pengolahan informasi awal (plaintext) menggunakan sebuah kunci dalam proses enkripsi. Hal tersebut dapat menghasilkan pesan baru yang disebut chipertext, yang untuk membacanya tidak dapat secara langsung. Untuk mengembalikan chipertext menjadi informasi awal, diperlukan proses deskripsi yang menggunakan kunci yang sama. Dengan demikian, kriptografi memungkinkan pengamanan informasi melalui proses enkripsi dan deskripsi. Dengan kriptografi bisa menjaga kerahasiaan file penting PT Sarana Internusa. Kriptografi yang digunakan akan memakai metode “Advanced Encryption Standard” (AES-128) adalah sebuah algoritme kriptografi simetris yang secara luas digunakan untuk melindungi keamanan data dalam berbagai aplikasi dan protokol. Penerapan kriptografi memungkinkan PT Sarana Internusa untuk menjaga kerahasiaan file-file penting mereka. Dalam konteks ini, kriptografi yang akan digunakan adalah metode "Advanced Encryption Standard (AES-128)", yang merupakan sebuah algoritme kriptografi simetris yang telah terbukti secara luas digunakan untuk melindungi keamanan data dalam berbagai aplikasi.

Referensi

Akbar, F., & Waluyo, S. (2018). Sistem Keamanan Database Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard (AES-128) Studi Kasus: Red Avenue Indonesia. SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika, 1(2), 821-828.

Rahmawati, R., & Rahardjo, D. (2016). Aplikasi Pengamanan Data Menggunakan Algoritma Steganografi Discrete Cosine Transform dan Kriptografi AES 128 BIT pada SMK PGRI 15 Jakarta. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 2(1).

Hadi, W. K., & Mulyati, S., “Pengamanan Aplikasi Chatting Pada Perangkat Android Menggunakan Kriptografi Dengan Metode Advanced Encryption Standard (AES) 128 Pada PT. Salam Medina Indonesia”, Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur), 14(2), 2017.

Gadja, A. L., & Belutowe, Y. S., “Pengamanan Website Pengarsipan Dokumen Penting Di Polda Nusa Tenggara Timur Dengan Algoritma AES-128”, In Seminar Nasional & Konferensi Ilmiah Sistem Informasi, Informatika & Komunikasi (pp. 636-641), 2018, November.

Tampubolon, N. B., Isnanto, R. R., & Sinuraya, E. W., “Implementasi Dan Analisis Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) Pada Tiga Variasi Panjang Kunci Untuk Berkas Multimedia”. Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, 4(4), 1008-10112, 2016.

Mukhtar, H. Kriptografi untuk Keamanan Data. Deepublish. 2018.

Amin, M. M. Implementasi Kriptografi Klasik Pada Komunikasi Berbasis Teks. Pseudocode, 3(2), 129-136. 2016.

Sasongko, J. Pengamanan Data Informasi menggunakan Kriptografi Klasik. Dinamik, 10(3). 2005.

Ginting, A., Isnanto, R. R., & Windasari, I. P., “Implementasi Algoritma Kriptografi RSA untuk Enkripsi dan Dekripsi Email”. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 3(2), 253-258, 2015.

Pabokory, F. N., Astuti, I. F., & Kridalaksana, A. H., “Implementasi Kriptografi Pengamanan Data Pada Pesan Teks, Isi File Dokumen, dan File Dokumen Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard”. Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 10(1), 20-31, 2016.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Ridho, M., & Kusumaningsih, D. (2023). IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI MENGGUNAKAN ALGORITME ADVANCED ENCRYPTION STANDART(AES-128) MENGAMANKAN DATA CUSTOMER PT.SARANA TEKNIK INTERNUSA. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 269–278. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/915

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>