PENINGKATAN STRATEGI PROMOSI KEDAI KOPI STIGA BINTARO DENGAN ALGORITME FREQUENT PATTERN - GROWTH

Penulis

  • Abdul Rizki Apriliyanto Universitas Budiluhur
  • Deni Mahdiana universitas budi luhur

Kata Kunci:

Data Mining, FP-Growth, rapidminer

Abstrak

Kedai kopi adalah salah satu alternatif yang sangat ideal untuk kita kunjungi. Selain karena tempat yang nyaman dengan kursi dan meja, tersedianya jaringan nirkabel, atau desain layout tempat yang menarik, kopi yang nikmat, dan dengan iringan musik klasik ataupun jazz, hal itu tak heran banyak orang untuk menghabiskan waktu di Kedai kopi. (Rahmania Putri Aulia Nursyahbani1, Hardy Adiluhung2, 2020).  Kedai kopi stiga yang berada di belakang mall Bintaro Plaza, kedai ini berlokasi Jl. Nusa Jaya, Pondok Karya, Kecamatan. Pondok. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten. Kedai Kopi Stiga menjual menu makanan dan minuman dengan sistem paket yang efektif dijual dengan secara bersamaan, tetapi pihak manajemen perlu merubah sistem tradisional menjadi sistem yang lebih propesional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dari pembelian pola  Customer yang selama ini masih yang sering berubah berubah dari segi pembelian menu makanan atau minuman dengan menggunakan aturan asosiasi yang terbentuk menggunakan metodelogi penelitian Cross-Industry Standard Process for Data Mining (CRISP-DM), pengumpulan data yang dilakukan pada bulan maret 2022 sampai hingga februari 2023 yang terdiri 3840 data transaksi dan 3 atribut . Hasil Penelitian menjelaskan produk mana yang sering dibeli dan dijadikan acuan untuk dimasukkan kedalam strategi promosi Product Bundling, yang menghasilkan 11 aturan namun hanya 4 aturan yang valid dengan merekomendasi Setting parameter Support 0.1 (10%), dan minimum Confidence 50%, dengan syarat nilai Lift Ratio > 1.

Referensi

A. Anggrawan, M. Mayadi, dan C. Satria, “Menentukan Akurasi Tata Letak Barang dengan Menggunakan Algoritma Apriori dan Algoritma FP-Growth,” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 21, no. 1, hal. 125–138, 2021, doi: 10.30812/matrik.v21i1.1260.

A. Setiawan dan I. G. Anugrah, “Penentuan Pola Pembelian Konsumen pada Indomaret GKB Gresik dengan Metode FP-Growth,” J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, hal. 115, 2019, doi: 10.32672/jnkti.v2i2.1564.

A. R. Wibowo dan A. Jananto, “Implementasi Data Mining Metode Asosiasi Algoritma FP-Growth Pada Perusahaan Ritel,” Inspir. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 10, no. 2, hal. 200, 2020, doi: 10.35585/inspir.v10i2.2585.

B. S. Pranata dan D. P. Utomo, “Penerapan Data Mining Algoritma FP-Growth Untuk Persediaan Sparepart Pada Bengkel Motor (Study Kasus Bengkel Sinar Service),” Bull. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, hal. 83–91, 2020.

Y. Andini et al., “Penerapan Data Mining Terhadap Tata Letak Buku,” vol. XI, no. 1, hal. 9–15, 2022.

V. R. Prasetyo, H. Lazuardi, A. A. Mulyono, dan C. Lauw, “Penerapan Aplikasi RapidMiner Untuk Prediksi Nilai Tukar Rupiah Terhadap US Dollar Dengan Metode Linear Regression,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 7, no. 1, hal. 8–17, 2021, doi: 10.25077/teknosi.v7i1.2021.8-17.

L. K. Sihombing, T. Tugiono, dan U. F. Sari, “Implementasi Data Mining Dalam Menganalisa Pola Penjualan Roti Menggunakan Algoritma Fp-Growth,” J. Sist. Inf. Triguna Dharma (JURSI TGD), vol. 1, no. 3, hal. 228, 2022, doi: 10.53513/jursi.v1i3.5288.

A. `Ardianto dan D. Fitrianah, “Penerapan Algoritma FP-Growth Rekomendasi Trend Penjualan ATK Pada CV. Fajar Sukses Abadi,” J. Telekomun. dan Komput., vol. 9, no. 1, hal. 49, 2019, doi: 10.22441/incomtech.v9i1.3263.

K. N. Wijaya, “Analisa Pola Frekuensi Keranjang Belanja Dengan Dengan Perbandingan Algoritma Fp-Growth (Frequent Pattern Growth) dan Eclat pada minimarket,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 2, hal. 364–373, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i2.380.

E. Nurarofah, R. Herdiana, dan N. D. Nuris, “PENERAPAN ASOSIASI MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH PADA POLA TRANSAKSI PENJUALAN DI TOKO ROTI,” 2023.

Unduhan

Diterbitkan

12-10-2023

Cara Mengutip

Rizki Apriliyanto, A., & Mahdiana, D. (2023). PENINGKATAN STRATEGI PROMOSI KEDAI KOPI STIGA BINTARO DENGAN ALGORITME FREQUENT PATTERN - GROWTH. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1014–1021. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/985

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>