Algoritma FP-Growth Untuk Mengkaji Pola Belanja Konsumen Pada Baby Shop By Netti

Penulis

  • Ilham Maulana Gufron Universitas Budi Luhur
  • Utomo Budiyanto Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

data mining, algoritma fp-growth, association rules, tahapan data mining, market basket analisis

Abstrak

Baby Shop By Netti yang berdiri sejak tahun 2017 bergerak di bidang perlengkapan bayi dengan fokus produk utamanya yaitu pakaian bayi, mainan bayi, dan berbagai macam produk pendukung lainnya. Toko ini harus memenuhi kebutuhan konsumen dan dituntut memenuhi untuk mengambil langkah yang tepat dalam menentukan strategi penjualan. Seiring dengan data penjualan yang setiap hari makin bertambah serta berkaitan dengan tingkah laku para pembeli yang selalu berubah-ubah menuntut terciptanya suatu teknologi yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan data mining menggunakan Frequent Pattern Growth (FP-Growth) adalah salah satu alternatif algoritme yang dapat digunakan untuk menentukan himpunan data yang sering muncul, data mining sendiri adalah Proses menemukan hubungan, pola, dan tren yang bermakna dengan memeriksa kumpulan data besar yang disimpan dalam memori menggunakan teknik pengenalan pola seperti teknik statistik dan matematika.  Algoritma FP-Growth merupakan salah satu algoritma data mining yang dapat menemukan pola asosiasi yang fungsinya untuk menemukan relasi atau korelasi antara himpunan item-item. Adapun beberapa tahapan data mining yaitu seleksi data, pemilihan data , transformasi, data mining, intrepertasi. Aturan asosiasi diartikan pada basket data yang digunakan untuk keperluan promosi, desain katalog untuk meningkatkan penjualan. Hasil penelitian ini ditemukan aturan asosiasi yang paling tinggi sebesar 30%  dengan nilai lift 1.98% pada aturan “Jika membeli theeter bayi maka membeli kaus kaki anak”

Referensi

H. Herasmus, “Analisa Customer Service System Menggunakan Metode Data Mining Dengan Algoritma FP-Growth (Studi Kasus Di PT Batamindo Investment Cakrawala),” Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI), vol. 2, no. 2. hal. 37–49, 2017, doi: 10.36352/jt-ibsi.v2i2.57.

A. Nastuti dan S. Z. Harahap, “Teknik Data Mining Untuk Penentuan Paket Hemat Sembako Dan Kebutuhan Harian Dengan Menggunakan Algoritma FP-Growth (Studi Kasus Di Ulfamart Lubuk Alung),” J. Ilm. Fak. Sains dan Teknol., vol. 7, no. 3, hal. 111–119, 2019.

A. A. Fajrin dan A. Maulana, “Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma FP-Growth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor,” Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 5, no. 1, hal. 27–36, 2018, doi: 10.20527/klik.v5i1.100.

H. E. Simanjuntak dan Windarto, “Analisa Data Mining Menggunakan Frequent Pattern Growth pada Data Transaksi Penjualan PT Mora Telematika Indonesia untuk Rekomendasi Strategi Pemasaran Produk Internet,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 4, hal. 914–923, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i4.2300.

D. Supriyadi, A. Mahardika, dan A. Febriani, “Penerapan Association Rule Mining Berbasis Algoritma Frequent Pattern Growth untuk Rekomendasi Penjualan,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 7, no. 2, hal. 135–148, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i2.339.

Rusnandi, Suparni, dan A. B. Pohan, “Penerapan Data Mining Untuk Analisis Market Basket Dengan Algoritme FP-Growth Pada Pd Pasar Tohaga,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, hal. 119–133, 2020, doi: 10.23887/janapati.v9i1.19349.

Y. P. Bunda, “Algoritma FP-Growth Untuk Menganalisa Pola Pembelian Oleh-Oleh (Studi Kasus Di Pusat Oleh-Oleh Ummi Aufa Hakim),” Riau J. Comput. Sci., vol. 06, no. 01, hal. 34–44, 2020.

A. Anas, “Penerapan Algoritma FP-Growth Dalam Menentukan Perilaku Konsumen Ghania Mart Muara Bulian,” J. Ilm. Media Sisfo, vol. 14, no. 2, hal. 120–129, 2020, doi: 10.33998/mediasisfo.2020.14.2.879.

S. Suhada, D. Ratag, Gunawan, D. Wintana, dan T. Hidayatulloh, “Penerapan Algoritma FP-Growth Untuk Menentukan Pola Pembelian Konsumen Pada AHASS Cibadak,” J. Swabumi, vol. 8, no. 2, hal. 118–126, 2020, doi: 10.31294/swabumi.v8i2.8077.

C. P. Hutabarat dan Guntoro, “Penerapan Data Mining Association Rule Menggunakan Algoritma FP-Growth Untuk Persediaan Sparepart Pada Bengkel,” J. Komtika (Komputasi dan Inform., vol. 5, no. 2, hal. 112–121, 2021, doi: 10.31603/komtika.v5i2.6251.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Gufron, I. M., & Budiyanto, U. (2022). Algoritma FP-Growth Untuk Mengkaji Pola Belanja Konsumen Pada Baby Shop By Netti. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 479–487. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/116

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama