Penerapan Algoritma TOPSIS Untuk Menentukan Pelanggan Terbaik Pada Toko Rangkuti

Penulis

  • Zulhamdi Zulhamdi Universitas Budi Luhur
  • Subandi Subandi Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

data mining, web, pelanggan terbaik, algoritma topsis

Abstrak

Pelanggan merupakan sebuah aset bagi setiap pelaku usaha, dengan adanya pelanggan maka keberlangsungan usaha akan terus tetap berjalan, sebaliknya jika tidak ada pelanggan maka keberlangsungan usaha akan terhenti. Toko Rangkuti merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang penyediaan barang kebutuhan pokok. Sebagai bentuk apresiasi terhadap pelanggan, toko mencoba untuk  memberikan sebuah apresiasi atau penghargaan terhadap pelanggan terbaik, hal ini dilakukan untuk menjaga hubungan baik pelanggan, serta menjaga pelanggan agar tidak pergi atau berhenti menjadi pelanggan pada toko Rangkuti, dikarenakan hal tersebut dapat mengakibatkan terganggunya keberlangsungan usaha. Namun dalam pemilihan pelanggan terbaik pada saat ini kurang memadai untuk memilih dan menentukan pelanggan terbaik, hal ini disebabkan karena belum adanya sistem yang dapat membantu mengolah data pelanggan secara cepat dan tepat dalam memperolah data pelanggan terbaik sehingga tidak salah sasaran dalam memberikan apresiasi atau penghargaan kepada pelanggan terbaik. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti mencoba menyelesaikannya dengan mengembangkan sebuah sistem dengan mengimplimentasikan kumpulan data  dari data pelanggan toko Rangkuti untuk dapat menganalisasi, memproses dan menghasilkan data pelanggan terbaik. Hasil yang diperoleh dari pembuatan sistem nantinya akan dijadikan sebagai pendukung atas pengambilan keputusan terhadap pemilihan pelanggan terbaik pada toko Rangkuti secara cepat tepat dengan data yang efektif.

Referensi

(2020) Retrieved From Rumus Hitung Nilai Alternatif Menggunakan Metode Topsis Https://Www.Kodingbuton.Com/2020/10/Rumus-Menghitung-Metode-Topsis.Html

Bhalqis, Y. Y. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Smartphone Terbaik Menggunakan Metode Topsis. Journal Of Information System And Technology.

Handayani, M. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Topsis Dalam Penentuan Karyawan Terbaik Pada Pt.Hexpharm Jaya. Bekasi: Sekolah Tinggi Teknologi Pelita Bangsa.

Hardita, V. C., Utami, E., & Luthfi, E. T. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sales Terbaik. Citec Journal.

Hertyana, H. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Topsis. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer.

Kristiana, T. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Dengan Menggunakan Metode Topsis Untuk Pemilihan Lokasi Pendirian Grosir Pulsa. Paradigma.

Kurnialensya, T., & Abidin, R. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pelanggan Terbaik Dan Pemberian Diskon Menggunakan Metode Saw & Topsis. Jurnal Ilmiah Elektronika Dan Komputer, 18.

Muljadi, A., Khumaidi, A., & Chusna, N. L. (2020). Implementasi Metode Topsis Untuk Menentukan Karyawan Terbaik Berbasis Web Pada Pt. Mun Hean Indonesia. Jurnal Ilmiah Merpati .

Muzakkir, I. (2017). Penerapan Metode Topsis Untuk Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Keluarga Miskin Pada Desa Panca Karsa Ii . Ilkom.

(2018). Perhitungan Spk Topsis Menggunakan Excel. Https://Cahnewbie.Blogspot.Com/2018/12/Perhitungan- Spk-Topsis-Menggunakan-Excel.Html

R, M. A. (2019). Pemanfaatan Metode Technique For Order Preference By Similiarity To Ideal Solution (Topsis) Untuk Menentukan Pelanggan Terbaik. Jurnal Informasi Dan Komputer.

Rachmat, I. F., & Winanti. (2019). Penerapan Metode Topsis Pada Perancangan Sistem Pengambilan Keputusan Penentuan Hasil Produksi Velg Motor Terbaik (Studi Kasus PT.Batavia Cyclindo Industri) . Ipsikom Vol 7 No. 2 .

Romdoni, M. R., Faizal, M., & Pratama, G. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Teknisi Terbaik PT.Telkom Indonesia Tanjung Pinang Menggunakan Metode Topsis. Bangkit Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Zulhamdi, Z., & Subandi, S. (2022). Penerapan Algoritma TOPSIS Untuk Menentukan Pelanggan Terbaik Pada Toko Rangkuti. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 594–599. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/418

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>