IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI MENGGUNAKAN AES-128 UNTUK MENGAMANKAN DATA PENJUALAN DAN PEMBELIAN PADA SHOWROOM BAROQAH MOBIL

Penulis

  • Boby Saputra Universitas Budi Luhur
  • Mohammad Syafrullah Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Showroom Baroqah Mobil, Kriptografi, Advanced Encryption Standard (AES-128), Plaintext, Chipertext, Enkripsi dan Dekripsi.

Abstrak

Showroom Mobil Baroqah adalah perusahaan dagang otomotif yang sudah lama berdiri. Untuk menyimpan penjualan, pembelian, dan data lainnya, Anda memerlukan aplikasi keamanan data. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data, yaitu dengan melakukan observasi dan survey langsung ke lokasi penelitian (observasi), dengan melakukan sesi tanya jawab langsung pada narasumber (wawancara) dan dengan cara mencatat dengan membaca buku pedoman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program terkait keamanan data penjualan diperlukan untuk showroom. Agar data di showroom tidak hilang atau bocor, maka perlu adanya aplikasi atau website untuk mengamankan data. Kriptografi adalah teknik keamanan informasi yang melibatkan pemrosesan informasi asli (teks yang jelas) menggunakan kunci dalam proses enkripsi. Ini dapat menghasilkan pesan baru yang disebut ciphertext, yang tidak dapat dibaca secara langsung. Untuk mengembalikan ciphertext ke informasi aslinya, diperlukan prosedur deskriptif dengan menggunakan kunci yang sama. Oleh karena itu, kriptografi memungkinkan keamanan informasi melalui proses enkripsi dan deskripsi. Dengan passcode tersebut, Anda dapat menjaga privasi file penting Showroom Mobil Baroqah Anda. Cipher yang digunakan akan menggunakan metode "Advanced Encryption Standard" (AES-128). Metode "Advanced Encryption Standard (AES-128)" adalah algoritma enkripsi simetris yang banyak digunakan untuk mengamankan data di berbagai aplikasi dan protokol. Hasilnya adalah selama enkripsi dan dekripsi file, file tidak rusak sebelum dan sesudah enkripsi dan dekripsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah black box messaging, yaitu metode troubleshooting dan pengujian fungsionalitas aplikasi berdasarkan input yang diterima dengan benar dan output yang dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan. Hasil pencarian dengan metode pesan kotak hitam dengan data yang dicentang, jika tes tidak cocok, memberikan hasil yang salah, dan jika cocok, memberikan hasil yang valid. Proses pendataan dilakukan berdasarkan data penjualan dan pembelian di Showroom Mobil Baroqah. 

Referensi

I. Dian Widyawan, “Pengamanan File Menggunakan Kriptografi Dengan Metode Aes-128 Berbasis Web Di Knkt”, Skanika Vol. 4, No. 1, Pp. 15–22, 2021.

2016, B. Cyber, Klinik Informatika. Available: Https://Klinikinformatikacyber.Blogspot.Com/2016/03/Pengertian-Dan-Sistem-Kerja-Aes-Iii.Html

2021, B. Pasogit, Studentterpelajar. Available: Https://Www.Studentterpelajar.Com/2021/03/Pengertian-Algoritma-Aes.Html.

2018, B.B. Fze, Ukdiss.Com. Available: Https://Ukdiss.Com/Examples/Cryptography-Methods-Data-Security.Php?Vref=1.

I. Gunawan, “Peningkatan Pengamanan Data File Menggunakan Algoritma Kriptografi Aes Dari Serangan Brute Force”, Techsi-Jurnal Teknik Informatika, 13(1), 14-25.

K. Adriani & H. B. Hayadi, “Pengamanan Data Penjualan Dengan Kriptografi Algoritma Rivest Shamir Adleman (Rsa) Pada Toko Baju Family”, Journal Of Science And Social Research, Vol.4 Pp. 664-670. 2022

H. Wulandari, J. Karman & Elmayanti, “Impelentasi Algoritma Aes-128 Pada Penjualan Alat-Alat Elektronik Berbasis Web (Studi Kasus Toko Sonia Elektronik)”, Jurnal Teknologi Informasi Muara, Vol.15, Pp.1-11, 2023.

2023, Admin, P3mpbc.Uma.Ac.Id. Available: Https://P3mpbc.Uma.Ac.Id/2023/01/07/Perbedaan-Simetris-Dan-Asimetris-Pada-Kriptografi/.

Hamid Wijaya, “Implementasi Kriptografi Aes-128 Untuk Mengamankan Url (Uniform Resource Locator) Dari Sql Injection”. Jurnal Akademika Vol.3, Pp. 1-8, 2020.

G. Grehasen & S. Mulyati, “Pengamanan Database Pada Aplikasi Test Masuk Karyawan Baru Berbasis Web Menggunakan Algoritma Kriptografi Aes-128 Dan Rc4”, Journal.Budiluhur.Ac.Id Vol.14, Pp. 1-9, 2017.

Munir, Rinaldi. “Pengantar Kriptografi”. Itb Bandung: Penerbit Informatika.

R. Rahmawati & D. Rahardjo, “Aplikasi Pengamanan Data Menggunakan Algoritme Steganografi Discrete Cosine Transform Dan Kriptografi Aes 128 Bit Pada Smk Pgri 16 Jakarta”, Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 67-73.

2021, G. Istia, Scribd. Available: Https//Www.Scribd.Com/Document/507369841/Imk#.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Saputra, B., & Syafrullah, M. (2023). IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI MENGGUNAKAN AES-128 UNTUK MENGAMANKAN DATA PENJUALAN DAN PEMBELIAN PADA SHOWROOM BAROQAH MOBIL. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 176–185. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/854

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>