ANALISA DAN PERANCANGAN E-COMMERCE PADA TOKO ABU NABIL UNTUK MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN

Penulis

  • Caesar Kevin Quesnay Universitas Budi Luhur
  • Lis suryadi Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

UMKM, Abu Nabil, E-commerce, Digitalisasi

Abstrak

Toko Abu Nabil berdiri sejak tahun 2015. Pada awalnya toko Abu Nabil hanya memiliki 2 cabang yang berada di pusat perbelanjaan ITC Cempaka Mas, Jakarta. Dalam perjalannannya mengalami perkembangan yang cukup pesat. Sekarang toko Abu Nabil memiliki 6 cabang di lokasi pusat perbelanjaan yang sama yaitu di pusat perbelanjaan ITC Cempaka Mas, Jakarta. Toko ini menjual Perlengkapan baju muslim pria dan wanita beserta aksesorisnya, perlengkapan Haji dan Umroh dan Perlengkapan sholat. Toko Abu Nabil menghadapi beberapa tantangan dalam operasionalnya, seperti kurangnya media untuk promosi penjualan, kesulitan pelanggan dalam mengakses informasi stok barang yang tersedia, keterbatasan dalam keamanan bertransaksi, serta proses pembuatan laporan penjualan yang masih dilakukan secara tertulis. Sebagai solusi untuk permasalahan tersebut, penulis menyarankan penerapan sistem e-commerce berbasis Content Management System (CMS) dengan menggunakan tools dari WordPress untuk memperbaiki sistem yang saat ini berjalan. Penelitian ini menerapkan metode Business Model Canvas (BMC) untuk menganalisis model bisnis, dengan dukungan teknik Search Engine Optimization (SEO) yang digunakan dalam implementasinya untuk membantu situs website  muncul dihasil pencarian. Dengan adanya e-commerce ini, peneliti berharap dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan, menghasilkan laporan yang akurat, serta menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh Toko Abu Nabil.

Referensi

E. Murni, D. Diniati, M. Mustakim, I. Kusumanto, and A. Anwardi, “Perancangan Dan Implementasi Sistem Website E-commerce Dalam Bisnis Bakery Upaya Meningkatkan Penjualan Dan Pemasaran Menggunakan Metode Waterfall Pada Pabrik Prima Sari Bakery,” JRSI, vol. 7, p. 122, 2020.

K. Kasmi and A. N. Candra, “Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Consumers Untuk Meningkatan Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu,” J. Aktual, vol. 15, no. 2, pp. 109–116, 2017, doi: 10.47232/aktual.v15i2.27.

P. Hendriyati and A. Yusta, “IMPLEMENTASI APLIKASI E-COMMERCE BERBASIS WEB,” 2021.

Y. K. Sakti, I. A. S. W, and D. Zuhroh, “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Tehambatnya Perkembangan Umkm Sentra Ikan Bulak ( SIB ) Kenjeran Dengan Pendekatan Metode Fishbone Diagram,” Semin. Nas. Has. Penelit. dan Pengabdi. 2020, pp. 92–99, 2020.

D. Pranitasari and A. N. Sidqi, “Analisis Kepuasan Pelanggan Elektronik Shopee menggunakan Metode E-Service Quality dan Kartesius,” J. Akunt. dan Manaj., vol. 18, no. 02, pp. 12–31, 2021.

I. A. Santoso, R. Agustina, and F. Nur Akmalia, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Rumah Berbasis Web Pada PT Indah Cemani Raya Balaraja,” IJAcc, vol. 2, no. 1, pp. 22–32, 2021.

M. I. Kurniansyah and S. Sinurat, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Server Hosting dan Domain Terbaik untuk WEB Server Menerapkan Metode VIKOR,” JSON (Jurnal Sist. Komput. dan Inform., vol. 2, no. 1, pp. 14–24, 2020.

P. Surya, “Perancangan Aplikasi E-Journal on-Line Lppm Universitas Borobudur Menggunakan Cms Ojs,” JUPITER J. Penerapan Ilmu-ilmu Komput. Vol. 3 No. 2, 2017.

P. Hendriyati and A. Yusta, “Implementasi Aplikasi E-Commerce Berbasis Web,” JURSIMA (Jurnal Sist. Inf. dan Manajemen), vol. 9, no. 1, pp. 40–48, 2021.

E. Yanuarti, P. Romadiana, and Kiswanto, “MODEL WEB E-COMMERCE GUNA MEMPERLUAS PEMASARAN PRODUK FURNITURE,” J. Inf. dan Teknol., 2021.

A. Zubaidi, R. Mahardiko, and S. FDR, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Box Dan Tempat Seserahan Di ’F’Production Sruweng Berbasis Web Dengan Framework Codeigniter,” jasatec, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Kevin Quesnay, C., & suryadi, L. (2024). ANALISA DAN PERANCANGAN E-COMMERCE PADA TOKO ABU NABIL UNTUK MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1217–1225. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1273