Desain Dan Implementasi E-Commerce Dengan Business Model Canvas (BMC) Guna Meningkatkan Penjualan Pada Jayyid Shop

Penulis

  • Raihan Arrafidan Universitas Budi Luhur
  • Samsinar Samsinar Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

accessories Headphone, e-commerce, barang

Abstrak

Teknologi informasi berkembang pesat saat ini, seiring berjalannya waktu, banyak perusahaan yang mengalihkan perhatiannya ke dunia digital, agar dapat bersaing dengan kompetitornya dalam penjualan. Hal tersebut dapat memudahkan pengguna untuk menemukan sesuatu di Internet. Jayyid Shop adalah salah satu toko yang menjual aksesoris handphone diantaranya headphone, kabel data, charger headphone, dan lain-lain. Saat ini Jayyid Shop masih melakukan penjualan dengan cara langsung ke pelanggan dan setiap data transaksi di rekap dengan menggunakan Excel, kurangnya media promosi untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas, sehingga seluruh proses penjualan belum efisien, pelanggan pun memiliki keterbatasan dalam mengakses produk yang dijual, dikarenakan harus datang langsung ke toko untuk melihat dan membeli produk yang diinginkan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibutuhkan sebuah media penjualan secara online (E-Commerce) dengan menggunakan metode model bisnis yang dianalisis menggunakan business model canvas. E-Commerce dirancang memanfaatkan tools dari Content Management System WordPress yang bertujuan untuk memudahkan pemilik toko dan admin dalam penjualan produk, serta mempermudah pelanggan untuk mencari produk-produk yang dijual, dan meningkatkan jangkauan pasar. Hasil dari penelitian ini, website Jayyid Shop yang digunakan untuk jalannya proses bisnis yang sebelumnya data transaksi masih direkap menggunakan excel secara manual. Dengan diterapkannya E-Commerce pada Jayyid Shop, maka dapat lebih mempermudah Admin dan juga Pemilik untuk membuat laporan.

Referensi

M. Alwiyah dan G. Gata, “E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan Sepatu Sneakers Bintaro,” J. IDEALIS, vol. 2, no. 6, pp.345-350, 2019.

Y. Apridiansyah dan A. Wijaya, “Aplikasi E-Commerce Hasil Laut Bengkulu Dengan Penerapan Algoritma Seo Menggunakan Model Sematik Web,” J. Sist. Inf. dan E-Bisnis, vol. 1, no. 5, pp. 194–200, 2019.

A. Gunawan dan A. U. Hamdani, “Implementasi E-Commerce Dengan Pendekatan Bmc, CMS, SEO dan Strategi Mix Marketing,” Proceeding Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi), vol. 5, no. 1, pp.733-740, 2021.

S. Samsinar dan R. H. Santoso, “Desain dan Implementasi E-Commerce Berbasis Content Management System dengan Business Model Canvas pada Maen Vape Store,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 9, no. 2, pp. 75-80, 2021.

P. Arief Indrawan dan A. Diana, “Perancangan E-Commerce dengan Business Model Canvas untuk Peningkatan Penjualan pada Toko Parfum,” J. Telemat., vol. 15, no. 1, pp. 19–28, 2020.

M. K. Mittal, N. Kirar, dan J. Meena, “Implementation of Search Engine Optimization : Through White Hat Techniques,” Proc. - IEEE 2018 Int. Conf. Adv. Comput. Commun. Control Networking, ICACCCN 2018, vol. 5, no. 2, pp. 674–678, 2018.

A. Sovia Pramudita, “Formulasi Model Bisnis Hostel di Bandung dengan Pendekatan Value Chain dan Business Model Canvas (Studi Kasus: Pinisi Backpacker),” ISEI Bus. Manag. Rev., vol. 2, no. 1, pp. 32–38, 2018.

M. I. Monoarfa, Y. Hariyanto, dan A. Rasyid, “Analisis Penyebab bottleneck pada Aliran Produksi briquette charcoal dengan Menggunakan Diagram fishbone di PT. Saraswati Coconut Product,” Jambura Ind. Rev., vol. 1, no. 1, pp. 15–21, 2021.

G. A. P. Noor dan Samsinar, “Implementasi E-Commerce Menggunakan Content Management System Untuk Pemasaran Produk Pada Lumi,” Jurnal IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 552–559, 2020.

D. I. Permatasari, “Pengujian Aplikasi menggunakan metode Load Testing dengan Apache JMeter pada Sistem Informasi Pertanian,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 8, no. 1, pp.135-139, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Arrafidan, R., & Samsinar, S. (2022). Desain Dan Implementasi E-Commerce Dengan Business Model Canvas (BMC) Guna Meningkatkan Penjualan Pada Jayyid Shop. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1787–1795. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/211

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>