MONITORING KENDALI DAYA LISTRIK DENGAN SENSOR PZEM-004T DAN HC-SR501 DI PT. CIPTA DIMENSI TEKNOLOGI

Penulis

  • Imam Wahyudi Fakultas Teknologi Universtas Budi Luhur
  • siswanto Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

IoT, Energi Daya Listrik, Pzem-004t

Abstrak

Manfaat dari penelitian ini adalah penggunaan daya listrik ini akan memberikan wawasan lebih mendalam tentang pola dan tingkat konsumsi daya listrik di lingkungan perumahan dan menjadi informasi yang dapat membantu PT Cipta Dimensi Teknologi untuk merancang strategi untuk mengoptimalkan penggunaan daya listrik, termasuk memberikan saran mengenai perangkat atau kebiasaan yang dapat mengurangi pemakaian daya listrik secara efektif dan dapat memonitoring dan kendali penggunaan daya listrik real-time.: Masalah yang sering terjadi selama ini karena terjadi pemborosan dan tidak optimalnya penggunaan daya listrik selama ini di PT. Cipta Dimensi Teknologi  serta tidak adanya sistem pemantauan yang canggih dapat menghambat kemampuan pelanggan untuk mengidentifikasi dan mengatasi sumber konsumsi daya yang tidak efisien atau peralatan yang bermasalah. Saat ini, banyak pelanggan PT Cipta Dimensi Teknologi masih menghadapi kendala dalam mendapatkan informasi pemakaian daya listrik secara real-time.. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi prototype monitoring & kendali penggunaan daya listrik dengan mikrokontroler  NodeMCU ESP8266-12E, sensor PZEM-004T dan sensor HC-SR501 berbasis Internet of Things. Dari hasil pengujian prototype dari Sensor PZEM-004T 71.43% relay  aktif dan 28.57% tidak aktif dengan rata-rata delay selama 15 detik. Dalam percobaan ini, hasil menunjukkan variasi pengukuran yang menarik. Pada Percobaan 1, tidak ada konsumsi daya yang terdeteksi, sedangkan pada Percobaan 2, terlihat adanya penggunaan daya sebesar 32.4 Watt dengan tegangan 203 V dan arus 0.16A.

Referensi

Alif, R. T. (2023). RANCANG BANGUN SISTEM KEAMANAN KOLEKSI ARCA BODHISATWA MENGGUNAKAN SENSOR PASSIVE INFRARED (PIR) DAN SENSOR DHT11 BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT).

BESARI, R. M. (2022). SISTEM OTOMASI UNTUK PENGHEMATAN ENERGI PADA LAMPU PENERANGAN BERBASIS INTERNET OF THINGS (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Butarbutar, B. M., Pardede, K. C., & Panjaitan, B. (2021). RANCANG BANGUN KEAMANAN RUMAH TINGGAL SECARA TERPUSAT BERBASIS IoT MENGGUNAKAN NODEMCU ESP8266. Prosiding Konferensi Nasional Social & Engineering Polmed (KONSEP), 2(1), 67-78.

Kashfuzzunun, M. P., Santoso, I. H., & Fardan, F. (2023). Perancangan Dan Implementasi Alat Pendeteksi Kecepatan Pada Kendaraan Bermotor Berbasis Internet Of Things Menggunakan Sensor HC-SR 04. eProceedings of Engineering, 9(6).

Mustika, A., Bogi, N., & Irawan, A. I. (2022). Perancangan dan Implementasi Produk S-LUCY (Smart Light Ultimate Control By Website) Untuk Smart Switch Menggunakan Sensor PIR dan Sensor LDR. E-JOINT (Electronica and Electrical Journal Of Innovation Technology), 3(1), 1-5.

Nurwahid, K., & Sanhaji, G. (2023). RANCANG BANGUN LAMPU OTOMATIS DAN MONITORING SUHU RUANGAN BERBASIS INTERNET OF THINGS MENGGUNAKAN NODEMCU V3 DAN BLYNK. TESLA: Jurnal Teknik Elektro, 25(1), 82-91.

Pardede, M., Hutajulu, E., & Sirait, R. (2022). Sistem Pemantauan dan Pengendali Lampu Ruangan Laboratorium Berbasis NodeMCUESP8266 dengan Aplikasi Telegram Bot. RELE (Rekayasa Elektrikal dan Energi): Jurnal Teknik Elektro, 4(2), 134-142.

Purnamasari, A. I., & Setiawan, A. (2019). Pengembangan Passive Infrared Sensor (PIR) HC-SR501 dengan Microcontrollers ESP32-CAM Berbasiskan Internet of Things (IoT) dan Smart Home sebagai Deteksi Gerak untuk Keamanan Perumahan. Prosiding SISFOTEK, 3(1), 148-154.

Widodo, A. M. T., Bogi, N., & Irawan, A. I. (2022). Perancangan dan Implementasi Produk S-LUCY (Smart Light Ultimate Control By Website) Untuk Smart Switch Menggunakan Sensor PIR dan Sensor LDR. eProceedings of Engineering, 9(4).

Wonohadidjojo, D. M., & Santoso, H. (2022). Sistem Kendali Jarak Jauh untuk Smart Home Melalui Aplikasi Android Menggunakan NodeMCU dan Firebase. Buletin Poltanesa, 23(1).

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Wahyudi, I., & siswanto. (2023). MONITORING KENDALI DAYA LISTRIK DENGAN SENSOR PZEM-004T DAN HC-SR501 DI PT. CIPTA DIMENSI TEKNOLOGI. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1867–1874. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1021

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama