ANALISA DAN PERANCANGAN WEB E-COMMERCE UNTUK MENDUKUNG LAYANAN PENJUALAN PADA TOKO EDO SPORT

Penulis

  • Sinta Mardiningsih Universitas Budiluhur
  • Lis Suryadi Sistem Informasi

Kata Kunci:

E-commerce, Business Model Canvas (BMC), Content Management System (CMS), Toko Edo Sport

Abstrak

- Berdasarkan laporan statistik pengguna e-commerce di Indonesia meningkat 189,6 juta ditahun 2024. Dari tahun 2017 terdapat 70,8 juta pengguna e-commerce yang jumlahnya setiap tahun mengalami peningkatan. Ditahun 2018  ada 87,5 juta, pada tahun 2020 sebanyak 129,9 juta, tahun 2021 terdapat 148,9 juta, tahun 2022 terdapat 166,1 juta, tahun 2023 terdapat 180,6 juta pengguna. Bagi pelaku UMKM ini merupakan peluang yang cukup baik agar bisa naik kelas dan banyak mendapatkan keuntungan. Salah satu pelaku UMKM yang ingin bermigrasi menuju perubahan dari proses bisnis yang konvensional menuju proses bisnis  yang menggunakan teknologi internet seperti e-commerce adalah Toko Edo Sport, namun untuk menuju perubahan kearah sana masih terdapat permasalahan yang dihadapi oleh oleh Toko Edo Sport dalam mengelolah usaha tersebut, masalah yang dihadapai diantaranya sulitnya melakukan promosi produk toko yang dapat dikenal luas oleh masyarakat dan dengan berbiaya murah, selama ini media promosi produk hanya menggunakan banner dan brosur, masalah berikutnya yaitu kebutuhan informasi seperti stock barang, laporan penjualan yang dapat dilihat langsung dengan cepat, akurat oleh pemilik usaha sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan, selama ini informasi tersebut tidak tersedia, masalah selanjutnya pemilik usaha tidak ada anggaran yang cukup besar untuk membangun sebuah web e-commerce.  Dari uraian masalah diatas penulis memberikan saran dan masukan dalam menyelesaikan masalah tersebut, solusi yang harus segera dilakukan yaitu merancang web e-commerce yang handal dengan berbiaya murah bahkan gratis yaitu dengan menggunakan wordpress plugin woocommerce, dengan media website media promosi dengan mudah dilakukan misal dengan banner digital yang menarik, pemberian diskon atau potongan harga, untuk informasi kebutuhan pemilik juga sudah tersedia pada halaman admin. Perancangan sistem dengan model perancangan berorientasi obyek, Analisa masalah menggunakan fish bone, analisa model bisnis dengan Bisnis Model Canvas(BMC).  Diharapkan dengan diimplemantasikan nya web e-commerce tersebut maka dapat merubah proses bisnis yang konvensional menjadi modern berbasis teknologi internet sehingga pelaku UMKM dapat naik kelas dan berkembang dan tentunnya mendapatkan keuntungan yang diharapkan.

Referensi

Alwendi, “Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan,” J. Manaj. Bisnis, vol. 17, no. 3, pp. 317–325, 2020, [Online]. Available: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/article/view/2486

R. Pitriyani, G. Triyono, and S. Y. Nugroho, “Pengembangan Model Sistem E-Commerce Berbasis Web Dengan Content Management System (Cms),” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 4, no. 1, pp. 37–46, 2021, doi: 10.36080/idealis.v4i1.2818.

J. A. Bisnis, G. M. Rafsyanjani, A. Fauzi, A. Niaga, and P. N. Malang, “PENGEMBANGAN MEDIA PROMOSI BERBASIS WEBSITE PADA UMKM ANEKA BATIK,” 2022.

N. A. Rakhmawati, A. E. Permana, A. M. Reyhan, and H. Rafli, “Analisa Transaksi Belanja Online Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Teknoinfo, vol. 15, no. 1, p. 32, 2021, doi: 10.33365/jti.v15i1.868.

R. Irawati and I. B. Prasetyo, “Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang),” J. Penelit. Manaj. Terap., vol. 6, no. 2, pp. 114–133, 2022.

S. Avriyanti, “Strategi Bertahan Bisnis Di Tengah Pandemi Covid-19 Dengan Memanfaatkan Bisnis Digital Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Tabalong ),” J. Pemikir. dan Penelit. Adm. Publik dan Adm. Bisnis, vol. 5, no. 1, pp. 60–74, 2021, doi: 10.35722/pubbis.v5i1.380.

Ismai, “Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Pada Cafetaria NO Caffe di TAnjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan MySQL,” J. Tikar, vol. 1, no. 2, pp. 192–206, 2020, [Online]. Available: https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/teknik_informatika/article/download/153/121

N. Wijayanti and H. H. Hidayat, “Business Model Canvas (BMC) sebagai Strategi Penguatan Kompetensi UMKM Makanan Ringan di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah,” J. Agroindustri Halal, vol. 6, no. 2, pp. 114–121, 2020, doi: 10.30997/jah.v6i2.2631.

N. Musthofa and M. A. Adiguna, “Perancangan Aplikasi E-Commerce Spare-Part Komputer Berbasis Web Menggunakan CodeIgniter Pada Dhamar Putra Computer Kota Tangerang,” J. Ilmu Komput. dan Sci., vol. 1, no. 03, pp. 199–207, 2022, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/oktal

N. Widiyasono, “Implementasi Yoast Seo Dan Optimasi Keyword Untuk Meningkatkan Rank Pada Google Search Engine Result Page (Serp),” J. Siliwangi, vol. 7, no. 2, p. 2021, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Mardiningsih, S., & Suryadi, L. (2024). ANALISA DAN PERANCANGAN WEB E-COMMERCE UNTUK MENDUKUNG LAYANAN PENJUALAN PADA TOKO EDO SPORT. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 544–551. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1233

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>