Prototipe Sistem Monitoring Kekeruhan Dan Suhu Air Pada Peternakan Ikan Cupang Delopan

Penulis

  • Ikhsal Habib Universitas Budi Luhur
  • Sri Mulyati Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

NodeMCU ESP8266, sensor turbidity, sensor DS18B20

Abstrak

Air merupakan elemen kehidupan paling penting bagi ikan hias. Air pada ikan hias harus memiliki kualitas yang bagus agar dapat membuat ikan memilki kualitas hidup yang baik. Hal itu yang membuat kualitas air menjadi salah satu fokus perhatian bagi pemelihara ikan khususnya ikan hias. Salah satu faktor penunjang kualitas air yang baik adalah kadar kekeruhan dan juga suhu air. Faktor ini sering luput dari perhatian  para pemilik ikan hias. Pada peternakan ikan hias jenis Betta di peternakan Delopan masih memiliki kendala dalam memantau kondisi air. Hal tersebut yang mendorong peneliti untuk meneliti dan merancang sistem monitoring kekeruhan serta suhu pada air dengan menerapkan metode prototyping dan menggunakan NodeMCU ESP8266 dan Arduino UNO R3 sebagai mikrokontroler yang juga dilengkapi dengan sensor turbidity sebagai pendeteksi kekeruhan serta sensor DS18B20 sebagai pendeteksi suhu pada air. Metode ini digunakan dengan tujuan dapat memudahkan perancangan sistem. Hasil deteksi sensor akan dapat dimonitoring melalui aplikasi website serta dapat melakukan kendali kuras air jika terdeteksi keruh. Jika terdeteksi keruh angka akan berubah sesuai hasil deteksi dan timbul alert pada website. Hasil dari penelitian ini memiliki persentase keberhasilan sebesar 98.75%. Pada penelitian ini dapat menunjukan cara kerja sistem monitoring air dengan memuat data realtime dari sensor yang dapat ditampilkan pada website yang dibuat beserta notifikasi berupa alert jika kondisi air sudah keruh yang menandakan proses kontrol air bisa dilakukan dengan menyalakan pompa yang terlah dihubungkan ke sistem.

Referensi

I. B. Prasetiyo, A. A. Riadi, and A. A. Chamid, “Perancangan Smart Aquarium Menggunakan Sensor Turbidity Dan Sensor Ultrasonik Pada Akuarium Ikan Air Tawar Berbasis Arduino Uno,” J. Teknol., vol. 13, no. 2, pp. 193–200, 2021.

M. S. Ramadhan and M. Rivai, “Sistem Kontrol Tingkat Kekeruhan pada Aquarium Menggunakan Arduino Uno,” J. Tek. ITS, vol. 7, no. 1, 2018.

M. S. Son, “Pengembangan Mikrokontroler Sebagai Remote Control Berbasis Android,” J. Tek. Inform., vol. 11, no. 1, pp. 67–74, 2018.

G. D. Ramady, H. Yusuf, R. Hidayat, A. G. Mahardika, and N. S. Lestari, “Rancang Bangun Model Simulasi Sistem Pendeteksi Dan Pembuangan Asap Rokok Otomatis Berbasis Arduino,” vol. VI, no. 2, pp. 212–218, 2020.

N. H. L. Dewi, M. F. Rohmah, and S. Zahara, “Prototype Smart Home Dengan Modul Nodemcu Esp8266 Berbasis Internet of Things (Iot),” J. Tek. Inform., p. 3, 2019.

Udin, H. Hamrul, and M. F. Mansyur, “Prototype Sistem Monitoring Kekeruhan Sumber Mata Air Berbasis Internet of Things,” J. Appl. Comput. Sci. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 66–72, 2021.

R. N. Hidayat, “Perancangan Sistem Deteksi Kekeruhan Air Pada Akuarium Ikan Arwana Berbasis IoT,” KONSTELASI Konvergensi Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 391–401, 2021.

T. Rikanto, “Sistem Monitoring Kualitas Kekeruhan Air Berbasis Internet Of Thing,” J. Fasilkom, vol. 11, no. 2, pp. 87–90, 2021.

H. Harianingsih, S. Suwardiyono, N. E. B, and R. Wijanarko, “Perancangan Sistem Detektor Suhu Fermentasi Acetobacter Xylinum menggunakan Sensor DS18B20,” J. JTIK (Jurnal Teknol. Inf. dan Komunikasi), vol. 2, no. 1, p. 41, 2018.

W. D. Septyaningrum, Anita dan Kurniawan, “Analisa Sistem Pengendalan dan Monitoring Tingkat Kekeruhan Tandon Air Berbasis Arduino Uno dan Internet Of Things,” Jptm, vol. Vol. 10, no. No. 2 Tahun 2021, pp. 26–32, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Habib, I., & Mulyati, S. (2022). Prototipe Sistem Monitoring Kekeruhan Dan Suhu Air Pada Peternakan Ikan Cupang Delopan. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 895–904. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/130

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>