IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI ALGORITME AES-128 UNTUK PENGAMANAN DATA PENJUALAN DAN PEMBELIAN MOBIL PADA SHOWROOM BOB’S AUTO

Penulis

  • Muhammad Reza Rizky Universitas Budi Luhur
  • Titin Fatimah Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

showroom bob’s auto , kriptografi, advanced encryption standard (AES-128), plaintext, ciphertext, enkripsi dan dekripsi

Abstrak

Showroom Bob’s Auto memiliki masalah untuk menyimpan data penting yang rapih dan aman.  Showroom Bob’s Auto adalah usaha jual dan beli mobil bekas yang sudah cukup lama berdiri. Untuk menyimpan data penjualan, pembelian dan lainnya harus memiliki suatu aplikasi pengamanan data. Supaya tidak terjadi kehilangan atau kebocoran data pada showroom dibutuhkan suatu aplikasi atau web untuk mengamankan datanya. Kriptografi adalah teknik pengamanan informasi yang melibatkan pengolahan informasi awal (plaintext) menggunakan sebuah kunci dalam proses enkripsi. Hal tersebut dapat menghasilkan pesan baru yang disebut ciphertext, yang untuk membacanya tidak dapat secara langsung. Untuk mengembalikan ciphertext menjadi informasi awal, diperlukan proses deskripsi yang menggunakan kunci yang sama. Dengan demikian, kriptografi memungkinkan pengamanan informasi melalui proses enkripsi dan deskripsi. Dengan kriptografi bisa menjaga kerahasiaan file penting dari Showroom Bob’s Auto. Kriptografi yang digunakan akan memakai metode “Advanced Encryption Standard” (AES-128). Metode “Advanced Encryption Standard (AES-128) adalah sebuah algoritme kriptografi simetris yang secara luas digunakan untuk melindungi keamanan data dalam berbagai aplikasi dan protokol. Algoritme ini menggabungkan beberapa transformasi matematis seperti penggantian byte, pertukaran baris, dan pemetaan ke matriks Galois untuk enkripsi dan dekripsi data.  

Referensi

Imelda & D. Widyawan, “Pengamanan File Menggunakan Kriptografi Dengan Metode Aes-128 Berbasis Web Di KNKT” SKANIKA, vol. 4, no. 1, pp. 15–22, 2021.

A. Prayitno & N. Nurdin, “Analisa dan implementasi kriptografi pada pesan rahasia menggunakan algoritme cipher transposition” Jurnal elektronik sistem informasi dan komputer, pp. 1–10, 2017.

A. Arif & P. Mandarani, “Rekayasa perangka lunak kriptografi menggunakan algoritme advanced encryption standard (AES) 128 bit pada sistem keamanan short message service (SMS) berbasis android” TEKNOIF , vol. 4, no. 1, pp. 84–93, 2016.

A. Rosyadi, “Implementasi algoritme kriptografi AES untuk enkripsi dan dekripsi email” TRANSIENT, vol. 1, no. 3, pp. 63–67, 2012.

G. Grehasen and S. Mulyati, “Pengamanan Database Pada Aplikasi Test Masuk Karyawan Baru Berbasis Web Menggunakan Algoritme Kriptografi AES-128 Dan RC4” BIT , vol. 14, no. 1, 2017.

I. Gunawan, “Peningkatan pengamanan data file menggunakan algoritme kriptografi AES dari serangan brute force” TECHSI, vol. 13, no. 1, pp. 14–25, 2021.

S. Anwar, “Implementasi pengamanan data dan informasi dengan metode steganografi LSB dan algoritme kriptografi AES” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia , pp. 3–8, 2017.

A. Fitrah Marisman and A. Hidayati, “Pembangunan aplikasi pembanding kriptografi dengan Caesar cipher dan advanced encryption standard (AES) untuk file teks” Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik , vol. 19, no. 3, pp. 213–222, 2015..

R. Munir, “Pengantar Kriptografi” Kriptografi Informatika ITB, 2019.

2021, G. Istia, SCRIBD. Available: https//www.scribd.com/document/507369841/IMK#.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Rizky, M. R., & Fatimah, T. (2023). IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI ALGORITME AES-128 UNTUK PENGAMANAN DATA PENJUALAN DAN PEMBELIAN MOBIL PADA SHOWROOM BOB’S AUTO. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 242–250. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/911

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>