Penerapan Algoritma AES-128 Untuk Aplikasi Pengarsipan Dokumen Berbasis Web Pada PT Studio Inovasi Teknologi

Penulis

  • Re Riski Dwi Andika Universitas Budi Luhur
  • Sri Mulyati Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Kriptografi, Data Management, Advanced Encryption Standard, AES-128, Enkripsi, Dekripsi, Php : Hypertext Preprocessor

Abstrak

PT Studio Inovasi Teknologi (Studio IT) merupakan salah satu perusahaan konsultan software. Sebagai konsultan tentunya memiliki berbagai dokumen penting yang berhubungan dengan pelanggan. Terdapat banyak file dokumen penting yang memungkinkan terjadinya pencurian data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini membuat dokumen penting berisiko jatuh ke tangan yang salah. Dokumen yang penting berupa perjanjian dan persetujuan serta perjanjian transaksi  dengan pelanggan. Dalam penelitian ini, penulis menawarkan sistem pengolahan file dengan mengenkripsi file  penting atau rahasia agar lebih aman. Penulis menggunakan algoritma Advanced Encryption Standard -128 karena algoritma aes termasuk ke dalam kriptografi dengan enkripsi dan dekripsi yang beroperasi dalam mode bit dengan panjang kunci 128-bit. Bahasa pemrograman php digunakan penulis untuk membuat sistem tersebut. Dengan aplikasi managemen file ini, penyimpanan dokumen akan aman dan tidak bocor kepada pihak yang tidak bertanggung jawab. Penulis dapat mengidentifikasi bahwa tujuan dari aplikasi ini adalah managemen file untuk dapat menjaga dan melindungi kerahasiaan informasi, dan berguna bagi Studio IT dalam mengelola dokumen dan menjaga kerahasiaan.

Referensi

Asriyanik, “Studi Terhadap Advanced Encryption Standard (AES) dan Algoritma Knapsack Dalam Pengamanan Data,” SANTIKA:Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi, vol. 7, no. 1, pp. 553–561, 2017.

M. M. Amin, “Implementasi Kriptografi Klasik Pada Komunikasi Berbasis Teks,” Pseudocode, vol. 3, no. 2, pp. 129–136, Jan. 2017.

Munawir, Zulfan, Y. Yanti, dan Mudianto, “Teknik Pengamanan File Dokumen Berbasis Text Menggunakan Metode Advanced Encryption Standard (AES),” Semin. Nas. II USM 2017 Eksplor. Kekayaan Marit. Aceh di Era Glob. dalam Mewujudkan Indones. sebagai Poros Marit. Dunia, vol. 1, pp. 87–90, 2017.

A. Prameshwari dan N. P. Sastra, “Implementasi Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) 128 Untuk Enkripsi dan Dekripsi File Dokumen,” Eksplora Informatika, vol. 8, no. 1, pp. 52-58, 2018.

V. Lusiana, “Implementasi Kriptografi Pada File Dokumen Menggunakan Algoritma Aes-128,” J. Din. Inform., vol. 3, no. 2, pp. 79–83, 2011.

V. Yuniati, G. Indriyanta, dan A. Rachmat C., “Enkripsi Dan Dekripsi Dengan Algoritma Aes 256 Untuk Semua Jenis File,” Jurnal Informatika., vol. 5, no. 1, pp.1-10, 2009.

F. Muharram, H. Azis, dan A. R. Manga, “Analisis Algoritma pada Proses Enkripsi dan Dekripsi File Menggunakan Advanced Encryption Standard (AES),” Proc. of the Seminar Nasional Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, vol. 3, no. 2, pp. 112–115, 2018.

B. O. Sinaga, D. Almahera, S. Wahyuni, dan I. Saputra, “Pengamanan File Docx Menerapkan Algoritma Gronsfeld,” Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains, pp. 438–446, 2020, [Online]. Available: https://www.prosiding.seminar-id.com/index.php/sainteks/article/view/472

F. N. Pabokory, I. F. Astuti, dan A. H. Kridalaksana, “Implementasi Kriptografi Pengamanan Data Pada Pesan Teks, Isi File Dokumen, Dan File Dokumen Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard,” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 10, no. 1, pp. 20-31, 2015.

D. Nurnaningsih dan A. A. Permana, “Rancangan Aplikasi Pengamanan Data Dengan Algoritma Advanced Encyption Standard (Aes),” J. Tek. Inform., vol. 11, no. 2, pp. 177–186, 2018..

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Andika, R. R. D., & Mulyati, S. (2022). Penerapan Algoritma AES-128 Untuk Aplikasi Pengarsipan Dokumen Berbasis Web Pada PT Studio Inovasi Teknologi. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 411–420. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/473

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>