PENERAPAN FINITE STATE MACHINE PADA GAME “TIMUN MAS” BERBASIS ANDROID

Penulis

  • Rangga Pradana Universitas Budi Luhur
  • Dewi Kusumaningsih Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Cerita Rakyat, Game, Finite State Machine, Adventure, Unity

Abstrak

Penilitian ini bertujuan untuk membantu mengenalkan cerita rakyat “Timun Mas” kepada anak muda zaman sekarang di rentang usia 15 sampai 25 tahun dengan cara yang menyenangkan, yaitu mengenalkan cerita tersebut kedalam bentuk permainan ringan berbasis android. Permainan Timun Mas ini dibangun dengan unity engine menggunakan Algoritme Finite State Machine (FSM). Algoritma FSM ini diterapkan kepada musuh dari Timun Mas agar musuh dapat bertindak sesuai tingkah laku Pemain. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Algoritma FSM yang diberikan kepada musuh dan juga bos, dapat mendeteksi posisi Pemain dan memberikan output yang sesuai berupa mengikuti Pemain dan menyerang Pemain saat Pemain berada di jarak yang telah ditentukan. Cerita dan mekanisme dalam game dapat berjalan sesuai keinginan dengan hasil pengujian pada penelitian ini mendapatkan nilai sebesar 84.12% dengan skala sangat baik.

Referensi

A. Enggar et al., “Implementasi Finite State Machine Untuk Npc Pada Game 2d Side-Scroll Shooter Implementation Of Finite-State Machine For Npc In 2d Side Scroll Shooter,” vol. 9, no. 3, pp. 1080–1086, 2022.

F. Alamsyah, W. Diwa, and A. Yunus, “Implementasi Algoritma Collision Detection Dan Finite State Machine Untuk Karakter Musuh Pada Game Bertipe Metroidvania,” RAINSTEK J. Terap. Sains Teknol., vol. 1, no. 2, pp. 8–13, 2019,

F. Sakrani, S. Adi Wibowo, and F. Santi wahyuni, “Implementasi Finite State Machine Sebagai Kontrol Untuk Non Player Character Pada Game ‘Lastri and the Last Tree,’” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 4, no. 2, pp. 128–135, 2020,

G. S. Wibowo and M. Syafrullah, “Penerapan Metode Multimedia Development Life Cycle Untuk Aplikasi Game Permainan Timun Mas Berbasis Application of Multimedia Development Life Cycle,” no. September, pp. 982–990, 2022.

A. T. Ramadan and M. Hardjianto, “Penerapan Finite State Machine Pada Game ‘ Pendekar Cisadane ’ Berbasis Android Application of Finite State Machine on Android-Based " Pendekar Cisadane " Game,” no. September, pp. 1065–1072, 2022.

A. Agustin, A. Evel, S. Susanti, and R. Rahmaddeni, “Implementasi Metode Finite State Machine pada Permainan Tradisional Setatak Berbasis Android,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 2, pp. 738–751, 2021,

V. A. K. Siren, N. Y. Setiawan, and R. I. Rokhmawati, “Evaluasi kualitas perangkat lunak menggunakan ISO / IEC 9126-4 quality in use (Studi kasus : FILKOM Apps) [Evaluation of software quality using ISO / IEC 9126-4 quality in use (case study: FILKOM Apps)],” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 2, pp. 1625–1632, 2019,

C. A. Z. Wahana, S. Adi Wibowo, and A. Wahid, “Game Adventure Horror ‘Let’S Escape’ Dengan Unity Engine Berbasis Desktop Menggunakan Metode Finite State Machine,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 4, no. 2, pp. 306–314, 2020,

E. Yulsilviana and H. Ekawati, “Penerapan Metode Finite State Machine (Fsm) Pada Game Agent Legenda Anak Borneo,” Sebatik, vol. 23, no. 1, pp. 116–123, 2019,

R. Rosaly and A. Prasetyo, “Pengertian Flowchart Beserta Fungsi dan Simbol-simbol Flowchart yang Paling Umum Digunakan,” Https://Www.Nesabamedia.Com, vol. 2, p. 2, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Pradana, R., & Kusumaningsih, D. (2023). PENERAPAN FINITE STATE MACHINE PADA GAME “TIMUN MAS” BERBASIS ANDROID. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 2230–2239. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/989

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>