IMPLEMENTASI E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA CV INDOMITRA CIPTA PANGAN DENGAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM

Penulis

  • Putri Septi Handayani Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Dian Anubhakti Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Ita Novita Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Lauw Li Hin Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Content Management System, E-Commerce, Wordpress, Frozen Food

Abstrak

CV Indomitra Cipta Pangan merupakan salah satu industri pengolah frozen food yang berada di wilayah Kota Tangerang yang memproduksi berbagai macam makanan beku berbahan baku daging ayam, daging sapi dan makanan laut (seafood) yang diolah menjadi produk olahan seperti dimsum, chikau, ekado, lumpia ayam dan lain-lain. Toko ini ingin memiliki keuntungan yang lebih maksimal, namun masih adanya permasalahan yang terjadi pada toko yaitu pemesanan dilakukan dengan pelanggan datang langsung ke toko untuk dapat memesan produk atau secara offline, sehingga adanya keterbatasan lokasi dan waktu untuk melakukan pemesanan, promosi produk dilakukan dengan cara promosi mulut ke mulut, sehingga keterbatasan media promosi produk untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Metode Business Model Canvas adalah metode dipakai pada penelitian ini untuk memperjelas elemen-elemen dalam melakukan analisa bisnis yang ada pada toko CV Indomitra Cipta Pangan. Penelitian ini bertujuan menyediakan media sistem pemesanan dan pemasaran yang lebih efisien. Rancangan proses yang akan dibuat oleh peneliti ialah website E-Commerce berbasis Content Management System menggunakan Wordpress yang dapat mempermudah pelanggan dalam proses pemesanan yang bisa setiap waktu, sehingga mampu memperluas lingkup penjualan dan meningkatkan pemasaran.

Referensi

Riswandi, “Transaksi On-Line (E-Commerce) : Peluang dan Tantangan Dalam Perspektif Ekonomi Islam,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., vol. 13, no. April, pp. 15–38, 2019.

D. Saputra et al., “Penerapan Sistem Penjualan Online Berbasis E-Commerce Menggunakan Content Management System ( Cms ) Studi Kasus Toko Alfian,” vol. 2, pp. 153–159, 2019.

S. M. Mustofa, “Impementasi E-Commerce Toko Prayoga Sport Berbasis Content Management System ( CMS ) Joomla Modules VirtueMart,” vol. 7, no. 2, 2017.

D. I. Wijaya, G. A. Najih, M. R. Julianti, and M. Amri, “Penjualan Makanan Berbasis Web pada Toko Ngemil_Santuy,” J. Teknol. Pendidik. Dan Manaj. Glob., vol. 1, no. 1, 2022, [Online]. Available: https://journal.global.ac.id/index.php/JTOPIKGLOBAL/article/view/514.

S. Andriasari, P. T. Sinar, J. Meubel, and B. Lampung, “Pengembangan Aplikasi E-Commerce Menggunakan Metode WISDM ( Web Information System Development Methodology ) ( Studi Kasus : PT . Sinar Jati Meubel Bandar Lampung ),” vol. 14, no. 2, pp. 8–15, 2017.

H. Ismaya, “Perancangan sistem informasi penjualan menggunakan cms wordpress pada toko importir laptop bandung,” vol. 11, 2021.

A. G. Budianto, “Analisis Penyebab Ketidaksesuaian Produksi Flute Pada Ruang Handatsuke Dengan Pendekatan Fishbone Diagram, Piramida Kualitas Dan Fmea,” J. Ind. Eng. Oper. Manag., vol. 4, no. 1, 2021, doi: 10.31602/jieom.v4i1.5368.

I. Athia, E. Saraswati, and A. Normaladewi, “Penerapan Business Model Canvas (Bmc) Untuk Mendorong Mindset Kewirausahaan Di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Malang,” J. Ketahanan Pangan, vol. 2, no. 1, pp. 66–75, 2018, [Online]. Available: https://e-equalsmc3.com/alex-osterwalders-business-model-canvas/.

S. Sujono, “Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Kependudukan Berbasis Web Pada Kantor Kepala Desa Puput Kec. Simpangkatis,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 1, pp. 707–716, 2018, doi: 10.24176/simet.v9i1.2078.

M. Tabrani and I. Rezqy Aghniya, “Implementasi Metode Waterfall Pada Program Simpan Pinjam Koperasi Subur Jaya Mandiri Subang,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 14, no. 1, pp. 44–53, 2020, doi: 10.35969/interkom.v14i1.65.

M. Hayaty and D. Meylasari, “Implementasi Website Berbasis Search Engine Optimization (SEO) Sebagai Media Promosi,” J. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 295–300, 2018, doi: 10.31294/ji.v5i2.4027.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Handayani, P. S., Anubhakti, D., Novita, I., & Hin, L. L. (2023). IMPLEMENTASI E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA CV INDOMITRA CIPTA PANGAN DENGAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 908–914. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/630

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5