PENERAPAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) PADA TOKO COMBI SHOP

Penulis

  • Ivan Dhafalla Universitas Budi Luhur
  • Dian Anubhakti Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

E-commerce, Wordpress, Content Management System, Business Model Canvas, Website

Abstrak

Bersaing di dunia bisnis dalam perkembangan teknologi informasi semakin berkembang cepat dan berdampak kepada masyarakat. Hampir semua kegiatan manusia sekarang menggunakan internet. Teknologi modern saat ini hampir menguasai semua bidang, bahkan transaksi jual beli dilakukan lewat online melalui e-commerce . Toko Combi Shop saat ini menjual berbagai jenis pakaian fashion wanita. Saat ini Combi Shop memiliki media sosial namun informasi mengenai transaksi tidak dapat dimiliki oleh pemilik usaha sehingga pelanggan yang datang hanya sekitaran wilayah toko saja. Selama ini Combi Shop masih menggunakan toko fisik saja untuk berjualan . Combi Shop juga tidak memiliki laporan lengkap hasil penjualan sehingga menyulitkan pemilik usaha untuk mendapatkan data laporan hasil transaksi penjualannya. Oleh karena itu, peneliti berusaha mengimplementasikan e-commerce menggunakan layanan internet, hosting, dan domain dengan bantuan Content Management System (CMS) WordPress untuk mendukung aktivitas toko Combi Shop mendapatkan informasi-informasi data yang selama ini dibutuhkan. Analisis sistem ini menggunakan Business Model Canvas (BMC) dan teknik optimasi Search Engine Optimization (SEO). Tahap pengumpulan data yang penting meliputi wawancara,observasi dan analisis dokujmen. Website e-commerce ini dibuat dan  bisa  langsung digunakan oleh Combi Shop agar  bisa bersaing dengan toko online lainnya. Bantuan situs e-commerce ini juga bertujuan untuk menarik pelanggan dari mana saja dan melakukan transaksi kapan saja tanpa harus datang ke tempat.

Referensi

D. Riswandi, “TRANSAKSI ON-LINE (E-COMMERCE) : PELUANG DAN TANTANGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM,” Jurnal Econetica, vol. 1, pp. 1–13, 2019.

S. S. Widiastuti and G. Triyono, “PENERAPAN E-COMMERCE DENGAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) UNTUK PELAYANAN PENJUALAN BUSANA MUSLIM PADA TOKO NOEM,” J u r n a l I D E A L I S, vol. 2, pp. 404–411, 2019.

Ratih and A. D. Sukma, “IMPLEMENTASI E-COMMERCE MENGGUNAKAN CMS WORDPRESS PADA UMK ORGANIK HEBAT,” Jurnal Teknologi dan Bisnis, vol. 3, pp. 98–109, 2021.

Syuhendra and A. U. Hamdani, “PENJUALAN ONLINE BERBASIS E-COMMERCE PADA TOKO ADHIZZSHOP DENGAN MENGGUNAKAN WOOCOMMERCE,” J u r n a l I D E A L I S, vol. 3, pp. 26–34, 2020.

Y. A. Sujarwo and A. Ratnasari, “Aplikasi Reservasi Parkir Inap Menggunakan Metode Fishbone Diagram dan QR-Code,” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), vol. 9, no. 3, pp. 302–309, Aug. 2020, doi: 10.32736/sisfokom.v9i3.808.

R. Awaluddin, “PELATIHAN PENGEMBANGAN BISNIS BUMDES DENGAN ANALISIS SWOT DAN BUSINESS MODEL CANVAS DI DESA LENGKONG, KUNINGAN,” Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 04, pp. 116–125, 2021.

G. F. Fitriana, “Pengujian Aplikasi Pengenalan Tulisan Tangan Menggunakan Model Behaviour Use Case,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 7, pp. 200–213, 2020.

A. T. Martadinata and I. Zaliman, “Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi E-Commerce dengan menggunakan Content Management System (CMS), WooCoomerce dan Xendit Pada Koperasi Universitas Bina Insan,” JURNAL SIGMATA, vol. 9, pp. 16–21, 2020.

F. Anastasya, I. Agus, and B. M. W. Hutajulu, “PERANCANGAN APLIKASI PENJUALAN, PEMBELIAN PADA TOKO NODENT STORE BERBASIS JAVA NETBEANS DI BUARAN JAKARTA TIMUR,” Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer, vol. 11, pp. 50–55, 2021.

D. Riandika and A. U. Hamdani, “Implementasi E-Commerce Dengan Teknik SEO dan Strategi Pemasaran 4P Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Aksesoris Motor Pada XYZ Motoshop,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 4, no. 3, p. 785, Jul. 2020, doi: 10.30865/mib.v4i3.2242.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Dhafalla, I., & Anubhakti, D. (2023). PENERAPAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) PADA TOKO COMBI SHOP . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1220–1229. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/746

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>