Sistem Monitoring Dan Pemberian Pakan Ikan Otomatis Menggunakan ESP32CAM Berbasis Web

Penulis

  • Rifki Alfarez Riantama Universitas Budi Luhur
  • Titin Fatimah Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

pakan ikan otomatis, turbidity, sensor suhu ds 18b20, nodemcu, aplikasi berbasis web

Abstrak

Pemberian pakan ikan merupakan kegiatan rutin yang sering terlewatkan oleh pembudidaya ikan karena lupa atau adanya kesibukan lainnya yang sulit ditinggalkan maka untuk mengatasi masalah ini dibuatlah sebuah alat pemberi pakan ikan otomatis. Pemberikan pakan dilakukan secara otomatis berdasarkan waktu yang telah ditentukan atau disetting sebelumnya. Maka dirancanglah sebuah sistem monitoring dan pemberian pakan ikan otomatis menggunakan esp32cam berbasis web. Alat ini menggunakan mikrokontroller nodeMCU sebagai alat pengendali untuk menggerakan sistem secara keseluruhan dan menggunakan sensor turbudity untuk mendeteksi tingkat kekeruhan air. Sensor suhu ds18b20  mendeteksi suhu air, motor servo untuk membuka mekanik pemberi pakan ikan (feeder) dan alat ini juga menggunakan relay yang berfungsi untuk mematikan dan menghidupkan kipas (fan) yang berfungsi untuk menurunkan suhu air. Semua data yang masuk ke NodeMCU akan dikirim ke database mysql dan ditampilkan di aplikasi berbasis web. Pemberian pakan dilakukan berdasarkan waktu yang telah ditentukan di awal. Pada sistem monitoring kekeruhan pada kolam,  jika tingkat kekeruhan (NTU) lebih dari  lebih dari 70 NTU maka ditentukan air sudah keruh, maka buzzer akan berbunyi dan status air di web menjadi keruh.  Jika suhu air lebih dari 35 derajat celcius maka ditentukan status air “panas” dan relay akan menyalakan kipas untuk menurunkan suhu air. Penelitian ini menggunakan motodelogi prototipe pada kegiatan perancangannya. Hasil dari penelitian ini adalah dapat melakukan monitoring kekeruhan dan suhu air serta proses pemberian pakan ikan secara otomatis.

Referensi

Ali Basrah Pulungan, "Sistem Kendali Kekeruhan Dan pH Air Kolam Budidaya Ikan Nila," ELKHA , vol. 12, no. 2, pp. 99-104, Oct. 2020.

Ivan Bagus Prasetiyo, "Perancangan Smart Aquarium Menggunakan Sensor Turbidity dan Sensor Ultransonik Pada Akuarium Ikan Air Tawar Berbasis Arduino Uno," Jurnal Teknologi , vol. 13, no. 2, 2021.

Muhammad Aulia Baihaqy, "Perancangan Sistem Absensi Siswa Berbasisradio Frequency Identification (RFID) Dengan Menggunakan Nodemcu V2 Di PT. Cazh Teknologi Inovasi," Institut Teknologi Telkom Purwokerto, vol. 4, no. 2, 2020.

Prastyo& Aris E. (2020). Turbidity Sensor (Kekeruhan Air) SEN0189. [online] Available at:https://www.edukasielektronika.com/2020/11/turbidity-sensor-kekeruhan-air-sen0189.html?m=1 [Accessed 12 Jun. 2022].

Elga Aris Prastyo. (2020) www.edukasielektronika.com. [Online]. https://www.edukasielektronika.com/2020/11/turbidity-sensor-kekeruhan-air-sen0189.html

Supriadi and Putra,Ali S. (2019). Perancangan Sistem Penjadwalan dan Monitoring Pemberi Pakan Ikan Otomatis Berbasis Internet of Thing. Jurnal Aplikasi dan Inovasi IPTEKS 2(1). ISSN: 2620-5068.

Ade Mubarok, "Sistem Keamanan Rumah Menggunakan RFID, Sensor PIR dan Modul GSM Berbasis Mikrokontroler," Jurnal Informatika, 2018.

Lucky Aggazi Subagyo, "Sistem Monitoring Arus Tidak Seimbang 3 Fasa Berbasis Arduino Uno," Jurnal Teknik Elektro, vol. 6, no. 3, 2017.

Riyan Effendi, "Rancang Bangun Alat Monitoring Suhu, Kelembapan Tanah dan PH Tanah Pada Lahan Pertanian Tanaman Padi Berbasis Arudiono," University of Muhammadiyah Malang, vol. 2, no. 1, 2019.

Muhammad Naufal Ghifari, "Perancangan Dan Implementasi Jam Waktu Salat Berbasis Arduino," elibary unikom, vol. 2, no. 2, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Riantama, R. A., & Fatimah, T. (2022). Sistem Monitoring Dan Pemberian Pakan Ikan Otomatis Menggunakan ESP32CAM Berbasis Web. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 724–733. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/24

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>