Penerapan Wemos D1 R2, Water Level Sensor, Sensor Ultra Sonic Guna Monitoring Ketinggian Air Banjir Berbasis Website

Penulis

  • Muhamad Ridwan Universitas Budi Luhur
  • Dewi Kusumaningsih Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

banjir, sensor water level, sensor ultrasonic

Abstrak

Banjir merupakan salah satu bencana alam yang kerap terjadi di berbagai daerah di indonesia.Peristiwa banjir pada sungai berdampak negatif bagi para penduduk sekitar,hal tersebut dikarenakan kurangnya informasi yang diterima oleh warga sekitar.Pada penelitian ini dirancang sistem monitoring ketinggian air banjir yang bekerja secara otomatis dengan cara mengetahui ketinggian permukaan air pada sungai. Sistem monitoring ini dilakukan dengan mengimplementasikan sensor water level dan ultrasonic berbasis mikrokontroler yang mengukur ketinggian permukaan air. Sistem ini juga menggunakan website sebagai interface dari sistem serta modul WiFi untuk mengirimkan data ke server. Website yang digunakan memberikan informasi ketinggian air di pintu air . Hasil pengujian monitoring sistem ini memiliki keakurasian pada sensor yang dilakukan oleh sensor mencapai 100% , rata – rata delay pengiriman notifikasi pada website 10 detik rata- rata waktu delay pembacaan pada sensor karena terjadi waktu tunggu untuk pengiriman dari data sensor water level dan sensor ultrasonic ke website

Referensi

K. N. Putra and R. W. Arifin, “Sistem Informasi Penjualan Bedcover Berbasis Website,” Jurnal Mahasiswa Bina Insani, vol. 3, no. 1, pp. 13-22, 2018.

A. Guntoro and G, Triyono, Penerapan E-Commerce Berbasis Content Management System (CMS) Dengan Metode Business Model Canvas (BMC) Pada Konveksi Gamis Tawakal, IDEALIS: Indonesia Journal Information System, vol. 2, no. 5, pp. 16-22, 2019.

Azwar, Hamria and E. Muksin, Perancangan Sistem E-Commerce Berbasis Website Untuk Transaksi Penjualan Toko Pakaian Bumdes Limbato Kabupaten Boalemo, Jurnal Sistem Informasi dan Teknik Komputer, vol. 6, no. 2, pp. 141-149, 2021.

N. B. Sukamdani amd W. Istuningsih, “Perancangan Strategi E-Commerce Berbasis Website untuk Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus) "Songketkito" Kain Khas Palembang,” vol. VII, no. 1, 2018.

F. N. Anisa and H. Irawan, “Penerapan E-Commerce Sebagai Solusi Mempertahankan Usaha di Era Pandem COVID-19 Studi Kasus Bellatex,” SENAMIKA: Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya, vol. 2, no. 2, pp. 611-623, 2021.

L. Sims, Building Your Online Store With WordPress and WooCommerce, 2018.

W. M. Al-Salam and D. Sudjanarti, “Desain Sistem Penjual Online Dengan Aplikasi Cms Prestashop Untuk Meningkat Pelayanan Pada Kenshop Batu,” Jurnal Aplikasi Bisnis, vol. 4, no 2, pp. 513-516, 2018.

P. Supono, “ Pemrograman WEB dengan menggunakan PHP,” 2016.

H. T. Sihotang, “Sistem Informasi Pengagendaan Surat Berbasis Web Pada Pengadilan Tinggi Medan,” Jurnal of Informatic Pelita Nisantara, vol. 3, no. 1, pp. 6-9, 2019.

D. Haryanto and D. Argadila, “Sistem Informasi Pengarsipan Data Konsumen Di PT. Dinasti Pertiwi “Perumahan Dewasari,” vol. 7, no. 1, pp. 11-18, 2019.

B. Unhelkar, Book Software Engineering with UML, New York, 2017.

S. Sudaryono, E.Rahwanto and R. Komala, E-Commerce Dorong Perekonomian Indonesia, Selama Pandemi Covid 19 Sebagai Entrepreneur Modern dan Pengaruhnya Terhadap Bisnis Offline," Jurnal Manajemen dan Bisnis Baja (Jumanis Baja), vol. 2, no. 02, pp. 110-124, 2020.

Badan Pusat Statistik Indonesia, Badan Pusat Statistik Indonesia, Indonesia, 2020.

D. Aqmarina, Penerapan Search Engine Optimization (SEO) Pada Website CV. Alam Sejahtera, Sukabumi, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Ridwan, M., & Kusumaningsih, D. (2022). Penerapan Wemos D1 R2, Water Level Sensor, Sensor Ultra Sonic Guna Monitoring Ketinggian Air Banjir Berbasis Website. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 793–800. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/83

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>