DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DALAM PENJUALAN KENDARAAN PADA PT. SOLUSI INTEGRASI PRATAMA (SITAMA)

Penulis

  • Imtiazaki Darmawan Universitas Budi Luhur
  • Reva Ragam Santika Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Aplikasi Web, Data Mining, Algoritma Apriori, Association Rules, Penjualan Kendaraan

Abstrak

 Perusahaan SITAMA setiap harinya kendaraan dari warehouse cabang perusahaan dikirim ke warehouse pusat. Hal ini berarti membuat perusahaan mengeluarkan modal atau biaya yang cukup besar hanya untuk urusan transportasi barang. Maka dari itu perusahaan perlu melakukan analisa pola konsumen untuk meningkatkan efisiensi biaya transportasi agar hanya mengirim kendaraan yang diinginkan konsumen dan menyediakan kombinasi-kombinasi produk dari pola-pola konsumen yang melakukan pembelian secara grosir. Perusahaan SITAMA tentunya memiliki data transaksi penjualan, data transaksi ini tidak digunakan secara maksimal dan hanya dijadikan arsip yang lama-kelamaan akan menumpuk. Pada dasarnya kumpulan data tersebut memiliki informasi-informasi yang bermanfaat, yang bisa digunakan untuk mengambil suatu keputusan dan untuk memperoleh pengetahuan yang baru tentang pola penjualan kendaraan. Pengolahan data tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan teknik-teknik tertentu. Salah satu teknik yang digunakan dalam pengolahan data tersebut dengan menggunakan data mining metode Algoritma Apriori. Algoritma apriori adalah algoritma dari teknik Association Rules Mining dan termasuk dari bagian metode data mining. Aturan asosiatif algoritma apriori berbentuk jika-maka. Ketepatan dari suatu aturan asosiasi sering disebut juga dengan confidence. Confidence (nilai ketepatan) adalah kuatnya hubungan antara item dalam aturan asosiatif. Aturan asosiasi yang memenuhi syarat minimum untuk confidence dicari setelah semua pola frekuensi tinggi telah ditemukan. Pengunaan data mining dengan menggunakan algoritma apriori dapat diimplementasikan pada penjualan kendaraan bekas untuk memprediksi kombinasi itemset dan aturan asosiasi sebagai informasi untuk strategi penjualan. Penerapan algoritma apriori dan aturan asosiasi pada penjualan kendaaraan bekas untuk mengetahui kombinasi dan pola kendaraan yang sering dibeli dan membantu manajemen stok kendaraan di warehouse.

Referensi

R. Saputra and A. J. Sibarani, "Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat," Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 7, no. 2, pp. 262-276, 2020.

F. S. Amalia, S. and D. Darwis, "Analisis Data Penjualan Handphone dan Elektronik Menggunakan Algoritma Apriori," TELEFORTECH : Journal of Telematics and Information Technology, vol. 2, no. 1, pp. 1-6, 2021.

R. B. B. Sumantri and E. Utami, "Penentuan Status Tahapan Keluarga Sejahtera Kecamatan Sidareja Menggunakan Teknik Data Mining," Jurnal Teknologi Informasi, vol. 15, no. 3, pp. 71-82, 2020.

S. Widaningsih and S. Yusuf, "Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi Siswa Berprestasi dengan Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor," Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 9, no. 3, pp. 2598-2611, 2022.

A. Supriyadi, A. Triayudi and I. D. Sholihati, "Perbandingan Algoritma K-Means Dengan K-Medoids pada Pengelompokan Armada Kendaraan Truk Berdasarkan Produktivitas," Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika, vol. 6, no. 2, pp. 229-240, 2021.

D. Anggarwati, O. Nurdiawan, I. Ali and D. A. Kurnia, "Penerapan Algoritma K-Means Dalam Prediksi Penjualan Karoseri," Jurnal Data Science & Informatika, vol. 1, no. 2, pp. 58-62, 2021.

I. Qoni'ah and A. T. Priandika, "Analisi Market Basket untuk Menentukan Association Rule dengan Algoritma Apriori," Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 26-33, 2020.

P. Iswandi, I. Permana and F. N. Salisah, "Penerapan Algoritma Apriori Pada Data Transaksi Tata Letak Barang," Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, vol. 6, no. 1, pp. 70-74, 2020.

P. H. Simbolon, "Implementasi Data Mining pada Sistem Persediaan Barang Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus: Srikandi Cash Electronic dan Furniture)," Jurnal Riset Komputer, vol. 6, no. 4, pp. 401-406, 2019.

Z. Abidin, A. K. Amartya and A. Nurdin, "Penerapan Algoritma Apriori pada Penjualan Suku Cadang Kendaraan Roda Dua (Studi Kasus: Toko Prima Motor Sidomulyo)," Jurnal Teknoinfo, vol. 16, no. 2, pp. 225-232, 2022.

A. P. Putra, F. Adriyanto, K. T. D. M. Harti and W. Puspita Sari, "Pengujian Aplikasi Point of Scale Berbasis Web MEnggunakan Blackbox Testing," Jurnal Bina Komputer, vol. 2, no. 1, pp. 74-78, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

11-10-2023

Cara Mengutip

Darmawan, I., & Santika, R. R. (2023). DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DALAM PENJUALAN KENDARAAN PADA PT. SOLUSI INTEGRASI PRATAMA (SITAMA). Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 379–388. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/737

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>