PENERAPAN E-COMMERCE DENGAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM PADA APOTEK NICO SEHAT

Penulis

  • Ramma Trilenda Universitas Budi Luhur
  • Dian Anubhakti budi luhur

Kata Kunci:

apotek, business model canvas, content management system, SEO, Social Media

Abstrak

Kemajuan teknologi dan informasi telah berdampak signifikan bagi masyarakat Indonesia, yang mencakup kemajuan di berbagai aspek kehidupan seperti pendidikan, ekonomi, hiburan, teknologi, dan kesehatan. Salah satu contoh kemajuan teknologi dalam bidang kesehatan adalah penerapan E-commerce pada apotek. E-commerce pada apotek memungkinkan kemudahan dan kenyamanan dalam pembelian obat secara online bagi pelanggan. Apotek Nico Sehat adalah sebuah usaha mikro yang menjual berbagai produk farmasi dan sudah menerapkan penggunaan E-commerce, namun permasalahannya adalah dalam penggunaannya masih belum dikelola dengan baik, seringkali pesanan pelanggan ditolak karena ketidaksesuaian stok barang yang ada di apotek dan menyebabkan rating apotek kurang baik. Kondisi ini menyebabkan apotek belum dapat mengoptimalkan pendapatan melalui perkembangan teknologi yang ada. Permasalahan yang lainnya adalah apotek belum mempunyai website sendiri, maka konsumen harus memesan produk melalui platform lain yaitu farmaku. Karena memakai platform lain yaitu farmaku laporan penjualan harus menunggu e-mail dari platfrom tersebut, laporan yang dikirim hanya per-minggu oleh farmaku sehingga rekapitulasi data dilakukan harus berulang kali untuk diinput manual ke aplikasi Microsoft Excel. Dalam rangka mengatasi kondisi yang terjadi pada Apotek Nico Sehat, penulis melakukan observasi untuk menganalisis permasalahan tersebut dengan membangun website E-commerce. Penulis menggunakan aplikasi Content Management System (CMS) untuk penerapan sistem E-commerce, memanfaatkan Business Model Canvas dalam menganalisis pola usaha perusahaan, menggunakan Search Engine Optimization (SEO) On Page untuk optimasi eksplorasi kata kunci di mesin pencari, dan marketing melalui Social Media. Hasil akhir dari observasi ini yaitu sebuah website E-commerce yang memberikan fasilitas pelayanan pelanggan yang lebih baik, mengoptimalkan penjualan, serta dapat memudahkan perolehan laporan data yang akurat dengan mudah bagi Apotek Nico Sehat tanpa merekap data berulang.

 

Referensi

R. Handayani and H. Ali, “Faktor yang mempengaruhi E-Commerce: Internet, Metode Pembayaran, dan Logistik”.

S. Rahman, Buku Sakti SEO WordPress dan Joomla. Elex Media Komputindo, 2018.

Arina Nur Syahputri and Dimas Aryo Anggoro, “Penerapan Sistem Informasi Penjualan Dengan Platform E-Commerce Pada Perusahaan Daerah Apotek Sari Husada Demak,” SINTECH (Science and Information Technology) Journal, vol. 3, no. 1, pp. 58–69, 2020, doi: 10.31598/sintechjournal.v3i1.540.

S. Nabila. Adella Rifiandika Putri, Annizhamul Hafizhah, Fauzia Hayati Rahmah, Riki Muslikhah, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Obat Online Pada Apotek Dara Berbasis Website,” Jurnal AKRAB JUARA, vol. 6, no. 4, pp. 100–107, 2021.

I. Wahyuni, O. Oktaviani, and E. F. Rahayu, “Rancang Bangun Website E-Commerce Penjualan Pada Toko Obat Apotek Sumber Sehat Menggunakan PHP Dan MySQL,” ICIT Journal, vol. 8, no. 2, pp. 231–245, 2022, doi: 10.33050/icit.v8i2.2412.

H. Ali, “Modul Strategic Management: Canvas Business Model, Diversification, Balance Scorecard,” Universitas Mercu Buana. Jakarta, 2020.

S. Mulyani, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah: Notasi Pemodelan Unified Modeling Language (UML). Abdi Sistematika, 2017.

S. K. M. Dewi Kurniasih and M. KES, Failure in Safety Systems: Metode Analisis Kecelakaan Kerja. Zifatama Jawara, 2020.

M. R. Haiqal and Y. Yuliazmi, “Perancangan E-Commerce Pada Jeys Corner Untuk Meningkatkan Penjualan Menggunakan Metode Business Model Canvas,” IDEALIS: InDonEsiA journaL Information System, vol. 3, no. 2, pp. 568–573, 2020.

R. Arianto, A. K. Al Anam, B. Devi, and A. Rachman, “Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Inventory Pada Cv Wijaya Las Kediri Menggunakan Model Waterfall,” Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer), vol. 20, no. 2, p. 73, 2021, doi: 10.53513/jis.v20i2.3749.

S. Mulyani, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah: Notasi Pemodelan Unified Modeling Language (UML). Abdi Sistematika, 2017.

F. Almeida and J. Santos, The business plan reference manual for IT businesses. CRC Press, 2022.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Trilenda, R., & Anubhakti, D. (2023). PENERAPAN E-COMMERCE DENGAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM PADA APOTEK NICO SEHAT. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1240–1249. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/754

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>