Penerapan Metode Finite State Machine Game 2D Adventure Kebokicak dan Surontanu Berbasis Andorid

Penulis

  • Mohamad Riko Febrianto Universitas Budi Luhur
  • Titin Fatimah Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

budaya, cerita rakyat, game 2d, finite state machine

Abstrak

Indonesia adalah negara yang kaya akan keunikan budayanya, namun masyarakat modern malu mengakuinya itu. Cerita rakyat adalah cerita tradisi lisan yang diturunkan dari generasi ke generasi dalam kehidupan masyarakat. Faktanya, cerita rakyat memiliki nilai moral, sebagai warisan budaya bangsa. Untuk mengenalkan cerita rakyat kepada anak-anak, remaja dapat memanfaatkan kemajuan teknologi, salah satunya adalah permainan. Dengan membangun game platform 2 dimensi berbasis Android yang menambah pengalaman tentang cerita rakyat di Indonesia seperti Cerita rakyat “Kebokicak dan Surontanu”. Untuk membantu sistem kendali animasi dengan model permainan 2 dimensi tersebut diperlukan suatu metode. salah satunya menggunakan Finite State Machine (FSM), Kelebihan dari FSM ini adalah sangat simple, efisien, mudah untuk berkembang dan dapat diandalkan dalam mengatasi berbagai macam situasi. Dari hasil implementasi dan pengujian, dapat disimpulkan bahwa game yang dibangun berdasarkan  persentase responden sebesar 82,24% dan finite state machine berhasil baik dan sesuai keinginan. Ini bisa diamati saat memainkan game animasi musuh yang sedang berjalan sesuai dengan kondisi tertentu dan telah berjalan sesuai dengan desain yang telah dibuat.

Referensi

N. Hoesen, “Rancang Bangun Game Berbasis Android Bertemakan Cerita Rakyat Betawi Si Pitung,” J. Esensi Infokom J. Esensi Sist. Inf. dan Sist. Komput., vol. 5, no. 2, pp. 32–37, 2022, doi: 10.55886/infokom.v5i2.279.

M. Budaya, T. Bangsa, B. A. Septa, and A. Saifudin, “Penerapan Algoritma Finite State Machine pada Game Horror 3D untuk,” Maret, vol. 4, no. 1, pp. 2622–4615, 2019, [Online]. Available: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/informatika

F. A. Asyraq, D. S. Hormansyah, and M. Astiningrum, “Implementasi Fsm (Finite State Machine) Pada Game Surabaya Membara,” J. Inform. Polinema, vol. 6, no. 2, pp. 11–17, 2020, doi: 10.33795/jip.v6i2.278.

M. H. Alqorni, “Penerapan Metode Finite State Machine Untuk Non Player Character Pada Game Lost in Space,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 111–119, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jati/article/view/2106%0Ahttps://ejournal.itn.ac.id/index.php/jati/article/download/2106/1841

F. Marzian and M. Qamal, “Game RPG ‘ The Royal Sword ’ Berbasis Desktop Dengan Menggunakan Metode Finite State Machine ( FSM ),” SISFO J. Ilm. Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 61–96, 2017.

Z. Cahya ardi wahana, S. Adi Wibowo, and A. Wahid, “Game Adventure Horror ‘Let’S Escape’ Dengan Unity Engine Berbasis Desktop Menggunakan Metode Finite State Machine,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 4, no. 2, pp. 306–314, 2020, doi: 10.36040/jati.v4i2.2709.

R. T. Andriansyah, “Penggunaan Metode Fsm Untuk Musuh Pada Game,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 582–588, 2018.

V. A. K. Siren, N. Y. Setiawan, and R. I. Rokhmawati, “Evaluasi kualitas perangkat lunak menggunakan ISO / IEC 9126-4 quality in use (Studi kasus : FILKOM Apps),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 2, pp. 1625–1632, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4537

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Febrianto, M. R., & Fatimah, T. (2022). Penerapan Metode Finite State Machine Game 2D Adventure Kebokicak dan Surontanu Berbasis Andorid. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 867–874. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/122

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>