PENERAPAN ALGORITME K-MEANS CLUSTERING DALAM PENGELOMPOKAN PENYAKIT PASIEN PADA UPTD PUSKESMAS WURYANTORO

Penulis

  • Oktaviani Prastiwi Universitas Budi Luhur
  • Sri Mulyati Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

K-Means, Clustering, Penyakit, Diagnosa

Abstrak

Puskesmas adalah lembaga kesehatan yang terletak di tingkat kecamatan, salah satunya  UPTD Puskesmas Wuryantoroyang berlokasi di kecamatan Wuryantoro. Secara umum UPTD Puskesmas Wuyantoro menyediakan beragam layanan kesehatan untuk penduduk setempat yang buka setiap hari. Namun demikian pengelohan data rekam medis penyakit pasien yang masih ditulis secara manual mempersulit karyawan di puskesmas dan juga karyawan kesulitan untuk menghitung persentase penyakit pada pasien di puskesmas.Tujuan penelitian ini adalah menerapkan pendekatan Algoritme K-Means dalam menentukan Cluster/kelompok untuk penyakit tinggi, sedang, dan rendah untuk menjadi dasar pembuatan laporan presentase penyakit dalam 6 bulan sekali. Laporan ini dapat membantu pihak pemerintah khususnya Kementerian Kesehatan. Dalam menentukan pengelompokan diagnosa penyakit berdasarkan usia pasien menggunakan data rekam medis 6 bulan yaitu November 2022 sampai April 2023, kemudian dataset diproses dengan Algoritme K-Means Clustering. Hasil penelitian ini, ditemukan tiga kelompok data yaitu Cluster1(C1) terdiri dari 551 data, Cluster 2 (C2) terdiri dari 444 data, dan Cluster 3(C3) terdiri dari  313 data dari 18.646 data rekam medis yang telah dikelompokan sesuai penyakit yang sama mendapatkan 1.308 data. Metode untuk dapat menentukan Cluster 1 sebagai penyakit tinggi , Cluster 2 sebagai  penyakit sedang , dan Cluster 3 sebagai penyakit rendah. Evalusi Cluster menggunakan perhitungan DBI menghasil 0,6124 yang merupakan nilai yang bagus karena jika nilai DBI yang mendekati nol maka hasil perhitungan data mining akan semakin bagus.

Referensi

A. Gusman, A. H. Rahayu and C. A. Sugianto, “Algoritma K-Means Untuk Pengelompokkan Penyakit Pasien Pada Puskesmas Cigugur Tengah,” JOINT (Journal of Information Technology), vol. 02, pp. 39-44, 2020.

R. K. Sormin, Poningsih and A. V. Sinaga, “PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK PENGELOMPOKAN DIAGNOSA PENDERITA PENYAKIT MENAHUN DI PUSKESMAS PEMATANG RAYA,” SmartEDU J O U R N A L, vol. 1, pp. 1-6, 2022.

Z. Arif, B. I. Nugroho and S. Setyaningtyas, “TINJAUAN PUSTAKA SISTEMATIS PADA DATA MINING : STUDI KASUS ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING,” Jurnal TEKNOIF, vol. 10, pp. 52-61, 2022.

A. Febrianti, A. R. Iskandar and D. Astuti, “Penentuan Strategi Promosi Usaha MikroKecil Dan Menengah (UMKM)Menggunakan Metode CRISP-DM denganAlgoritmaK-Means Clustering,” Journal of Informatics, Information System, Software Engineering and Applications, vol. 1, pp. 060-072, 2019.

M. Simanjuntak, B. S. Ginting and Tanty, “Pengelompokan Penyakit Pada Pasien Berdasarkan Usia Dengan Metode K-MeansClustering(Studi Kasus : Puskesmas Bahorok),” Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, vol. 05, pp. 88-99, 2021.

A. E. Wardoyo , . A. Nilogiri and B. Purwanto, “Penerapan Algoritma K-Means Clustering Untuk Pengelompokan Penyebaran Penyakit Tbc (Studi Kasus: Puskesmas Di Kabupaten Jember),” Jurnal Smart Teknologi, vol. 3, p. 273–285, 2022.

A. Ali, “Clustering Data Antropometri Balita Untuk Menentukan Status Gizi Balita Di Kelurahan Jumput Rejo Sukodono Sidoarjo,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi , vol. 7, pp. 395-407, 2020.

K. Prastio, R. Efendi and D. Andreswari, “CLUSTERING DATA REKAM MEDIS UNTUK PENENTUAN PENYAKIT ENDEMI DI DAERAH KABUPATEN BENGKULU SELATAN DENGAN MENGIMPLEMENTASIKAN METODE FUZZYC-MEANS,” Jurnal Rekursif, vol. 11, pp. 42-52, 2023.

Puwantoro, I. E. Hendrawan and M. R. Nugroho, “Penerapan Algoritma K-Means Untuk Klasterisasi Data Obat Pada Rumah Sakit ASRI,” JURNAL NUANSA INFORMATIKA, vol. 16, pp. 125-133, 2022.

P. R. N. Saputra and A. Chusyairi, “Pengelompokan Data Puskesmas Banyuwangi Dalam Pemberian Imunisasi Menggunakan Metode K-MeansClustering,” Telematika, vol. 12, pp. 139-148, 2019.

N. Saepudin and S. Butsianto,S.Kom, M.Kom, “Penerapan Data MiningTerhadap Minat Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Dengan Metode K-Means,” Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, vol. 1, pp. 51-59, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

11-10-2023

Cara Mengutip

Prastiwi, O., & Mulyati, S. (2023). PENERAPAN ALGORITME K-MEANS CLUSTERING DALAM PENGELOMPOKAN PENYAKIT PASIEN PADA UPTD PUSKESMAS WURYANTORO . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 577–586. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/804

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>