PENGAMANAN FILE BERBASIS WEB DENGAN MENERAPKAN ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES-128)

Penulis

  • Fariz Syaropal Anam Universitas Budi Luhur
  • Titin Fatimah Universitas BUdi Luhur

Kata Kunci:

Kriptografi, AES-128, File, Enkripsi, Dekripisi

Abstrak

CV Mitra Kurir Express adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang logistik atau jasa pengiriman barang. Perusahaan ini memiliki data penting salah satunya yaitu data pengiriman barang. Pada perkembangan kemajuan teknologi saat ini, terutama dalam sistem keamanan data, telah mengalami perkembangan pesat. Keamanan data menjadi sangat penting dalam menjaga kerahasiaan informasi sensitif yang hanya boleh diakses oleh pihak yang berwenang. Oleh karena itu dibutuhkan aplikasi keamanan data berbasis web dengan menggunakan teknik kriptografi. Pada aplikasi kriptografi ini terdapat proses enkripsi dan dekripsi yang dapat mengamankan isi file berbentuk excel dan pdf. Pada penelitian ini dirancang sebuah sistem aplikasi kriptografi berbasis web menggunakan algoritma Advanced Encryption Standard (AES-128). Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat melindungi data pengiriman barang dengan aman dan tidak perlu khawatir atas kebocoran data maupun pencurian data oleh pihak yang tidak berwenang. Hasil akhir pengujian rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk proses enkripsi file yaitu 40.955 milidetik dan rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk proses dekripsi file yaitu 6.295 milidetik.

Referensi

Auliyah, A. I. “Implementasi Kombinasi Algoritma Enkripsi Rivest Shamir Adleman (Rsa) dan Algoritma Kompresi Huffman Pada File Document”. Indonesian Journal of Data and Science, 1(1), 23-28, 2020

Azhari, M., Mulyana, D. I., Perwitosari, F. J., & Ali, F. “Implementasi Pengamanan Data pada Dokumen Menggunakan Algoritma Kriptografi Advanced Encryption Standard (AES)”. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 2(01), 163-171, 2022.

Nuari, R., Ratama, N., Informatika, J. T., Teknik, F., & Pamulang, U. “Implementasi Algoritma Kriptografi AES (Advanced Encryption Standard) 128 Bit Untuk Pengamanan Dokumen Shipping”. Journal Of Artificial Intelligence And Innovative Applications, 1(2), 37-44, 2020.

Sitorus, F. A., Nugroho, N. B., & Pane, U. F. S. S. “Implementasi Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) 128 Bit Untuk Keamanan Data Transaksi Penjualan Pada PT. MITSUBISHI ELECTRIC INDONESIA”. Jurnal Cyber Tech, 4(5), 2022.

Putri, A. E., Kartikadewi, A., & Rosyid, L. A. “Implementasi Kriptografi dengan Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) 128 Bit dan Steganografi menggunakan Metode End of File (EOF) Berbasis Java Desktop pada Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang”. Appl. Inf. Syst. Manag, 3(2), 69-78, 2021

Mustika, L. “Implementasi Algoritma AES Untuk Pengamanan Login Dan Data Customer Pada E-Commerce Berbasis Web”. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 7(1), 148-155, 2020.

Hanadwiputra, S. Implementasi Enkripsi Dalam Pengamanan File Data Karyawan Dengan Metode Algoritma DES (Data Encryption Standard) Pada CV. Sinergi Informasi Global. Gema Kampus IISIP YAPIS Biak, 13(2), 61-69, 2018.

Prameshwari, A., & Sastra, N. P. “Implementasi Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) 128 Untuk Enkripsi dan Dekripsi File Dokumen”. Jurnal Eksplora Informatika, 8(1), 52-58, 2018.

Cristy, N., & Riandari, F. “Implementasi Metode Advanced Encryption Standard (AES 128 Bit) Untuk Mengamankan Data Keuangan”. Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (JIKOMSI), 4(2), 75-85, 2021.

Novianti, H. D., & Hidayat, A. T. “Implementasi Kriptografi Advanced Encryption Standard 128 Bit dalam Pengamanan Data Keuangan Kas”. Jurnal Komputer dan Teknologi, 27-34, 2023.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Syaropal Anam, F., & Fatimah, T. (2023). PENGAMANAN FILE BERBASIS WEB DENGAN MENERAPKAN ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES-128) . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 332–340. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1039

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>