Game “Battle Of Surabaya November 10 1945” Berbasis Desktop

Penulis

  • Mochamad Farhan Universitas Budi Luhur
  • Titin Fatimah Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

game, unity3D, FPS, pahlawan

Abstrak

Game pada beberapa orang saat ini telah menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan. Karena menariknya sebuah game selain memiliki nilai positif yaitu menjadi sebagai hiburan dan juga sebagai media pembelajaran atau edukasi, terdapat juga nilai negatif yaitu minat belajar orang-orang bisa saja berkurang dan orang-orang mungkin lupa akan sejarah Indonesia yang biasanya kita temui dipelajaran sekolah salah satu contohnya yaitu perang Surabaya 10 November 1945 untuk menaikkan minat belajar orang indonesia melalui game. Dari permasalahan yang telah didapat maka tujuan penelitian ini adalah untuk membuat game yang bisa mengedukasi remaja hingga dewasa dengan sejarah perang Surabaya melalui game .Dengan genre game First Person Shooter (FPS) dan berbasis desktop diharapkan pemain bisa merasakan rasa perjuangan para pahlawan Surabaya melalui game yang telah dibuat .Kemudian penulisan ilmiah ini game yang akan dibuat akan menggunakan game engine Unity 3D dan juga dibuat dengan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Pengujian fungsionalitas pada game ini telah berjalan dengan baik tanpa ada error dan juga pengujian dengan melakukan kusioner yang diberikan kepada 20 orang. Dari kusioner yang disebar game dapat membantu mengenalkan sejarah, dengan presentase 45% sangat setuju, 50 % setuju dan 5% kurang setuju. Kemudian juga pengguna mendapatkan manfaat dari game ini dengan presentase 40% sangat setuju dan 60% setuju. Diharapkan para pemain bisa mengingat kembali salah satu sejarah yaitu perang Surabaya 10 November 1945.

Referensi

A. Nilwan, Pemrograman Animasi dan Game Professional 4, Jakarta: Elex Media Komputindo, 1998.

A. and R. , Fundamentals Of Game Design, Barkeley: CA: New Riders, 2007.

W. Novayani, "Game Genre untuk Permainan Pembelajaran Sejarah," Jurnal Politeknik Caltex Riau, vol. 5, pp. 54-63, 2019.

E. Belinda and A. Susanto, "Gaming Community Arena," Jurnal Stupa, vol. 1, pp. 1819-1840, 2019.

E. Kusuma, S. Anwar, H. Risman and R. Arief, "Pertempuran Surabaya Tahun 1945 Dalam Perspektif Perang Semesta," Jurnal Inovasi Penelitian, vol. 1, pp. 2825-2836, 2021.

A. C. Frobenius, "Perencanaan dan Evaluasi User Interface untuk Aplikasi," Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, vol. 9, pp. 135-143, 2021.

N. Darna and E. Herlina, "Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen," Jurnal Ilmu Manajamen Universitas Galuh Ciamis, vol. 1, pp. 287-292, 2018.

M. H. Putra. P, P. W. Atmaja and H. E. Wahanani, "Pembuatan Game Heroes Conquest Menggunakan Unity," Seminar Nasional Informatika Bela Negara (SANTIKA), vol. 2, pp. 78-87, 2021.

D. Kusnady and A. Siregar, "Sistem Informasi Biaya Pendidikan (BPP) pada Politeknik Ganesha Medan Berbasis Web," Jurnal Insitusi Politeknik Ganesha Medan Juripol, vol. 1, pp. 9-13, 2018.

N. L. P. A. Wedayanti, N. K. A. Wirdiani and I. K. A. Purnawan, "Evaluasi Aspek Usability pada Aplikasi Simalu Menggunakan Metode Usability Testing," MERPATI, vol. 7, pp. 113-124, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Farhan, M., & Fatimah, T. (2022). Game “Battle Of Surabaya November 10 1945” Berbasis Desktop. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 914–923. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/146

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>