Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Koin Crypto Di Indonesia Pada Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes

Penulis

  • Zakky Chandra Waskita Universitas Budi Luhur
  • Reva Ragam Santika Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

analysis, crypto, naive bayes, twitter

Abstrak

Penelitian ini diharapkan mampu menjadi bukti bagaimana perkembangan koin crypto di Indonesia dan untuk mempermudahkan masyarakat Indonesia untuk memilih jenis koin yang akan di tradingkan. Banyak masyarakat di Indonesia tertarik pada koin crypto akan tetapi banyak juga yang tidak mengetahui apa itu koin crypto dan bagaimana koin itu bekerja.

Maksud dan intensi dari studi yang dilakukan adalah melakukan analisis sentimen masyarakat terhadap pandangan masyarakat Indonesia mengenai koin crypto melalui media sosial twitter dan juga menguji keakuratan algoritma Naïve Bayes dalam melakukan analisis sentiment. Tahapan utama yang terdapat dalam penelitian ini antara lain: crawling, preprocessing, pelabelan, pemodelan, pembagian data, dan klasifikasi Naïve Bayes. Tahap preprocessing yang baik menjadi penentu dalam terbentuknya hasil yang optimal untuk tahap selanjutnya. Hasil dari studi ini ialah menggunakan perbandingan training dan testing adalah 80:20 dikarenakan mempunyai nilai akurasi yang tertinggi yaitu 76.596% dibandingkan dengan rasio lainnya. Hasil perkiraan yang dihasilkan dari pengelompokan ternyata lebih besar kepada label positif. Selain melaksanakan mengklasifikasi untuk uraian pandangan, studi ini juga menilai performa dari model yang dibuat.

Referensi

W. Yulita et al., “Analisis Sentimen Terhadap Opini Masyarakat Tentang Vaksin Covid-19 Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier,” JDMSI, vol. 2, no. 2, pp. 1–9, 2021.

F. Fathonah and A. Herliana, “Penerapan Text Mining Analisis Sentimen Mengenai Vaksin Covid - 19 Menggunakan Metode Naïve Bayes,” Jurnal Sains dan Informatika, vol. 7, no. 2, pp. 155–164, Dec. 2021, doi: 10.34128/jsi.v7i2.331.

H. Simada Ginting, K. Muslim Lhaksmana, and D. Triantoro Murdiansyah, “Klasifikasi Sentimen Terhadap Bakal Calon Gubernur Jawa Barat 2018 di Twitter Menggunakan Naive Bayes.”, 2018.

F. V. Sari and A. Wibowo, “Analisis Sentimen Pelanggan Toko Online Jd.Id Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier Berbasis Konversi Ikon Emosi,” Jurnal SIMETRIS, vol. 10, no. 2, 2019.

E. B. Santoso and A. Nugroho, “Analisis Sentimen Calon Presiden Indonesia 2019 Berdasarkan Komentar Publik Di Facebook,” Eksplora Informatika, vol. 9, no. 1, pp. 60–69, Sep. 2019, doi: 10.30864/eksplora.v9i1.254.

N. Made Yeni Dwi Rahayu, “Rancangan Penerapan Metode Naive Bayes dalam Mendeteksi Hate Speech di Media Sosial,” 2018. [Online]. Available: http://pti.undiksha.ac.id/senapati

G. K. Locarso, “Analisis Sentimen Review Aplikasi Pedulilindungi Pada Google Play Store Menggunakan NBC,” Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), vol. 6, no. 2, 2022.

M. Ridho Handoko, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Selama Kehamilan Menggunakan Metode Naive Bayes Berbasis Web,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 2, no. 1, pp. 50–58, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

D. Darwis, N. Siskawati, and Z. Abidin, “Penerapan Algoritma Naive Bayes untuk Analisis Sentimen Review Data Twitter BMKG Nasional,”, 2019, vol. 15, no. 1.

N. A. Susanti and M. Walid, “Klasifikasi Data Tweet Ujaran Kebencian Di Media Sosial Menggunakan Naive Bayes Classifier,” 2022. [Online]. Available: www.kaggle.com

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Waskita, Z. C., & Santika, R. R. (2022). Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Koin Crypto Di Indonesia Pada Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 638–644. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/229

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>