PERANCANGAN DAN ANALISIS IMPLEMENTASI WEBSITE E-COMMERCE MENGGUNAKAN LARAVEL PADA PT KENBRY MARMER PRATAMA

Penulis

  • DEWI sari Fakultas Teknologi Informasi
  • Lis Suryadi Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

PT Kenbry Marmer Pratama, Proses Penjualan, E-commerce

Abstrak

PT Kenbry Marmer Pratama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang importir marmer dan granit, yang berlokasi di Kavling DPR, Jl KH Hasyim Ashari Gg. Ambon No. 174 RT.001/RW.004, Nerogtog, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten. Saat ini, PT Kenbry Marmer Pratama masih menggunakan proses penjualan secara manual, di mana pelanggan harus datang langsung ke gudang. Masalah yang dihadapi saat ini adalah mengalami keterbatasan dalam penjualan produknya, baik dari segi tempat maupun waktu, kurangnya pemantauan ketersediaan stok barang, serta pencatatan laporan penjualan dan pendapatan yang tergabung menjadi satu. Dalam pengembangan sistem informasi e-commerce untuk PT Kenbry Marmer Pratama, penulis mengikuti tahapan-tahapan tertentu. Tahap awal melibatkan pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Selanjutnya, penulis merancang sistem informasi berbasis e-commerce sebagai usulan perbaikan dalam proses bisnis. Dalam implementasinya, penulis menggunakan PHP dan database MySQL yang dikelola melalui PHPMyAdmin. Diharapkan bahwa rancangan e-commerce ini akan membantu dalam menyelesaikan masalah yang ada pada PT Kenbry Marmer Pratama. Dengan adanya sistem informasi e-commerce yang lebih efisien, diharapkan proses penjualan dapat dioptimalkan, pemantauan stok barang dapat dilakukan dengan lebih baik, dan pencatatan laporan penjualan dan pendapatan dapat terpisah dengan lebih teratur. Penulis berharap bahwa hasil rancangan ini dapat memberikan manfaat nyata bagi PT Kenbry Marmer Pratama dan dapat menjadi langkah maju dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan.

Referensi

Haryanto. A, “Implementasi E-commerce dalam Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 4(2), 165-181, 2019.

Yusuf, A., & Fathoni, M, “Pengembangan Sistem Informasi dengan Framework Laravel”, Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 5(2), 32-39, 2020.

Yunianta, A., et al, “Lean Manufacturing Implementation in Improving Quality and Productivity at PT XYZ”, Journal of Industrial Engineering and Management, 12(4), 755-772, 2019.

A. Syahrial, Supriyanto, and M. A. Putri, “Implementasi BMC Dengan Metode Design Thinking Dalam Menghadapi

Covid-19 Di IKM Pati,” J. Teknol. Dan Manaj. Ind., vol. 1, no. 2, pp. 6–14, 2020.

Prihandoko, D, “Rekayasa Perangkat Lunak dengan Pendekatan Berorientasi Objek”, Deepublish, 2018.

A. Fifit, T. Rasyid dan J. A. Aad, “Perancangan Sistem E-Commerce Untuk Penjualan Pakaian Pada Toko A&S”, Vol 6(1), 71-81, Feb 2020.

Rivanthio. R. Tubagus, “Perancangan Website E-Commerce Rikas Collection”, Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Vol 7(2), 186-195, Des 2020.

Armanda. T dan Putra. Ade Dwi, “Rancang Bangun Aplikasi E-commerce Untuk Usaha Penjualan Helm”, Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (Jatika), Vol 1(1), 17-24, Jun 2020.

M. A. Zaini dan Munir. S, “Perancangan Web E-Commerce UMKM Restoran Bakso Arema Menggunakan Framework Laravel”, Jurnal Teknologi Terpadu, Vol 5(1), 26-33, Jul 2019.

Anggara. R. S dan Pangereng. M. A. Ineke, “Perancangan Website E-Commerce Soemardjan Florist Menggunakan Framework Laravel, Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-Sakti), Vol 6(1), 21-32, Mar 2022.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

sari, D., & Suryadi, L. (2023). PERANCANGAN DAN ANALISIS IMPLEMENTASI WEBSITE E-COMMERCE MENGGUNAKAN LARAVEL PADA PT KENBRY MARMER PRATAMA. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1280–1289. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/795

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>