PENERAPAN ALGORITMA APRIORI ASOSIASI PERILAKU PASAR BERBASIS WEB PADA BYAS MARKET

Penulis

  • ibrahim Adha Fadilla budiluhur
  • Siswanto Universitas Budiluhur

Kata Kunci:

Data Mining, Algoritma Apriori, asosiasi, pola penjualan

Abstrak

Byas Market merupakan toko sepatu bekas yang berdiri sejak tahun 2021 di masa pandemi. Byas Market menjual berbagai macam jenis sepatu bekas import berbagai merk. Sepatu import bekas ini banyak diminati kalangan anak muda yang menyukai barang-barang bekas berkualitas. Karena persaingan penjualan sepatu bekas semakin diminati maka Byas Market harus menentukan strategi yang baik untuk meningkatkan meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan data penjualan. Data tersebut memiliki fungsi sebagai arsip perdagangan yang dapat diolah menjadi suatu informasi yang menguntungkan untuk penjual guna melihat peningkatan penjualan. Maka dari itu, penelitian ini mengembangkan sistem informasi data mining dengan menggunakan algoritma apriori yang dapat membantu pihak Byas Market dalam menentukan perilaku pasar dari data penjualan. Dalam penelitian ini dilakukan tiga kali percobaan yang pertama menggunakan minimum support 10% dan nilai confidence 60%, yang kedua menggunakan minimum support 20% dan minimum confidence 50%, dan yang ketiga menggunakan minimum support 40% dan minimum confidence 60%. peneliti mendapatkan hasil yang dicetak dari 3 nilai confidence terbesar, yaitu 100%, 100%, dan 93,33% yang dijadikan acuan Byas Market dalam menentukan produk apa yang akan disiapkan stoknya lebih banyak kedepannya. Dari hasil pengujian sistem yang dilakukan, penulis dapat menarik beberapa kesimpulan bahwa Sistem data mining ini dapat diimplementasikan dengan menggunakan data transaksi penjualan produk sepatu bekas berbagai merek untuk menemukan kombinasi item, sehingga dapat menampilkan informasi untuk mengetahui perilaku konsumen yang sering membeli produk. Dapat juga dijadikan sebagai alat dalam membantu pemilik toko dalam membuat keputusan dalam menentukan produk apa saja yang sering dibeli oleh konsumen dan jarang dibeli oleh konsumen. Aturan asosiasi dengan menggunakan algoritma apriori ini ternyata dapat menentukan aturan asosiasi yang berguna untuk pemilik toko dalam menentukan pola penjualan apa yang sering dibeli oleh konsumen.

Referensi

A. J. P. Sibarani, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 2, pp. 262–276, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i2.195.

E. Elisa, “Market Basket Analysis Pada Mini Market Ayu Dengan Algoritma Apriori,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 2, no. 2, pp. 472–478, 2018, doi: 10.29207/resti.v2i2.280.

A. Zanuardi and H. Suprayitno, “Analisa Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Ahmad Yani Surabaya melalui Pendekatan Knowledge Discovery in Database,” J. Manejemen Aset Infrastruktur Fasilitas, vol. 2, no. 1, pp. 45–55, 2018, doi: 10.12962/j26151847.v2i1.3767.

S. J. Tamba and E. Bu, “Implementasi Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Buah-Buahan ( Studi Kasus : Lotte Mart Wholesale Medan ),” J. Pelita Inform., vol. 18, pp. 616–621, 2019.

C. N. Dengen, K. Kusrini, and E. T. Luthfi, “Penentuan Association Rule Pada Kelulusan Mahasiswa Menggunakan Algoritma Apriori,” J. Rekayasa Teknol. Inf., vol. 3, no. 1, p. 20, 2019, doi: 10.30872/jurti.v3i1.2256.

C.Pradeepkumar and S.Loganathan, “Penerapan Metode Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Aplikasi Pola Belanja Konsumen ( Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro ),” Int. J. Sci. Eng. Res. (IJ0SER), vol. 3, no. 4, p. 2, 2015, [Online]. Available: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/ti/article/view/5602/3619

P. Iswandi, I. Permana, and F. N. Salisah, “Penerapan Algoritma Apriori Pada Data Transaksi Penjualan Hypermart Xyz Lampung Untuk Penentuan Tata Letak Barang,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 6, no. 1, p. 70, 2020, doi: 10.24014/rmsi.v6i1.7613.

F. A. K. Wardani and T. Kristiana, “Implementasi Data Mining Penjualan Produk Kosmetik Pada PT. Natural Nusantara Menggunakan Algoritma Apriori,” Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 22, no. 1, pp. 85–90, 2020, doi: 10.31294/p.v22i1.6520.

A. Pujianto, S. Megira, H. Afif, and Kusrini, “Sistem Rekomendasi Paket Makanan Menggunakan Algoritma Apriori Pada Penyetan Bu Tini,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 6, pp. 31–36, 2018.

N. E. Putria, “Data Mining Penjualan Tiket Pesawat Menggunakan Algoritma Apriori Pada Terminal Tiket Batam Tour & Travel,” Comput. Based Inf. Syst. J., vol. 6, no. 1, pp. 29–39, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbis/article/download/643/410

Unduhan

Diterbitkan

12-10-2023

Cara Mengutip

Fadilla, ibrahim A., & Siswanto. (2023). PENERAPAN ALGORITMA APRIORI ASOSIASI PERILAKU PASAR BERBASIS WEB PADA BYAS MARKET. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1067–1076. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1020

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama