IMPLEMENTASI RESTFUL API PADA APLIKASI MONITORING PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER DI UNIVERSITAS BUDI LUHUR

Penulis

  • Ahmad Sopian Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Sri Mulyati Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Mohammad Syafrullah Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Titin Fatimah Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Restful API, Aplikasi Monitoring, Monitoring Perangkat Jaringan Komputer, Internet of Things

Abstrak

Universitas Budi Luhur menghadapi masalah jaringan karena tingginya jumlah perangkat yang terhubung, yang membuat jaringan menjadi semakin kompleks dan sulit untuk dikelola. Selain itu, gangguan dan kerusakan jaringan sering terjadi tanpa dapat diprediksi, sehingga diperlukan sistem monitor jaringan untuk memudahkan administrator dalam memeriksa kondisi jaringan. Salah satu solusi yang memungkinkan adalah dengan menggunakan protokol ICMP (Internet Control Message Protocol) dengan program ping untuk memantau perangkat untuk menentukan apakah perangkat tersebut sedang online atau offline, dengan fokus pada perangkat seperti mikrotik, modem, dan access point. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem monitoring jaringan yang menampilkan informasi mengenai status jaringan, pengelolaan IP, serta memberikan pemberitahuan melalui aplikasi Android dengan menggunakan layanan FCM. Sistem ini menggunakan penjadwal untuk memastikan pemantauan secara real-time, dengan administrator menerima notifikasi secara langsung melalui aplikasi Android. Untuk mendukung skalabilitas dan perubahan data yang dinamis, aplikasi web dan seluler memerlukan teknologi RESTful Web Service. Namun, keamanan juga menjadi perhatian penting seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna yang bertukar data sensitif. Oleh karena itu, algoritma AES 256 dan protokol otorisasi OAUTH 2.0 diperlukan untuk memastikan keamanan setiap transaksi data. Setelah melakukan pengujian, ditemukan bahwa sistem pemantauan latar belakang berjalan secara real-time dan administrator menerima pemberitahuan langsung melalui aplikasi Android jika ada perangkat yang terputus. Selain itu, sistem pemantauan dapat melakukan ping ke satu host atau IP dalam waktu kurang dari 5 detik, dan proses validasi mencakup token akses yang sesuai dengan protokol OAuth 2.0, enkripsi, dan dekripsi untuk memastikan transaksi data yang aman.

Referensi

S. M. Lim, M. Y. Tuga, dan E. A. Lisangan, “Prototype Aplikasi Pengawasan Masyarakat Menggunakan Smart Camera Dalam Mendeteksi COVID-19,” J. Fokus Elektroda Energi List. Telekomun. Komputer, Elektron. dan Kendali., vol. 5, pp. 15-19, 2020.

P. R. Utami, “Analisis Perbandingan Quality of Service Jaringan Internet Berbasis Wireless Pada Layanan Internet Service Provider (Isp) Indihome Dan First Media,” Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa., vol. 25, pp. 125-137, Jan. 2020.

R. M. Febriana, “Implementasi Sistem Monitoring Menggunakan Prometheus Dan Grafana,” Semin. Nas. Telekomun dan Inform., vol. 13, pp. 164-169, 2020.

P. K. Prayogi, M. Orisa, dan F. X. Ariwibisono, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Jaringan Access Point Menggunakan Simple Network Management Protocol (SNMP) Berbasis Web,” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)., vol. 4, pp. 192-197, 2020.

M. Syani, dan B. Saputro, “Implementasi Remote Monitoring Pada Virtual Private Server Berbasis Telegram Bot Api (Studi Kasus Politeknik Tedc Bandung),” Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan)., vol. 4, pp. 94-111, 2021.

T. Hartanto dan Painem, “Implementasi Web Service Berbasis REST Menggunakan Algoritma AES 128 dan Affine Cipher Fitur Bluacademic Aplikasi Blucampus” SKANIKA., vol. 1, pp. 1130-1136, Jul. 2018.

I. Kusuma, A. Susanto, dan I. U. W. Mulyono, “Implementasi RESTful Web Services dengan Otorisasi OAUTH 2.0 pada Sistem Pembayaran Parkir,” Jurnal SIMETRIS., vol. 10, pp. 391-404, Apr. 2019.

M. F. Qomarudin, dan A. Amrullah, “Sistem Monitoring Jaringan Realtime Berbasis Internet Control Message Protocol” JINTECH: Journal of Information Technology., vol. 3, pp. 67-80, Agu. 2022.

D. B. Prasetyo,R. I. Mifftah, and R. I. Perwira, “Implementasi Network Notification System Dengan Menggunakan Teknologi Firebase Cloud Messaging (FCM) Berbasis Android,” TELEMATIKA., vol. 16, pp. 62-72, Okt. 2019.

(2022) OAuth Community Site. [Online]. Available: https://oauth.net.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Sopian, A., Mulyati, S., Syafrullah, M., & Fatimah, T. (2023). IMPLEMENTASI RESTFUL API PADA APLIKASI MONITORING PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER DI UNIVERSITAS BUDI LUHUR. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 508–517. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/610

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5