Prototipe Alat Penjemuran Baju Via Android dan Web Menggunakan Nodemcu ESP32

Penulis

  • David Khu Husin Universitas Budi Luhur
  • Ferdiansyah Ferdiansyah Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Internet of Things, Nodemcu esp32, Android, Web, Jemuran

Abstrak

Perubahan musim yang terjadi di indonesia sangat tidak menentu, hal ini dapat mempengerahui beberapa aspek salah satu adalah menjemur pakaian. Karena hal tersebut sangat tidak dapat diprediksi dengan cuaca yang terjadi di indonesia maka sangat menyulitkan penghuni rumah dalam menjemur pakaian ditambah jika penghuni rumah tidak ingat akan total baju yang di jemur pada saat berpergian. Oleh karena itu, perancangan bangun alat penjemuran baju via aplikasi android dan web menggunakan nodemcu esp32 dengan metode plc membantu penghuni rumah dalam menjemur pakaian baik itu dari total baju ataupun cuaca atau curah hujan yang terjadi. Perancangan ini menggunakan 3 sensor yang berbeda sensor dht11, sensor raindrops module, dan sensor infrared dengan 3 tambahan alat seperti buzzer, servo, dan nodemcu esp32 dengan menggunakan metode yang diusulkan ialah plc atau programming logic controller berfungsi untuk menggunakan logic untuk programmingnya dan controller untuk android dan web sehingga dapat mempermudah dalam pengontrollan alat. Tujuan dari penelitan ini ditujukan untuk masyarakat yang sering kali kesusahan ketika hujan dan mendung yang harus mengangkat pakaian yang ia jemur, sehingga dengan adanya penelitian berupa prototype bisa diimplementasikan ke real case kedepannya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembuatan alat, sensor dht11 mendeteksi cuaca, sensor raindrops module mendeteksi curah hujan terjadi, sensor infrared menghitung baju baik itu dijemur ataupun diambil, buzzer mengeluarkan peringatan, servo menarik baju ke area tertutup atau mengeluarkan baju dari area tertutup dalam keadaan mengambil baju atau menggantung baju dalam keadaan hujan dan mendung, serta nodemcu esp32 menerima data ke sensor maupun mengirimkan data ke sensor yang diterima atau dikirimkan dari aplikasi android maupun web

Referensi

R. Hafid Hardyanto, Konsep Internet Of Things Pada Pembelajaran Berbasis Web, Jurnal Dinamika Informatika Volume 6, No 1, Feb. 2017.

Fahmizal, Pengertian Internet of Things (IoT), Laboratorium Instrumentasi dan Kendali, Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, 2018.

Yusniati. Penggunaan Sensor Infrared Switching Pada Motor DC Satu Phasa. Program Studi Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Islam Sumatera Utara, Journal of Electrical Technology, Vol. 3, No. 2. 2018.

Katyal, A., Yadav, R., & Pandey, M., “Wireless Arduino Based Weather Station”, International Journal of Advanced Research in Computer and Communication Engineering, 2016.

Hafiz, A., Fardian & Rahman, A, Rancang Bangun Prototipe Pengukuran dan Pemantauan Suhu, Kelembaban serta Cahaya Secara Otomatis Berbasis Iot pada Rumah Jamur Merang. KITEKTRO: Jurnal Online Teknik Elektro volume 2, No 3, pp. 51-57, 2017.

(2021), Elektro, Andalan. [online]. “Mengenal Motor Servo: Pengertian, Cara Kerja dan Jenisnya.”. Available: https://www.andalanelektro.id/2021/01/mengenal-motor-servo.html.

Budiharto, Widodo, Panduan Pemrograman Mikrokontroler AVR ATMega16, Jakarta, Elex Media Komputindo, 2018

(2022), Badan meteorologi, klimatologi dan geofisika. [online] “perkiraan cuaca daerah DKI Jakarta dan sekitarnya” Available:

https://www.bmkg.go.id/cuaca/prakiraan-cuaca-indonesia.bmkg?Prov=07&NamaProv=DKI%20Jakarta

E. S. Kim, D. A. Lee, S. Jung, J. Yoo, J. G. Choi, and J. S. Lee, NuDE 2.0: A formal method - based software development, verification and safety analysis environment for digital I&Cs in NPPs, J. Comput. Sci. Eng., vol. 11, no. 1, pp. 9 –23, 2017.

Risnadona Putra Milandika, W. B., & Tri Raharjo Yudantoro, W. S., Rancang Bangun Sistem Monitoring dan Kontrol Jemuran Pakaian Berbasis IOT. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2021.

Herman Siswanto, M. F., & Arviena, A. R., Rancang Desain Aplikasi Jemuran Otomatis Berbasis Arduino. Jurnal Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2018.

Indra Royana, A. S, Purwarupa Jemuran Ikan Asin Otomatis Menggunakan Ardiuno Uno Berbasis SMS Gateway. Jurnal EL Sains, Vol 3 , 2021.

Ni Made Dwi Febriyanti, A. K., & Piarsa, I. N, Implementasi Black Box Testing pada Sistem Informasi Manajemen Dosen, Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, vol. 2 , p. 10, 2021.

Destiarini, Miniatur Jemuran Pintar Berbasis Ardiuno Uno dengan Model Nodemcu ESP2886 dan Sensor Hujan, Jurnal Informanika, Vol 5, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Khu Husin, D., & Ferdiansyah, F. (2022). Prototipe Alat Penjemuran Baju Via Android dan Web Menggunakan Nodemcu ESP32. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1266–1275. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/429

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>