IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES-128) UNTUK PENGAMANAN DOKUMEN PADA KLINIK PET LOVE CENTER

Penulis

  • Bagus Eka Prayoga Mahasiswa
  • Reva Ragam Santika

Kata Kunci:

Algoritma Kriptografi, Pengamanan Dokumen

Abstrak

Pengamanan pada sebuah data yang dimiliki oleh sebuah organisasi baik itu instansi pemerintah, industri, rumah sakit, sekolah dan lainnya adalah langkah yang penting. Kemajuan dan perkembangan teknologi informasi saat ini berpengaruh pada beberapa aspek kehidupan  dan mengalami kemajuan setiap informasi di bidang kesehatan. Klinik Pet Love Center merupakan klinik hewan yang berdiri sejak 2016 dan terletak di kota jakarta. Klinik Pet Love Center terdapat banyak data sensitif yang harus dijaga kerahasiaannya. Selain kemajuan teknologi yang kian meningkat, mulai dari penyimpanan data hingga pengelolaan data, penggunaan teknologi keamanan data menjadi sangat penting diperlukan. Data yang disimpan haruslah aman dari ancaman pihak yang mencoba meretas atau merusak data tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut pada Klinik Pet Love Center, diperlukan suatu aplikasi proteksi data yang dapat memproteksi dokumen yang dimiliki. Aplikasi pelindung data disini menggunakan algoritma enkripsi AES-128 (Advanced Encryption Standard-128). Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP berbasis web, dan dapat melakukan enkripsi dan dekripsi data menggunakan jenis file *.xls, *.xlsx,  *.txt,  *.pdf, *.doc, *.docx, *.ppt, dan *.pptx. Aplikasi ini dibuat agar dapat memberikan keamanan serta menjaga kerahasiaan data dan informasi Klinik Pet Love Center, serta mencegah pencurian dan manipulasi data oleh pihak yang tidak berkepentingan.

Referensi

N. Cristy and F. Riandari, “Implementasi Metode Advanced Encryption Standard (AES 128 Bit) Untuk Mengamankan Data Keuangan,” JIKOMSI (Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, vol. 4, no. 2, pp. 75-85, 2021.

D. Widyawan and Imelda, “PENGAMANAN FILE MENGGUNAKAN KRIPTOGRAFI DENGAN,” SKANIKA, vol. 4, no. 1, pp. 15-22, 2021.

Y. Putra, Y. Yunus and Sumijan, “Meningkatkan Keamanan Web Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) terhadap Serangan Cross Site Scripting,” Jurnal Sistim Informasi dan Teknologi, vol. 3, no. 2, pp. 56-63, 2021.

D. A. Meko, “Perbandingan Algoritma DES, AES, IDEA Dan Blowfish dalam Enkripsi dan Dekripsi Data,” Jurnal Teknologi Terpadu, vol. 4, no. 1, pp. 8-15, 2018.

M. Azhari, D. I. Mulyana, F. J. Perwitosari and F. Ali, “Implementasi Pengamanan Data pada Dokumen Menggunakan,” Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, vol. 2, no. 1, pp. 163-171, 2022.

A. A. Permana and D. Nurnaningsih, “RANCANGAN APLIKASI PENGAMANAN DATA DENGAN ALGORITMA ADVANCED ENCYPTION STANDARD (AES),” Jurnal Teknik Informatika, vol. 11, no. 2, pp. 177-186, 2018.

L. Mustika, “Implementasi Algoritma AES untuk pengamanan Login dan Data Customer pada E-Commerce Berbasis Web,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 7, no. 1, pp. 148-155, 2020.

I. A. R. Simbolon, I. Gunawan, I. O. Kirana, R. Dewi and S. Solikhun, “Penerapan Algoritma AES 128-Bit dalam Pengamanan Data Kependudukan pada Dinas Dukcapil Kota Pematangsiantar,” Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), vol. 1, no. 2, pp. 54-60, 2020.

A. Prameshwari and N. P. Sastra, “Implementasi Algortima Advanced Encryption Standard (AES) 128 Untuk Enkripsi dan Dekripsi File Dokumen,” Eksplora Informatika, vol. 8, no. 2, pp. 52-58, 2018.

T. Hidayat, “Encryption Security Sharing Data Cloud Computing By Using AES Algorithm: A Systematic Review,” TEKNOKOM, vol. 2, no. 2, pp. 11-16, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Prayoga, B. E., & Santika, R. R. (2023). IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES-128) UNTUK PENGAMANAN DOKUMEN PADA KLINIK PET LOVE CENTER. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 360–368. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1084

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>