Penerapan Website E-Commerce Berbasis CMS pada Toko Mumtaz

Penulis

  • Nino Karlito Parsaulian Simatupang Universitas Budi Luhur
  • Bima Cahya Putra Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

e-commerce, action figure, content managemeng system

Abstrak

Mumtaz yaitu suatu usaha milik perorangan yang bergerak dibidang penjualan action figure yaitu gundam. Berdirinya pada tahun 2020 untuk kalangan 18 tahun keatas. Dalam perkembangan teknologi serta media pemasaran membantu proses penjualan dan sangat mendukung untuk menghasilkan informasi dengan mudah, tepat, cepat, nan-efisien. Menggantikan sistem manual menjadi sistem terkomputerisasi itu sangat menguntungkan terhadap beberapa pihak yaitu pengusaha/bisnis. kendala dalam toko mumtaz yaitu penjualan dan pemasaran masih menggunakan sistem event to event dan Instagram sehingga kurang efektif, belum memiliki katalog barang sehingga menyulitkan pelanggan dalam pemesanan, serta menyulitkan staff dalam pembuatan  laporan penjualan karena masih menggunakan metode manual . Berdasarkan permasalahan pada toko mumtaz peneliti melakukan pembuatan sebuah website E-Commerce untuk memudahkan proses penjualan secara online. Metode yang diusulkan untuk menyelesaikan masalah adalah observasi, studi literatur, Business Model Canvas (BMC) dan untuk tahapan penyelesaian menggunakan tahapan penelitian (waterfall) serta menggunakan strategi search engine optimization(seo) agar memudahkan pelanggan dalam melakukan pencarian produk yang terkait. Penelitian bertujuan membantu proses pemasaran, membantu menyediakan informasi mengenai katalog barang yang disediakan pada toko mumtaz dan menyediakan laporan untuk pihak pemilik toko. Dalam pembuatan sistem website E-Commerce menggunakan sistem (CMS) wordpress beserta dengan plugin-plugin woocommerce yang dibutuhkan. Penelitian ini menghasilkan aplikasi E-Commmerce yang diharapkan dapat memaksimalkan penjualan gundam yang ada pada toko mumtaz.

Referensi

Alfin Gunawan dan Agus Umar Hamdani, 2021) P-ISSN: 2527-5321 dan E-ISSN:2527-5941 dengan judul “Implementasi E-Commerce Dengan Pendekatan BMC, CMS, SEO, Strategi Mix Marketing”.

Arman, A., Elizamiharti, & Muhammad Saf’an. (2019). “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Tanaman Hias Berbasis Online Sebagai Media Promosi”.

A. Wahana, "Rancang Bangun Marketplace Produk Kewirausahaan Mahasiswa UPY Berbasis Content Management System," Jurnal Dinamika Informatika, 7(1), pp. 73–81, 2018.

Gunawan, A. and Hamdani, U. A. (2021). “Implementasi E-Commerce dengan pendekatan BMC, CMS, SEO, Strategi Mix Marketing”.SemnasRistek,1-5.

Handayani, S (2018). “Perancangan Sistem Informasi Berbasis E-Commerce Toko Kun”. Jurnal Fikom UMI, 3-7

Rahman, S. (2018). Buku Sakti SEO WordPress dan Joomla. Jakarta: Elex Media Komputindo, 7.

Singgalen, Y. A. ., Sediyono, E., & Sembiring, I. (2022). “Analisis Bisnis Cenderamata Dan Jasa Perjalanan Wisata Menggunakan Businness Model Canvas (Bmc) Dan Metode Pieces”. Jurnal Unpad, Diambil dari http://jurnal.unpad.ac.id/adbispreneur/article/view/3366.

Rinto Rante Rerung, (2018). “Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi”. E-Commerce, Ed 1, Cet 1.Sungkawa, B., Supriatna, H., Wardani, H. W., & Maufiyyan, L. (2017). Pembangunan Online Booking Studio Menggunakan Wordpress pada Giva Music Studio Tangerang. Proceedings of the Informatics Conference,3(4).

Novriansyah, M. A. ., Navida, E. T. ., Zulkarnaen, R. ., Nurfaizah, E. ., & Somantri. (2022). “Sistem Penjualan Perikanan Menggunakan Woocommerce Wordpress: Sistem Penjualan Perikanan Menggunakan Woocommerce Wordpress”. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Mekatronika, Dan Ilmu Komputer (Sentimeter), 1(1). Diambil dari https://prosiding.sentimeter.nusaputra.ac.id/article/view/22

R. P. Hastanti, B. E. Purnama, and I. U. Wardati. (2018). “Sistem Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan”, Bianglala Informatika, 3(2), pp. 1-9.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Simatupang, N. K. P., & Putra, B. C. (2022). Penerapan Website E-Commerce Berbasis CMS pada Toko Mumtaz. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1949–1957. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/428