Implementasi Website E-Commerce Berbasis Content Management System (CMS) Wordpress Pada Toko Tanaman Anmuta

Penulis

  • Rizky Adhi Prawitama Universitas Budi Luhur
  • Anita Diana Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

e-commerce, business model canvas (BMC), content management system (CMS), tanaman

Abstrak

Toko Tanaman Anmuta  merupakan usaha yang bergerak dalam penjualan produk tanaman. Toko Tanaman Anmuta memiliki toko fisik yang berada di Pasar Kemis, Kota Tangerang dan juga melakukan penjualan online di social media Instagram dan Whatsapp. Permasalahan yang terjadi kurangnya dalam mempromosikan penjualan sehingga barang lama sulit terjual, ditambah turunnya kepercayaan pelanggan untuk membeli produk akibat kurangnya info detail produk di Instagram. Permasalahan lainnya kurang maksimalnya dalam membuat data laporan karena sering terjadinya kesalahan dalam pencatatan data transanksi pada excel. Maka dari itu Anmuta Indonesia ingin membuat website sendiri untuk memaksimalkan penjualannya. Metode Penelitian ini membangun dan merancang E-Commerce dengan Content Management System (CMS) berbasis wordpess, dengan menggunakan metode Business Model Canvas (BMC) dan menggunakan SEO (Search Engine Optimization). Untuk membantu perencanaan proses bisnis serta menjadikan situs web tersebut muncul pada page pertama mesin pencari agar dapat memudahkan pelanggan  menemukan situs web dengan pemesanan serta proses pembayaran produk dengan metode pembayaran otomatis. Proses pembayaran bisa melalui transfer bank dan e-wallet. Lalu pihak Anmuta memvalidasi untuk pembayaran jika pelanggan sudah melakukan pembayaran. Penelitian ini menghasilkan sebuah fitur katalog produk, keranjang dan checkout pada system e-commerce, adanya fitur coupon, dengan menerapkan SEO dan pemasaran dapat membantu peningkatan penjualan dan menghasilkan sistem e-comerce yang menampilkan laporan penjualan dan produk terlaris secara otomatis.

Referensi

D. Faisal,Anita Diana,Retno Utari, “Implementasi Website E-Commerce Berbasis Content Management System Wordpress Pada Toko Pesona Tanaman,” 2021.

H. T. L. Sajiah, “Perancangan Aplikasi Pelayanan E-Commerce Tanaman Hias Berbasis Android,” 2021.

A. . E. & M. S. Arman, “Analisa Dan Perancangan Aplikasi Penjualan Tanaman Hias,” 2019, Accessed: May 29, 2022. [Online]. Available: Https://Doi.Org/10.31849/Digitalzone.V10i1.2346

M. D. Lusita, Y. I. Chandra, And E. Orlando, “Penerapan Model Rapid Application Development Dalam Membangun Aplikasi E-Commerce Tanaman Hias Di Toko Anak Tanam Berbasis Web,” Vol. 2, Pp. 68–78, 2022.

P. U. Musthofa And Y. Amrozi, “Model Situs E-Commerce Tanaman Hias,” J. Simada (Sistem Inf. Dan Manaj. Basis Data), Vol. 4, No. 1, Pp. 11–21, 2021, [Online]. Available: Https://Jurnal.Darmajaya.Ac.Id/Index.Php/Simada/Article/View/2615

A. Peter Widodo, P. Budi Santoso, Z. Darmawan, And J. M. Jl Haryono, “Perancangan Website E-Commerce Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Produk Pada Toko Mebel Dengan Menggunakan Tool Opencart (Studi Kasus Di Toko Mebel Fortuna) E-Commerce Website Design As An Effort To Increase Product Sales In Furniture Store By Using Opencart (Case Study In Fortuna Furniture Store),” 2015.

Osterwalder & Pigneur, “Business Model Generation: A Handbook For Visionaries, Game Changers, And ... - Alexander Osterwalder, Yves Pigneur - Google Buku,” 2010. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Hl=Id&Lr=&Id=Uzutawaaqbaj&Oi=Fnd&Pg=Pp1&Dq=Osterwalder+%26+Pigneur,+2010&Ots=Yygpejg3-Y&Sig=Gjhmewepprwpganrrirzzztxhgg&Redir_Esc=Y#V=Onepage&Q=Osterwalder %26 Pigneur%2c 2010&F=False (Accessed May 29, 2022).

M. Levy And B. A. Weitz, Retailing Management, 8th Ed. New York Ny: Mcgraw-Hill Irwin, 2012.

Suendri, “Implementasi Diagram Uml (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: Uin Sumatera Utara Medan),” Algoritm. J. Ilmu Komput. Dan Inform., P. 1, 2018, [Online]. Available: Http://Www.Omg.Org

H. Artanto And F. Nurdiyansyah, “Penerapan Seo (Search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Penjualan Produk,” Jointecs (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., Vol. 2, No. 1, Pp. 2–5, 2017, Doi: 10.31328/Jointecs.V2i1.409.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Prawitama, R. A., & Diana, A. (2022). Implementasi Website E-Commerce Berbasis Content Management System (CMS) Wordpress Pada Toko Tanaman Anmuta. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 1883–1892. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/324

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama