IMPLEMENTASI ALGORITME FREQUENT-PATTERN GROWTH UNTUK MARKET BASKET ANALYSIS BERBASIS WEB PADA COFFEE & BURGER

Penulis

  • Rizqa Amanah Akhiriyah Universitas Budi Luhur
  • Mohammad Syafrullah Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

coffee shop, FP-Growth, Data Mining, Market Basket analysis

Abstrak

Pada era sekarang dimana salah satu bisnis yang beberapa tahun ini diminati yaitu adalah coffee shop. Genarasi Y dan Z yang mengkonsumsi kopi meciptakan gaya hidup baru, dan menjadikan peningkatan konsumsi kopi yang tinggi sehingga coffee shop di Indonesia semakin berkembang. Coffee & Burger (CNB)\ salah satu coffee shop di Indonesia yang telah sukses di pembukaan gerai pertamanya di Impres, Ciledug, Coffee Shop CNB mengembangkan perusahaannya dengan membuka cabang baru di daerah Lengkong, BSD tetapi minat konsumen untuk membeli produknya belum bisa menyamai penjualan di gerai CNB Impress, Ciledug. Tujuan  penelitian ini adalah untuk memahami pola pembelian yang dilakukan oleh konsumen dengan tujuan meningkatkan penjualan di Gerai CNB Lengkong agar dapat menyamai penjualan di gerai pertamanya. Sistem ini dikembangkan berdasarkan data transaksi penjulan di CNB Lengkong, yang kemudian di proses menggunakan teknik data mining. Dalam Kasus ini, metode yang paling tepat digunakan adalah analisis asosiasi atau biasa dikenal market basket analysis.  Metode ini berfokus pada analisis pola pembelian produk yang dilakukan secara persamaan oleh pembeli dalam waktu yang sama. Penelitian ini memilih algoritma FP-Growth karena prosesnya lebih efisien dan cepat. Proses pengujian dalam penelitian ini menggunakan 505 transaksi dengan 1130 item transaksi. Penelitian ini menggunakan nilai minimum support sebesar 1% dan minimum confidence sebesar 45%, yang hasilnya ditemukan sebanyak 5 rule dengan nilai lift ratio melebihi 1.

Referensi

S. N. Karima And T. C. Tjokrosoekarto, “Kopi Kenceng Marketing Strategy On Instagram And Facebook During The Pandemic,” Int. J. Innov. Sci. Res. Technol., Vol. 5, No. 11, Pp. 676–681, 2020.

G. Gunadi And D. I. Sensuse, “Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Buku Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Dan Frequent Pattern Growth ( Fp-Growth ) :,” Telematika, Vol. 4, No. 1, Pp. 118–132, 2012.

R. Fitria, W. Nengsih, And D. H. Qudsi, “Implementasi Algoritma Fp-Growth Dalam Penentuan Pola Hubungan Kecelakaan Lalu Lintas,” J. Sist. Inf., Vol. 13, No. 2, P. 118, 2017.

Yuli Mardi, “Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4 . 5 Data Mining Merupakan Bagian Dari Tahapan Proses Knowledge Discovery In Database ( Kdd ) . Jurnal Edik Informatika,” J. Edik Inform., Vol. 2, No. 2, Pp. 213–219, 2019.

Muhammad Syafrullah, Ari Hidayatullah, Ena Mudiawati, “Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi Minat Nasabah Terhadap Produk Asuransi Meninggal Dunia Dengan Metode Naïve Bayes (Studi Kasus : Pt. Bni Life Insurance),” J. Teknol. Inf., Vol. 16, No. 2, P. 103, 2021.

Shiddiq Ahmad Fadhillah, “Analisis Perilaku Pembelian Konsumen Menggunakan Metode Association Rule - Market Basket Analysis Dan Clustering Analysis (Studi Kasus: Jore Coffee & Eatery),” Univ. Islam Indones., No. 8.5.2017, Pp. 2003–2005, 2022.

M. Yudho Ardianto And S. Adinugroho, “Penentuan Tata Letak Produk Menggunakan Algoritma Fp-Growth Pada Toko Atk,” J. Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., Vol. 5, No. 9, Pp. 3826–3832, 2021.

A. A. Fajrin, A. Maulana, T. Informatika, U. P. Batam, And J. R. Soeprapto, “Penerapan_Data_Mining_Untuk_Analisis_Pol,” Kumpul. J. Ilmu Komput., Vol. 05, No. 01, Pp. 27–36, 2018.

D. A. Silitonga And A. P. Windarto, “Implementasi Market Basket Analysis Menggunakan Assocation Rule Menerapkan Algoritma Fp-Growth,” J. Inf. Syst. Res., Vol. 3, No. 2, Pp. 101–109, 2022.

R. Ramadhan And E. I. Setiawan, “Market Basket Analysis Untuk Swalayan Ksu Sumber Makmur Dengan Algoritma Fp Growth,” J. Intell. Syst. Comput., Vol. 2, No. 1, Pp. 34–39, 2021.

M. Fauzy, K. R. Saleh W, And I. Asror, “Penerapan Metode Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori Pada Simulasi Prediksi Hujan Wilayah Kota Bandung,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., Vol. 2, No. 3, P. 227, 2016.

Unduhan

Diterbitkan

11-10-2023

Cara Mengutip

Amanah Akhiriyah, R., & Syafrullah, M. (2023). IMPLEMENTASI ALGORITME FREQUENT-PATTERN GROWTH UNTUK MARKET BASKET ANALYSIS BERBASIS WEB PADA COFFEE & BURGER. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 605–613. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/814

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>