Implementasi E-Commerce Pada Toko Hbcollection

Penulis

  • Kuswanto Kuswanto Universitas Budi Luhur
  • Lis Suryadi Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

pandemi covid-19, e-commerce, hbcollection, cms

Abstrak

Pandemi Covid-19 meyebabkan gelombang besar yang mempengaruhi kondisi perekonomian suatu negara. Tidak sedikit pelaku bisnis terutama pelaku UMKM tumbang bahkan terpaksa menghentikan kegiatan usahanya karena omset penjualan menurun. Semua pelaku binis tentunya berusaha keras berupaya bagaimana caranya mempertahankan bisnis agar tetap berjalan. Salah satu upaya yang dilakukan dalam mempertahankan bisnis dimasa pandemi ini adalah dengan cara digitalisasi bisnis, salah satu pelaku bisnis yang dimaksud adalah toko HbCollection. HbCollection adalah pelaku UMKM yang menyediakan berbagai produk pakaian dan aksesoris. Sebelum masa pandemi Covid-19, dalam menjalankan usahanya, proses transaksi jual-beli dilakukan bagi pembeli yang datang ketoko, media promosi produk dilakukan hanya melalui whatsapp. Keluarnya Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)[1] memperburuk kondisi usaha HbCollection  karena tidak ada lagi pelanggan yang mau datang ketoko untuk membeli produk. Masalahnya adalah pemilik toko dalam menjalankan usahanya masih menggunakan cara konvensional, promosi yang dilakukan walau sudah menggunakan media whatsapp namun  belum menjangkau pelanggan lebih luas, pelanggan sulit mengetahui ketersediaan barang, Admin kesulitan untuk melihat stok produk dan laporan penjualan secara cepat dan akurat. Solusi yang diberikan yaitu dengan merancangan dan membangun aplikasi E-Commerce menerapkan Content Management System (CMS) mengunakan plugin Wordpress. E-Commerce adalah teknologi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik[2]. Kesimpulan penelitian adalah pelanggan dapat dengan mudah mendapatkan informasi harga produk dan stok produk yang tersedia. Dengan adanya website e-commerce maka proses Penjualan akan lebih maksimal, layanan menjadi lebih cepat dan akurat.

Referensi

Mulyadi, M., Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk Mengendalikan Laju Pandemi COVID-19, Info Singkat - Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XIII(16), 2021.

(2022), http://www.unpas.ac.id. [Online]. Available: http://www.unpas.ac.id/apa-itu-e-commerce.

Fenando, Fenando, Implementasi E-Commerce Berbasis Web pada Toko Denia Donuts Menggunakan Metode Prototype, “JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi)”, 6(2), Hal. 66-77, 2020.

Saputra, Aditya Dimas., Ady Widjaja., Implementasi Sistem Penjualan Online Berbasis E-Commerce Menggunakan Business Model Canvas pada Cosy Distro, “Jurnal IDEALIS”, 2(5), Hal. 9-15, 2019.

Ramadhan, Febriza Putra., Goenawan Brotosaputro, Penerapan E- Commerce untuk Meningkatkan Penjualan Menggunakan Business Model Canvas Studi Kasus: Toko Bayu Sport, “Jurnal IDEALIS”, 3(1), Hal. 492 – 497, 2019.

(2017), https://www.statistikian.com. [Online]. Available: https://www.statistikian.com/2017/02/metode-penelitian-metodologi-penelitian.html

(2020), https://www.jopglass.com. [Online]. Available: https://www.jopglass.com/tahapan-penelitian/.

(2022), https://glcworld.co.id. [Online]. Available: https://glcworld.co.id/penjelasan-business-model-canvas/

A. S., Rosa dan Shalahuddin, M, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek, Bandung, Informatika, 2018.

Rahman, S, Buku Pintar Web Design dan SEO Wordpress 5 PLUS, Jakarta, PT Elex Media Komputindo, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Kuswanto, K., & Suryadi, L. (2022). Implementasi E-Commerce Pada Toko Hbcollection. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1473–1479. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/449

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>