IMPLEMENTASI WEBSITE E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (STUDY KASUS: PT DETERDOR BASE)

Penulis

  • Ihsanuddin Sriyono Universitas Budi Luhur
  • Ita Novita Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

e-commerce, CMS, BMC, Percetakan, SEO

Abstrak

PT. Deterdor Base merupakan perusahaan yang beroperasi dalam sektor percetakan, di mana saat inilah transaksi pemesanan dilakukan melalui e-mail dan whatsApp. Tantangan yang dihadapi adalah kesulitan dalam menarik customer baru, karena banyak pesaing yang sudah menggunakan platform e-commerce. Studi ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem e-commerce berbasis Content Management System (CMS) dengan menggunakan platform wordpress. Dengan meningkatnya kebutuhan  solusi digital di bidang percetakan, diharapkan sistem e-commerce ini dapat meningkatkan efisiensi penjualan dan pengelolaan layanan secara online. Metode pengumpulan data yang digunakan mencakup observasi, wawancara, dan studi literatur. Untuk pemodelan sistem, menggunakan Unified Modeling Language (UML), Business model canvas (BMC) untuk menggambarkan model bisnis perusahaan, serta Search Engine Optimization (SEO) sebagai strategi pemasaran. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan sistem e-commerce yang diharapkan mampu meningkatkan efisiensi operasional dan penjualan produk percetakan PT. Deterdor Base serta memperkuat daya saing perusahaan di pasar percetakan online.

Referensi

R. Afandi and D. Anubhakti, “Analisa Dan Perancangan E-Commerce Pada Rahmatika Digital Printing,” IDEALIS: InDonEsiA journaL Information System, Vol 2, No. 3, pp.62-68. 2019.

Z. Sitorus, “Implementasi Konsep Business To Customer Dengan Teknologi E-Commerce Berbasis Web (Studi Kasus: Toko Sepatu Bunut Kisaran),” J. Pionir Lppm Univ. Asahan, vol. 5, no. 2, pp. 71–78, 2019.

M. Imam, “Rancangan E-Commerce Berbasis Content Management System (CMS) Pada Toko Desslerid,” 2023.

H. R. Siti Nurzanah, “As-Syirkah : Islamic Economics & Finacial Journal,” As-Syirkah Islam. Econ. Finacial J., vol. 1, no. 1, pp. 39–56, 2022, doi: 10.56672/assyirkah.v3i2.221.

Riandika, D. and Hamdani, A.U., "Implementasi E-Commerce Dengan Teknik SEO dan Strategi Pemasaran 4P Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Aksesoris Motor Pada XYZ Motoshop." Jurnal Media Informatika Budidarma, Vol 4, No. 3, pp.785-796., 2020, doi: 10.30865/mib.v4i3.2242.

R. Ramadhani, A. Sahid, H. H. Nabila, and I. Prastya, “Perancangan Sistem Informasi Berbasis Web untuk Layanan Pelanggan Di Segitiga Bermuda Café Coffee & Eatery Menggunakan Metode Waterfall,” BINER: Jurnal Ilmu Komputer, Teknik dan Multimedia, vol. 2, no. 2, pp. 89–99, 2024.

Faisal and Diana, “Implementasi Website E-Commerce Berbasis Content Management System Wordpress Pada Toko Pesona Tanaman,” J. IKRAITH-INFORMATIKA, vol. 5, no. 3, pp. 121–131, 2021.

A. Rochman, M. I. Hanafri, and A. Wandira, “Implementasi Website Profil SMK Kartini Sebagai Media Promosi dan Informasi Berbasis Open Source,” Acad. J. Comput. Sci. Res., vol. 2, no. 1, pp. 46–51, 2020, doi: 10.38101/ajcsr.v2i1.272.

Ihramsyah and V. Yasin, “Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Penjualan,” J. Widya, vol. 4, no. 1, pp. 117–139, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.amikwidyaloka.ac.id/index.php/awl

M. Y. Bagaskhara, G. Gata, A. Widjaja, and B. D. Andah, “Implementasi E-Commerce Berbasis Content Management System (CMS) WOrdpress Pada Toko Mainan Koleksi DCR Diecast,” Semin. Nas. Mhs. Fak. Teknol. Inf. Ke-2, vol. 2, no. 1, pp. 809–814, 2023.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Sriyono, I., & Novita, I. (2024). IMPLEMENTASI WEBSITE E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (STUDY KASUS: PT DETERDOR BASE) . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1731–1739. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1531